Kreatif menyusun menu sarapan

Oleh Nutrisi Untuk Bangsa 17 Feb 2017

Sahabat nutrisi,

Sarapan merupakan hal yang harus dilakukan setiap hari sebelum melakukan berbagai aktifitas. Kenapa harus? Karena sarapan memberikan kita energi untuk beraktifitas sejak pagi hingga sekitar pukul 12 siang, setelah selama kurang lebih 10 - 12 jam perut kita kosong. Sarapan membuat kita memiliki stamina untuk melakukan kegiatan harian kita.

Akan tetapi, sarapan ternyata sering diabaikan. dan langsung melakukan berbagai rutinitas. Hal ini dapat disebabkan karena terburu-buru atau karena bosan dengan menu sarapan yang tidak bervariasi.

Bagaiaman agar anggota keluarga dapat dan mau sarapan sebelum memulai kegiatannya?

Agar menu sarapan tidak lagi membosankan, kita harus menyusun menu sarapan bersamaan dengan penyusunan menu mingguan. Jangan lupa, ada berbagai bahan makanan yang dapat digunakan untuk sarapan, sehingga menu sarapan dapat bervariasi. Pastikan bahan-bahan yang dipilih mengandung nutrisi seimbang.

Nasi atau roti merupakan menu sarapan yang paling sering terhidang. Akan tetapi ternyata ada banyak makanan pengganti nasi atau roti saat sarapan, di antaranya adalah

  • Telur. Sajikan omelet berisi sayur, atau aneka sajian dengan bahan dasar telur.
  • Aneka pasta. Misalnya lasagna atau spagheti yang dapat dicampur dengan bumbu kesukaan. Siapkan bahan-bahan, seperti merebus pasta, pada malam hari, sehingga tidak terburu-buru di pagi hari.
  • Aneka kreasi nasi, selain nasi goreng, sebenarnya terdapat banyak variasi olahan nasi. Seperti sushi, lontong isi ataupunkerak telor.
  • Sayuran, tumisan sayur sangat lezat untuk sarapan, lho.
  • Oat atau cereal
  • Roti tawar pun dapat diolah menjadi menu sarapan yang lezat, misalnya puding roti

Nah, jangan pusing memikirkan menu sarapan lagi ya.