Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Tanya Sekarang

Member of the month (Juni 2016)

Nama Lengkap
:

Sahabat nutrisi,

Member of the Month bulan ini masih dari salah satu pemenang lomba penulisan blog “Alergi, Penghambat Tumbuh Kembang Anak”, yaitu mbak Liswanti Pertiwi.

Beliau adalah salah satu peserta NutriTalk mengenai “Gizi di Awal Kehidupan: Dasar-dasar dan Pedoman Praktis Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak dengan Alergi Protein Susu Sapi” yang diadakan beberapa waktu lalu. Artikelnya dapat dibaca diSegera Lakukan Pencegahan, Supaya Alergi Tidak Menghambat Tumbuh Kembang Anak

Mbak Liswanti ini seorang ibu dengan segudang kegiatan lho. Yuk kita berkenalan dengannya.


Assalamualaikummbak Liswanti, teman-teman Sahabat Nutrisi ingin berkenalan dengan Anda. Bisakah ceritakan tentang diri mbak Liswanti?

Walaikumsalam sahabat Nutrisi, perkenalkan nama Saya Liswanti Pertiwi, biasa di panggil Lis. Saya lahir di Garut pada tanggal 6 Nopember, dan asli Sunda.

Semenjak lahir hingga lulus kuliah saya tinggal di Garut. Dan setelah menikah pada Agustus 2008 silam saya merantau ke Ibukota Jakarta untuk bekerja, sekaligus mengikuti suami yang bertugas.

Saya memiliki 2 anak, yang pertama bernama Lydiasari Chantika dan kedua Dimas Nurjamil. Semenjak memiliki anak saya memutuskan resign dari pekerjaan, karena ingin fokus mengurus buah hati, sehingga terpantau tumbuh kembangnya, asupan makanannya, hingga lingkungan bermainnya. Apalagi semenjak kecil Chantika selalu bermasalah dengan pencernaan, sedangkan Dimas sering sekali demam.

Tentu saja sebagai Ibu, saya harus memperhatikan betul kesehatan mereka berdua. Maka sampai detik ini, saya memilih mengurus semuanya sendiri, dari memasak hingga membuat cemilan anak-anak, untuk menjaga kesehatan dan tumbuh kembangnya.

Apa kesibukan Anda saat ini? Bagaimana membagi waktunya?

Selain mengurus anak-anak, saat ini saya memilih menjadi freelancer, dengan membantu beberapa teman untuk mengurus usahanya, terutama dalam hal mengelola keuangan. Dan membantu para calon pegantin dalam mengatur dana pernikahannya. Kebetulan saat kuliah saya mengambil jurusan ekonomi manajemen. Jadi, kegiatan saya memang tidak lepas dari mengatur dan mengelola hehe.

Saat ini saya pun aktif menjadi blogger dan mengikuti berbagai event seru yang bisa menambah wawasan kepada saya dalam banyak hal, termasuk dunia anak. Saya sadar betul aktivitas ini lumayan banyak, apalagi kalau sedang mengurus pernikahan yang lumayan menguras waktu dan tenaga. Tapi, karena saya menjalaninya dengan senang, serta memiliki dukungan suami, saya dapat mengerjakan semuanya, dari ngurus anak, rumah, pekerjaan, dan ngeblog di 3 blog, termasuk www.liswantipertiwi.com.

Karena saya memiliki banyak kemudahan dalam bekerja, yakni bisa mengerjakan semuanya di rumah. Jadi membagi waktunya pun sangat mudah.

Dari pagi, saya sudah mengurus rumah, memasak, hingga mengurus anak-anak. Sambil menemani anak bermain, sesekali saya cek laporan sana sini. Dan saat mereka tidur siang, saya bisa mulai beraktivitas sepenuhnya dari menghitung keuangan dan menulis. Ini berlaku sampai jumat, karena sabtu minggu ada suami yang membantu saya menjaga anak-anak.

Kalaupun ada event blogger atau meeting di hari kerja, biasanya saya tanya dulu, boleh bawa anak atau tidak? Kalau boleh, saya akan langsung bawa mereka. Tapi kalau tidak boleh, biasanya saya menitipkan anak di rumah saudara untuk beberapa jam saja.

Ternyata membawa anak dalam kegiatan atau bekerja juga banyak manfaatnya. Mereka jadi semakin memahami, mampu mengontrol diri, dan mudah bersosialisasi dengan siapa pun, termasuk teman seumurannya. Dengan membawa mereka beraktivitas, anak-anak pun tidak merasa tersisih atau terabaikan dengan kegiatan Ibunya ini. Dan tetap bisa merasakan kasih sayang Ibunya.


Bagaimana perkenalan Anda dengan Nutrisi Untuk Bangsa?

Saya mengenal Nutrisi Untuk Bangsa sudah lama sekali. Karena kebetulan banyak teman blogger yang sering membicarakannya. Tentu membuat saya penasaran, dan saat buka websitenya, ternyata banyak sekali informasi penting dan bermanfaat, terutama dalam hal tumbuh kembang anak.

