News & Activity

Sari Husada Raih GKPM Award

Latest Update: 28 Sep 2012

Jakarta, 28 September 2012 - PT Sari Husada berhasil menyabet penghargaan CSR Best Practice for MDGs untuk program rumah Srikandi Badran Yogyakarta dan program Warung Anak Sehat dari Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Kemenko Kesra) dan CFCD dalam ajang Gelar Karya Pemberdayaan Masyarakat (GKPM) Award, Jumat (28/9/2012) malam.

Dalam ajang yang digelar setiap tahun ini, Sekretaris Menko Kesra Indroyono Soesilo menyerahkan GKPM Award Gold untuk Program Warung Anak Sehat yang diterima oleh Head of Corporate Affairs Sari Husada Arif Mujahidin. Sementara itu, penghargaan GKPM Award Platinum untuk Program Rumah Srikandi Badran diterima oleh Corporate Affairs and Legal Director Sari Husada  Yeni Fatmawati yang diserahkan oleh Bambang Murwono Hadi, Deputi Bidang Perumahan Swadaya, Kemenpera.

"Rumah Srikandi Badran merupakan salah satu Rumah Srikandi binaan Sarihusada. Selain di Badran, kami juga memiliki beberapa Rumah Srikandi di empat kota lainnya," kata Yeni di Jakarta.

Arif menambahkan,  program Rumah Srikandi merupakan program sosial, bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan dan gizi ibu dan anak melalui program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Plus dan pemberdayaan perempuan, yang telah dilaksanakan selama beberapa tahun dan menjadi salah satu program pemberdayaan masyarakat yang ditujukan untuk kepentingan ibu dan anak.

"Program Rumah Srikandi Badran di Yogyakarta dianggap berhasil dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan ibu melalui program pendidikan serta kegiatan rutin penyuluhan kesehatan sesuai dengan tujuan MDGs poin keempat," kata Arif.

Sementara itu, Program Warung Anak Sehat (WAS) yang mendapt ganjaran award kategori gold merupakan program edukasi gizi melalui pendampingan, pemberdayaan dan praktek nyata di lapangan.

Program ini bertujuan untuk mendorong pengetahuan ibu tentang gizi seimbang, selain itu juga mengajarkan bagaimana menyusun menu sehat dan bergizi.

"Kami juga memberikan akses terhadap produk sehat melalui kemandirian ekonomi dengan mendirikan warung (tempat berjualan) yang dirancang untuk menjual makanan atau minuman yang sehat bagi anak," kata Arif

Selain itu, penghargaan juga di berikan kepada bidan Listiyani Ritawati salah satu pemenang Srikandi Award Sari Husada tahun 2009 yang mendapatkan award untuk kategori perorangan sebagai mitra perusahaan, dengan program Sumur Bor di Gunung Kidul Jawa Tengah.

Penghargaan ini di berikan karena keberhasilannya dalam mendampingi masyarakat yang mampu meningkatan derajat kesehatan ibu dan anak di Desa Sambirejo, Ngawen, Kabupaten Gunung Kidul.

Program pembuatan sumur bor pada awalnya ditujukan untuk mengatasi kelangkaan air yang dapat membahayakan kesehatan ibu hamil dan melahirkan.

"Setelah program berjalan, akses terhadap air bersih menjadi lebih baik sehingga berhasil meningkatkan kesehatan masyarakat khususnya ibu hamil dan melahirkan," tandas Arif.

 

 

Back to Archive