Lingkungan

Saat ini, masyarakat sangat peduli dengan makanan dan minuman yang mereka konsumsi, bagaimana suatu produk dibuat, sumber bahan makanan yang digunakan dan bagaimana cara konsumsinya. Hal ini digabungkan dengan kesadaran masyarakat akan isu lingkungan yang semakin berkembang sehingga penting bagi kami untuk selalu menjaga sumber daya alam dan melindungi bumi yang kita tempati ini. Sebagai salah satu perusahaan penyedia produk nutrisi terbesar di Indonesia, kami sangat menyadari pentingnya mengelola sumber daya alam dan melestarikan lingkungan dengan bertanggung jawab. 

Sesuai dengan prinsip bisnis Danone SN Indonesia, kami senantiasa bertanggung jawab dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan dengan alam dan lingkungan yang telah kita pertahankan sejak lama. Upaya kami dalam mewujudkan bisnis yang berkelanjutan selaras dengan Sustainable Development Goals (SDGs) yang ingin kami capai. Sehingga semua kegiatan yang kami lakukan bertujuan untuk mencapai SDGs ini.

Keseriusan kami dalam mewujudkan keberlanjutan tercermin pada salah satu gerakan kami yaitu; Preserve and Renew The Planet’s Resources. Untuk memberikan dampak positif bagi dunia, kami bercita-cita untuk menjadi penggagas inisiatif. Pada semua produk yang ada, kami berkomitmen untuk mengimplementasikan produksi hijau serta konsep circular economy pada kemasan kami. Kami juga berperan aktif mencegah perubahan iklim. Sebagai bagian dari Danone Group, kami turut berpartisipasi dalam program global yaitu penerapan strategi karbon-positif dan target netralitas karbon pada tahun 2050.

 

Pengendalian Konsumsi & Penggunaan Air

Air adalah sumber daya yang penting bagi kehidupan manusia serta merupakan faktor penting dalam memastikan ketahanan pangan dan sanitasi. Sebagai bentuk penghargaan terhadap pentingnya sumber air, kami selalu menggunakan air secara efisien dan efektif serta mengambil inisiatif untuk menjaga dan memulihkan kelestarian sumber air. Sumber air utama kami adalah sumur dalam yang diambil melalui teknik pemompaan.

Disisi lain,  beberapa upaya seperti penggunaan kembali air limbah dan optimalisasi proses pembersihan telah mengantar kami pada peningkatan jumlah air limbah yang berhasil kami daur ulang setiap tahun.  Melalui pengolahan air limbah bermetode aerob dan anaerob, kami memastikan kualitas air limbah sesuai dengan ketentuan sebelum dialirkan ke badan sungai.

 

Pengendalian Limbah Padat & Beracun

Pengendalian dampak negatif terhadap lingkungan yang ditimbulkan kegiatan operasional menjadi salah satu prioritas kami. Pengendalian limbah padat tidak beracun (Non-B3) dan limbah beracun (B3) di lingkungan Sarihusada selalu kami tangani dengan harapan jumlah limbah yang berhasil kami daur ulang meningkat setiap tahunnya. Standar yang kami gunakan dalam pengelolaan dan pengendalian limbah adalah ISO 14001: 2015.

Kami melakukan beberapa inisiatif dalam pengelolaan limbah seperti bekerja sama dengan pihak ketiga yang berlisensi untuk mengangkut limbah dan memanfaatkan produk reject sebagai pakan ternak. Saat ini, 100% produk reject telah berhasil digunakan.

 

Kontrol Emisi dan Konsumsi Energi

Untuk mengantisipasi risiko peningkatan perubahan iklim, kami memutuskan untuk mengurangi emisi dari seluruh kegiatan perusahaan. Upaya pengurangan emisi tidak dapat dipisahkan dari konsumsi energi. Kami mengurangi konsumsi energi dari penggunaan bahan bakar, pemanas, uap, dan listrik.

Langkah yang kami ambil untuk mengelola dan mengurangi konsumsi energi antara lain melakukan audit energi, optimasi blow down pada boiler, mengatasi kebocoran udara yang terkompresi dan mengganti mesin Steam Trap yang telah bocor, mengeliminasi evaporator, melakukan instalasi oil injection, melakukan optimasi distribusi sistem tata udara (AHU), penggunaan lampu LED di lingkungan pabrik dan sebagainya.

 

Edukasi Gizi & Kesehatan

Sarihusada berkomitmen untuk menjadi bagian dari solusi atas malnutrisi dan masalah kesehatan ibu dan anak di Indonesia.

Selengkapnya

Pemberdayaan Ekonomi

Inisiatif keberlanjutan perlu ditopang oleh masyarakat yang mandiri. Kami membantu penguatan ekonomi para ibu melalui kewirausahaan dan pengembangan pemasok serta pengrajin lokal.

Selengkapnya