Agar si kecil mau bercerita tentang kegiatannya di sekolah

Oleh Nutrisi Untuk Bangsa 18 Jul 2017

Sahabat nutrisi,

Setelah seharian menunggu si kecil, akhirnya tiba waktunya mereka pulang. Tidak sabar mendengar mereka menceritakan pengalaman hari ini, akan tetapi ternyata si kecil malas-malasan menjawab. Kadang-kadang langsung asyik bermain dengan mainannya.

Tidak usah berkecil hati. Sama seperti orang dewasa, anak-anak juga mengalami bad mood. Atau mereka lelah setelah belajar di sekolah. Bisa juga mereka merasa bosan dengan pertanyaan tentang kegiatannya hari ini.

Berikut beberapa kiat agar si kecil mau bercerita tentang kegiatan dan pengalamannya:

Ubah pertanyaan dari menanyakan kabarnya, menjadi menceritakan pengalaman ayah ataupun ibu, misalnya “Apakah kamu ingin mendengar cerita ibu hari ini?”. Dengan begitu anak tidak akan merasa bercerita menjadi sebuah kewajiban lagi.

Temukan waktu yang tepat. Jika anak terlihat lelah saat pulang sekolah, biarkan dia beristirahat sejenak. Menyiapkan cemilan kesukaannya dan menemaninya menikmati cemilan bisa jadi awal yang baik untuk mendengarkannya bercerita

Ubah pertanyaan tentang kegiatan hari ini menjadi “Bagaimana perasaanmu hari ini? Apakah kamu bahagia?”

Dengarkan saat mereka bercerita, sebaiknya tidak langsung memotong ceritanya ketika mereka menceritakan hal-hal yang dianggap tidak pantas.

Tanggapi seperlunya dengan memperlihatkan bahwa Anda menyimak ceritanya