Perkembangan motorik bayi 1 - 6 bulan

Oleh Nutrisi Untuk Bangsa 13 Apr 2018

Sahabat nutrisi,

Setelah si kecil hadir ke dunia, kita akan menyaksikan perkembangan yang sangat pesat. Dari yang cuma bisa menangis dan menolehkan kepala ke kiri dan ke kanan sampai akhirnya bisa berjalan di usia kurang lebih 12 bulan.

Perkembangan kemampuan dasar bayi dari 0 sampai 6 bulan sangat sederhana dan berasal dari hal-hal yang paling dekat dengan dirinya. Bagaimana bayi berkomunikasi dan berinteraksi dengan ayah dan ibu, lingkungan yang paling dekat dengannya,

Usia 0 - 1,5 bulan, mulai mampu mengontrol gerakan otot-otot tubuh, kendati masih membutuhkan bantuan mereka sudah mampu belajar mengangkat dan menopang kepala. Bisa menggerakkan tangan dan kaki untuk menunjukkan ketertarikan dengan sesuatu di dekatnya. Dengan tiba-tiba dia bisa menegangkan tubuh untuk belajar mengendalikan diri. Ayah dan ibu dapat menengkurapkannya untuk membantunya berlatih menguatkan otot leher dan mengangkat kepala, serta saling berpandangan dengan si kecil sesering mungkin untuk membuatnya mengenal ekspresi wajah.

Di usia 1,5 sampai 3 bulan, dia sudah bisa mengangkat kepala dengan posisi telungkup. Juga sudah mulai mengontrol dan mengendalikan gerakan otot tangan dan kaki, sehingga ibu dapat melihatnya mampu meraih dan menggenggam benda-benda yang diberikan padanya.

Memasuki usia 3 sampai 6 bulan, perkembangan motorik kasarnya termasuk bisa mengangkat dan menahan kepala untuk beberapa saat, bila ditelungkupkan dia bisa menggunakan kedua tangannya untuk bergerak maju, sudah bisa menggulingkan tubuhnya ke kanan dan ke kiri, sudah bisa berusaha duduk ketika disediakan bantal pengganjal di sekelilingnya. Ayah dan ibu dapat membantunya duduk dan menyandarkan tubuhnya ke bantal.

Sementara perkembangan motorik halusnya di antaranya adalah mulai bisa menggunakan kedua tangan untuk meraih dan menggenggam benda-benda, senang memainkan kedua tangan dan kakinya, gemar memasukkan semua benda yang dipegangnya ke dalam mulutnya.

Sumber:Ayahbunda