Sarapan Itu Penting, Bunda

Oleh Nutrisi Bangsa 23 Apr 2012

Tahukah bunda pentingnya sarapan, terutama bagi anak-anak?

Membiasakan sarapan adalah hal yang sangat perlu dilakukan, Bunda. Apalagi jika sarapan itu dilakukan bersama-sama anggota keluarga yang lain, sehingga terjalin komunikasi yang berkualitas.

Melakukan sarapan memberi kesempatan pada anak untuk memperoleh nutrisi penting. Nutrisi tersebut kemudian menjadi bahan bakar mereka dalam melakukan aktifitas fisik dan mental, atau berpikir.

Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of the American Dietetic Association itu juga menunjukkan keistimewaan lain dari sarapan, yaitu dapat meningkatkan kemampuan memori, hasil tes, serta tingkat kehadiran sekolah. Jadi sarapan sangat terkait dengan prestasi anak.

Menurut ahli gizi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dr Sri Sukmaniah, MSc, SPGK (K), sarapan sehat untuk anak sebaiknya mengikuti pola makan seimbang yakni komposisi karbohidrat 60-68 persen, protein 12-15 persen, lemak 20-25 persen, dan serat 10-15 gram. Selain itu, porsi sarapan juga minimal mencapai 20 hingga 25 persen dari total jatah kalori selama satu hari.

Untuk pembagian porsi kalori, sarapan mencakup 20-25 persen dari kebutuhan total diet selama sehari. Makan siang dan malam masing-masing sebanyak 30 persen, dan camilan dapat dilakukan dua kali, sekitar pukul 9-10 pagi dan 4-5 sore, dengan porsi masing-masing sebanyak 10 persen, demikian dr Sri Sukmaniah menambahkan.

Padi-padian atau sereal adalah menu ideal untuk sarapan anak, mengingat kelengkapan kandungan gizi dan kepraktisannya.

Porsi sarapan untuk anak sebaiknya tidak terlalu banyak, karena porsi sarapan yang besar dapat mengganggu sistim pencernaan, yang dapat mengganggu aktifitasnya.

Berikut tips menyiapkan sarapan anak:

  • Siapkan menu sarapan sehat dan gizi berimbang
  • Pilih menu sarapan yang praktis dan  bervariasi dari berbagai jenis bahan makanan.
  •  Sarapan tidak harus nasi. Sereal, roti, kentang, dan mie bisa menjadi alternatif.
  • Susu atau hasil olahannya seperti yogurt sangat dianjurkan.
  • Bisa dilengkapi dengan buah segar atau yang diblender.
  • Beri air minum yang cukup.
  • Berikan pula kesempatan buat anak merencanakan dan mempersiapkan sarapannya.
 

Sumber: Kompas