Agar si kecil tidur nyenyak

Oleh Nutrisi Untuk Bangsa 19 Jul 2017

Sahabat nutrisi,

Sekalipun sudah bukan balita lagi, namun waktu tidur anak usia sekolah tetap harus tercukupi, setidaknya 9 jam sehari.

Karena tidur yang cukup dapat meningkatkan konsentrasi ketika menerima pelajaran.

Selain menyebabkan masalah dalam konsentrasi, kurang tidur dapat mengakibatkan daya tahan tubuh turun, kulit menjadi kusam, rambut rontok, hingga ketidakseimbangan hormon.

Berikut beberapa kiat agar si kecil dapat tidur nyenyak di malam hari:

  • Batasi penggunaan gawai atau permainan lain. Larang anak membawa gawai ke kamarnya, dengan begitu anak tidak akan memainkan gawainya sebelum tidur yang akan menyebabkan mereka akan menunda waktu tidur.
  • Tetapkan jadwal tidur dan patuhi. Jika sudah tiba waktunya tidur, antar mereka ke kamar tidur, Anda dapat menemaninya sebentar untuk berbagi cerita maupun mendongeng.
  • Ciptakan kamar tidur yang nyaman dan sejuk
  • Pastikan kasur, bantal dan seprei yang digunakan nyaman digunakan.
  • Hindari menonton film atau mendengarkan cerita yang memacu ketegangan.
  • Lakukan olahraga secara teratur.