Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Tanya Sekarang

Member of the month (April 2016)

Nama Lengkap
:

Sahabat nutrisi,

Masih dari ajang lomba penulisan blog Karnaval Ayo Melek Gizi 2016.

Mbak Fania Surya ini adalah salah seorang pemenangnya. Perempuan yang juga pekerja kantoran ini, sangat ingin mengikuti kegiatan-kegiatan yang diadakan Nutrisi Untuk Bangsa - Sarihusada, akan tetapi terkendala waktu. Sehingga ketika mengetahui ada kegiatan Karnaval Ayo Melek Gizi 2016 di Taman Menteng, beliau tidak menyia-nyiakan kesempatan ini.

Dan hasil keikutsertaannya dalam Karnaval Ayo Melek Gizi 2016 dapat dinikmati di artikelnya yang berjudul Pengenalan Gizi Seimbang Kepada Keluarga di Karnaval Ayo Melek Gizi 2016

. Artikel ini berhasil mendapatkan tempat kedua dalam lomba ini

Yuk, kita berkenalan lebih jauh dengan Mbak Fania.


Selamat siang mbak Fania. Sahabat Nutrisi Untuk Bangsa ingin berkenalan dengan Anda, boleh kan?

Halo sahabat Nutrisi Untuk Bangsa, perkenalkan nama saya Fania Surya. Lahir di Pamekasan, 28 Januari 1984. Saya asli orang Madura tapi sekarang tinggal di Jakarta bersama suami dan masih belum ada momongan. Doakan ya semoga disegerakan mendapatkan momongan.

Saya lulusan Teknik Arsitektur Universitas Brawijaya Malang dan Institut Sepuluh November Surabaya (ITS Surabaya). Sekarang bekerja sebagai karyawan di perusahaan swasta.


Aamiin, semoga Mbak Fania segera mendapatkan momongan ya… :). Oiya, saat ini apa kesibukan Mbak Fania?

Kesibukan saya sendiri selain sebagai ibu rumah tangga juga pekerja kantoran. Tapi dibalik pekerjaan rutin itu saya suka sekali dengan dunia seni (art) dan dunia tulis menulis. Kalau bicara hobby sih, semuanya berhubungan dengan seni dan tulis-menulis, misalnya drawing, sketching, crafting, sewing, dan writing.

Kalau drawing dan sketching biasanya saya suka menerima pesanan desain rumah dari teman, saudara atau kolega. Sesekali juga menerima pesanan sketsa wajah. Kalau crafting, memang dari kecil saya suka sekali, misal membuat bros pita, bunga, origami, dan lainnya. Alhamdulilah sekarang menerima orderan hias hantaran nikah dan mahar serta bros pita. Untuk sewing hanya sesekali saja sih misalnya bikin celana pendek atau permak baju yang kebesaran. Itupun untuk diri sendiri.

Nah, untuk writing, hobby ini juga menjadi kesibukan saya disela-sela aktivitas rumah dan kantoran. Saya menulis di blog sejak tahun 2008 sampai sekarang. Kadang-kadang kalau lagi waktu senggang saya usahakan menulis meskipun melalui HP. Menulis seperti menjadi sesuatu yang tak bisa saya tinggalkan. Kalau sudah menulis rasanya saya lupa segalanya. Bahkan bisa berjam-jam di depan komputer. Hehehe


Wah, hebat! Di sela-sela kesibukan kantor, Anda tetap dapat menyalurkan kesukaan dan keahlian dalam hal seni dan kerajinan tangan, juga menulis. Dan tetap mengikuti Nutrisi Untuk Bangsa. Bisa ceritakan bagaimana perkenalan mbak Fania dengan NUB?

Saya kenal Nutrisi Untuk Bangsa dari teman-teman sesama blogger. Sudah lama sekali ingin datang ke acara-acara Nutrisi Untuk bangsa, tapi baru Februari 2016 kemarin bisa kesampaian datang ke acaranya yang di Taman Menteng. Acaranya seru sekali dan saya suka. Apalagi waktu fun walk sambil hujan-hujanan. Benar-benar pengalaman tak terlupakan.


Nanti, kalau ada kegiatan Nutrisi Untuk Bangsa - Sarihusada yang diadakan saat akhir pekan, ikut lagi ya mbak.. Pasti banyak manfaat yang dapat digali. Oiya, dari mana Anda mendapatkan ide penulisan artikel yang dilombakan itu?

