Kiat memperkenalkan si kecil pada keluarga besar

Oleh Nutrisi Untuk Bangsa 06 Jun 2018

Sahabat nutrisi,

Mudik bukan sekedar menyenangkan, saling melepas rindu, bermaafan dan bertukar cerita, namun juga menjadi kegiatan untuk memperkenalkan si kecil kepada sanak keluarga.

Akan tetapi ayah dan ibu harus ingat untuk mempersiapkan mental si kecil, karena tidak semua anak siap bertemu dengan orang asing, sekalipun mereka keluarga sendiri.

Berikut beberapa kiat mempersiapkan mental si kecil untuk bertemu dengan anggota keluarga lainnya:

  • Ceritakan segala sesuatunya tentang keluarga dan handai taulan di tempat tujuan. Jelaskan hubungannya sebisa mungkin. Berikan kesan positif terhadap setiap orang yang dijelaskan tersebut.

  • Tunjukkan foto-fotonya jika ada

  • Praktek silaturahmi, sebelum mudik orang tua dapat mengajak si kecil berlatih bagaimanabersikap ketika bertemu dengan nenek kakek, paman bibi, para sepupu serta anggota keluarga lain

  • Upayakan menjaga mood anak selama dalam perjalanan, misalnya dengan mengajaknya bernyanyi, bercerita atau bermain tebak-tebakan. Selain menghindari kebosanan, suasana hati anak juga akan riang sehingga ketika tiba di tempat tujuan mereka tampak ceria dan mudah diminta berkenalan dengan anggota keluarga yang telah menunggu.

  • Sambil bersalaman, ingatkan anak dengan siapa mereka melakukannya. Jika di dalam keluarga ada kebiasaan mencium tangan mereka yang lebih tua, ingatkan si kecil untuk melakukannya

  • Istirahatlah jika dibutuhkan, bahkan tidak perlu harus sampai tempat tujuan malam itu juga. Biarkan tubuh beristirahat, agar tetap bugar dan suasana hati terjaga.

  • Jangan paksa anak untuk bersalaman atau menyapa, jika dia tidak mau atau malu-malu. Hal tersebut biasa terjadi terutama pada anak-anak pendiam dan pemalu. Biarkan mereka mengamati terlebih dahulu.

Sumber:Kumparan