Inisiatif Keberlanjutan Sarihusada

Setiap produk kami dibuat sesuai dengan standar keamanan dan kesehatan internasional. Sejak dari penerimaan susu sebagai bahan baku, pengolahan bahan mentah, pengemasan barang jadi, hingga distribusi kepada konsumen kami lakukan dengan memperhatikan aspek kesehatan dan keamanan.

Sarihusada menetapkan tiga landasan utama dalam membangun strategi pelaksanaan program CSR jangka panjang, yaitu bisnis inti perusahaan sebagai penyedia produk bergizi, mempertimbangkan rencana pembangunan pemerintah dan potensi kerja sama dengan beragam kelompok pemangku kepentingan.

Ketiga landasan itu mengarahkan program CSR pada tiga pilar utama yang meliputi gizi dan kesehatan, pendidikan, serta pemberdayaan ekonomi perempuan. Kemudian tiga pilar itu menghasilkan lima kelompok program, yaitu gizi dan kesehatan, pendidikan ibu dan anak, pemberdayaan ekonomi masyarakat, pelestarian lingkungan, dan kepedulian bencana dan kondisi khusus.

Jenis program CSR yang dilaksanakan Sarihusada bervariasi mulai dari kegiatan di sekitar pabrik hingga pelibatan dan pembangunan masyarakat umum. Fokus program diarahkan pada peningkatan status gizi  ibu dan anak yang selaras dengan misi utama perusahaan.Program tersebut dibangun berdasarkan pemahaman terhadap masalah sosial yang sedang terjadi di Indonesia. Pada akhirnya, setiap program dilaksanakan dengan melibatkan dan bekerja sama dengan LSM, pemerintah maupun masyarakat sendiri.

Sebagai bagian dari Danone, kami juga bekerja sama dengan Danone Ecosysteme Fund melaksanakan berbagai inisiatif sosial. Danone Ecosysteme Fund merupakan dana untuk memperkuat ekosistem Danone dan menciptakan nilai sosial dan ekonomi melalui kemitraan inklusif yang terdiri dari 5 lingkup program: sourcing, territory, micro-distribution, caring service, recycling.

Beberapa program yang dilaksanakan Sarihusada bekerja sama dengan Danone Ecosysteme Fund antara lain di bidang caring service: terdapat program Warung Anak Sehat (WAS), program yang menyediakan makanan bergizi, edukasi gizi serta pelatihan kewirausahaan untuk para Ibu dan program Srikandi Academy, sebuah program untuk meningkatkan kompetensi para pelajar lulusan Akademi Kebidanan untuk menjadi bidan yang siap terjun ke tengah masyarakat. Di bidang sourcing: terdapat program Merapi Project, program revitalisasi masyarakat terdampak bencana erupsi Merapi melalui penyediaan fasilitas modern peternakan dan pertanian yang terpadu serta fasilitas belajar bagi petani dan peternak.

Mengenal Danone Ecosyteme lebih lanjut

 

Program Kami

Selain terus menyediakan produk bernutrisi dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau, sejak awal berdiri hingga sekarang Sarihusada tak pernah lepas dari keterlibatan dalam menjalani komitmen program tanggung jawab sosial. Setiap program tanggung jawab sosial yang dilakukan selalu dirancang agar dapat berkelanjutan dan sesuai dengan misi sosial perusahaan.

Kegiatan CSR Sarihusada difokuskan kepada 5 aspek, yaitu di bidang kesehatan & gizi, pendidikan anak, pemberdayaan ekonomi, bantuan bencana dan lingkungan. 

Kesehatan & Gizi

Sarihusada berkomitmen untuk menjadi bagian dari solusi atas malnutrisi dan masalah kesehatan ibu dan anak di Indonesia.

Selengkapnya

Edukasi Ibu dan Anak

Melalui program edukasi nutrisi dan kesehatan bagi ibu dan anak, Sarihusada berusaha mewujudkan impian kami untuk mewujudkan hari esok yang lebih cerah bersama anak-anak Indonesia.

Selengkapnya

Pemberdayaan Ekonomi

Inisiatif keberlanjutan perlu ditopang oleh masyarakat yang mandiri. Kami membantu penguatan ekonomi para ibu melalui kewirausahaan dan pengembangan pemasok serta pengrajin lokal.

Selengkapnya

Bantuan Bencana

Bantuan Sarihusada pada masyarakat korban bencana diwujudkan melalui program-program yang berkontribusi dalam pemulihan ekonomi dan kesehatan.

Selengkapnya

Lingkungan

Sarihusada memiliki komitmen terhadap kelestarian lingkungan sesuai dengan Kode Etik Perilaku Perusahaan.

Selengkapnya