Saya mendapatkan ide tulisan artikel saya yang berjudul Pengenalan Gizi Seimbang Kepada Keluarga di Karnaval Ayo Melek Gizi 2016 dari apa yang saya alami dan lakukan sekarang. Karena saya sekarang sangat peduli dengan kesehatan dan hidup sehat, sebab kalau sehat melakukan segala aktivitas itu rasanya enak, cepat dan tangkas. Kalau sudah sakit apa yang bisa kita lakukan? Palingan ke dokter dan istirahat tanpa melakukan aktivitas apapun bukan? Justru pengenalan gizi seimbang itu bermula dari keluarga. Dari lingkup terkecil dan berawal dari diri sendiri. Jika hal tersebut bisa diterapkan insyaallah menuju masyarakat Indonesia Sehat akan mudah terlaksana.

Hidup sehat yang saya lakukan yaitu dengan menghindari makanan junk food, dan makanan kemasan yang berpengawet dan berMSG. Tapi lebih diperbanyak makan sayuran dan buah-buahan yang harus tersedia setiap hari di rumah. Mengapa harus memperbanyak sayuran dan buah-buahan karena keduanya mengandung nutrisi mineral dan vitamin penting bagi tubuh yaitu sebanyak 70%.


Kendati Mbak Fania belum memiliki momongan, tetapi pastinya Mbak Fania sudah memiliki kiat untuk membiasakan sayur dan buah pada anak-anak, boleh ceritakan di sini? Siapa tahu jadi tambahan ide untuk Sahabat Nutrisi.

Membiasakan anak-anak makan buah dan sayur sebaiknya diawali dengan kebiasaan dari diri saya sendiri. Anak itu kan jiwa peniru yang unggul, pasti apa yang kita lakukan lama-lama mereka ikuti juga. Usahakan makan sayur dan buah di depan anak-anak dan sediakan setiap hari di meja makan. Selain itu buatlah olahan sayur dan buah yang bermacam-macam. Bisa saja dibuat jus sayur dan juga jus buah. Bawakan juga mereka bekal dari rumah dengan tetap ada sayur dan buah. Perkenalkan anak-anak dengan nama-nama buah dan manfaatnya terutama piramida gizi seimbang yang diperlukan tubuh. Jangan pernah menyerah untuk mengajak mereka makan sayur dan buah. Kuncinya hanya konsisten.


Wah, boleh dicoba tuh… Ngomong-ngomong, apa manfaat Nutrisi Untuk Bangsa bagi mbak Fania?

Sejak tahu Nutrisi Untuk Bangsa, saya mendapat banyak manfaat dari artikel-artikel yang ada di webnya. Artikel tersebut bermanfaat dan bisa menambah ilmu bagi para orang tua dan anak dalam menerapkan hidup sehat di dalam keluarga.


Salah satu hobi Anda kan menulis blog, apakah mbak Fania akan menulis artikel untuk website NUB?

Jika ada kesempatan dan waktu, insyaallah saya akan menyumbangkan tulisan di website NUB. Mudah-mudahan tulisan saya bisa bermanfaat buat pembaca website NUB.


Kami tunggu ya mbak.. Oiya, apakah ada kritik dan saran untuk Nutrisi Untuk Bangsa?

Pesan saya bagi Nutrisi Untuk Bangsa, agar event-event yang diadakan lebih banyak lagi di berbagai kota terutama juga di daerah pelosok dan pedalaman . Lebih menarik lagi kalau doorpricenya banyak. Datangkan juga pakar-pakar kesehatan dan orang-orang yang berkecimpung di dunia kesehatan supaya ilmunya lebih meresap bagi kita.


Terakhir nih, mbak. Bolehkah kami mengetahui account social media mbak Fania?

Untuk tahu lebih banyak tentang saya, bisa kunjungi account saya disini:
Twitter:@fania_surya
Facebook:https://m.facebook.com/fania.surya
Instagram: @faniya_surya
Blog: www.funnie.blogdetik.com danwww.faniasurya.blogspot.com


Terima kasih banyak ya mbak, senang sekali bisa berkenalan dengan Anda. Semoga segera mendapat momongan, dan kita dapat bertemu lagi dalam kegiatan Nutrisi Untuk Bangsa yang akan datang.

Periode lainnya