Saya tidak pernah menyangka, di bulan Maret kemarin mendapat undangan langsung dari Nutrisi Untuk Bangsa untuk hadir di acara Nutritalk. Tentu ini membuat saya senang, karena bisa mendapat ilmu baru dari para ahli tentang kesehatan anak-anak.


Bolehkah diceritakan dari mana Anda mendapat ide untuk artikelSegera Lakukan Pencegahan, Supaya Alergi Tidak Menghambat Tumbuh Kembang Anak?

Saya senang luar biasa neh, karena tulisan ini bisa menang, dan ini pertama kalinya saya menang dalam menulis blog hehe.

Waktu itukan tema Nutritalk tentang Dasar-dasar dan pedoman praktis optimalisasi tumbuh kembang anak dengan alergi protein susu sapi, dan saya rasa tema ini sangat pas buat saya, yang sedang mencari lebih banyak informasi tentang alergi.

Kebetulan neh saudara serta teman-teman saya memiliki masalah yang sama, yakni anak-anaknya punya alergi dengan protein susu sapi. Itu pun sempat menjadi kegundahan saya sendiri, yang memang punya alergi sejak kecil. Dan saat mengikuti acara Nutritalk ini, saya baru mengetahui bahwa alergi bisa menghambat tumbuh kembang anak, dan ini tidak boleh dianggap sepele.

Setelah mendapatkan banyak informasi dari doter ahli, bahwa alergi bisa dicegah, maka saya membuat artikel ini. Dengan harapan saudara dan teman saya bisa melakukan penanganan sejak dini. Dan tentunya, orang tua ataupun calon orang tua, serta calon pasangan pengantin yang ada di luar sana bisa membaca tulisan ini, sehingga kalau punya alergi bisa segera di cegah sedini mungkin, supaya tumbuh kembang anak tidak terhambat sedikit pun.


Artikel mbak Liswanti pasti sangat bermanfaat bagi pembaca. Apalagi ada sentuhan pengalaman pribadi juga. Oiya, bagaimana kesan-kesan Anda setelah mengikuti acara Nutritalk mengenai Alergi beberapa waktu lalu?

Saya sangat senang dan beruntung sekali bisa mengikuti acara Nutritalk yang informatif dan bermanfaat.

Apalagi sebagai seorang Ibu dari 2 orang anak yang sangat peduli dengan kesehatan dan tumbuh kembangnya. Acara ini telah memberikan banyak pengetahuan dan wawasan baru kepada saya, yang selama ini tidak pernah saya dapatkan. Bukan itu saja, saya sangat senang, karena mendapat ilmu itu langsung dari narasumber yang sudah ahli dan terpercaya. Terutama dalam hal alergi yang selama ini selalu membuat saya cemas.

Dengan mendapat banyak ilmu tentang alergi dan tumbuh kembang anak di acara Nutritalk ini. Saya dapat terus memberikan yang terbaik untuk anak-anak, dari mulai menjaga kesehatannya, hingga memberikan nutrisi yang tepat untuk tumbuh kembangnya. Karena mereka adalah generasi penerus bangsa.


Bagaimana pendapat Anda tentang Nutrisi Untuk Bangsa?

Sudah sangat bagus sekali. Websitenya banyak artikel yang saya butuhkan, terutama dalam hal tips anak, kesehatan dan resep sehat. Apalagi di media sosial, adminnya sangat aktif untuk memberikan banyak informasi penting tentang nutrisi yang tepat dan dibutuhkan tubuh. Sehingga informasi ini bisa mengingatkan kita untuk terus menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi.


Terima kasih mbak.. Oiya, apakah anda akan menyumbangkan tulisan di website NuB?

Tentu saja, sudah lama sekali saya ingin menyumbangkan tulisan di websitenya NUB.


Kami tunggu ya mbak… Adakah pesan/masukan yang ingin disampaikan untuk Nutrisi Untuk Bangsa?

Nutrisi Untuk Bangsa harus terus maju, melanjutkan berbagai kegiatan yang menarik dalam berbagi ilmu dan pengetahuan. Supaya masyarakat semakin banyak tahu dan memahami tentang pentingnya nutrisi.

Semoga saja acara yang mengedukasi ini bisa dilanjutkan ke berbagai pelosok daerah. Dimana di luar sana masih banyak yang belum melek digital, sehingga mereka kurang mendapat informasi. Bukan itu saja, di luar sana pun masih banyak yang belum memahami tentang pentingnya nutrisi yang tepat, sehat dan seimbang. Sehingga perlu sekali diberikan informasi tentang kesehatan, supaya masyarakat Indonesia bisa semakin cerdas dalam menjaga kesehatan dirinya sendiri serta keluarganya.


Satu pertanyaan lagi ya.. Apakah anda memiliki account twitter dan FB? Boleh di-share?

Twitter: @penaliswanti
Instagram: @penaliswanti
Facebook: Liswanti Pertiwi


Terima kasih banyak mbak Liswanti, semoga kita bisa bertemu lagi di kesempatan yang akan datang ya..

Periode lainnya

Liswanti Pertiwi

Periode Juni 2016

diah siregar

Periode Mei 2016

Fania Surya

Periode April 2016

arifah wulansari

Periode Maret 2016

siti hairul dayah

Periode Februari 2016