Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Tanya Sekarang

Member of the month (Maret 2016)

Nama Lengkap
:














Sahabat nutrisi,

Salah satu pemenang lomba penulisan blog Karnaval Ayo Melek Gizi 2016 adalah seorang yang ternyata dekat dengan dunia gizi dan kesehatan, Mbak Arifah Wulansari. Dalam artikelnya yang berjudul Belajar Lebih Mencintai Buah dan Sayur di Karnaval Ayo Melek Gizi 2016 ini, mbak Arifah menceritakan bagaimana putranya yang bernama Tayo menjadi suka makan sayur di acara Karnaval Ayo Melek Gizi. Memang banyak sekali anak-anak yang tidak suka makan sayur dan buah, padahal keduanya sangat dibutuhkan oleh tubuh kan? Yuk, kita simak bagaimana kiat Mbak Arifah mengajak si kecil menyukai sayur dan buah.

Selamat siang mbak Arifah, wah selamat ya atas kelahiran anak kedua. Nutrisi Untuk Bangsa ingin berkenalan lebih jauh dengan mbak Arifah, yang hadir pada acara Karnaval Ayo Melek Gizi 2016 di Jogyakarta dalam keadaan hamil tua :). Boleh ya mbak..


Hai NUB, tentu saja boleh.

Halo Sahabat nutrisi, nama saya Arifah Wulansari. Saya lahir di Yogyakarta tanggal 24 Juni 1983. Saat ini domisili di Jogja dan sudah berkeluarga.Saya ibu dari 2 orang anak. Anak pertama saya Tayo (laki-laki) umur 6 tahun dan yang kedua Tifa (perempuan) umur 1,5 bulan.

Saat ini saya bekerja sebagai PNS di Puskesmas, dan menjabat sebagai kepala bagian tata usaha. Sebelumnya saya pernah bertugas di Dinas Kesehatan Bantul sebagai staf di seksi promosi kesehatan.

Saya lulusan dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro Semarang. Kebetulan saya sedang menjalani cuti bersalin untuk kelahiran anak yang kedua. Jadi sementara ini kesibukan saya di rumah adalah menyusui dan mengurus bayi .

Sesekali saat waktu luang saya juga menulis artikel untuk blog pribadi saya. Karena saya memang hobi menulis di blog. Untuk membagi waktu antara mengurus bayi dan ngeblog, ya… ngeblognya saat bayi sedang tidur..hehe..tapi kalau pas nanti saya sudah aktif bekerja lagi memang waktunya jadi terbatas sekali untuk ngeblog.

Mungkin hanya saat hari libur saja, jika tidak ada acara keluarga baru saya bisa menulis lagi. Itupun kalau tidak repot mengurus anak ya, kalau sedang repot biasanya menulisnya saya cicil. Untuk membuat tulisan bisa butuh waktu 1 minggu karena setiap hari mungkin hanya dapat 1 paragraf..hehehe


Wah, selamat atas kelahiran putrinya ya Mbak.. Semoga Mbak Arifah dan dik Tifa dalam keadaan sehat ya. Bagaimana sih, perkenalan Anda dengan Nutrisi Untuk Bangsa?

Saya mulai kenal denga Nutrisi Untuk Bangsa sudah cukup lama. Waktu itu saya sedang berkunjung ke Taman Pintar Jogja bersama anak pertama saya. Dan saya juga sempat ikut mendengarkan penyuluhan yang disampaikan oleh tim dari NUB.

Kebetulan di Taman Pintar memang ada booth Sarihusada. Saya datang ke penyuluhan tersebut karena diundang, sebelumnya pernah ada surveyor yang bekerja untuk Sarihusada yang datang ke rumah saya dan mewawancara saya untuk pengisian kuesioner tentang pengetahuan gizi keluarga. Kalau tidak salah itu sekitar tahun 2012.


Sudah cukup lama juga ya, sejak Nutrisi Untuk Bangsa baru terbentuk. Oiya, dari mana mbak Arifah mendapatkan ide untuk artikel yang berjudul Belajar Mencintai Buah dan Sayur di Karnaval Ayo Melek Gizi 2016? Apakah sekarang ada perubahan dari Mas Tayo, misalnya menjadi lebih suka buah dan sayur?

Ide menulis artikel tersebut, dari pengalaman pribadi saya sendiri. karena memang anak pertama saya itu susah sekali makan sayur dan buah. Makanya waktu ada even karnaval melek gizi kemarin saya jadi bersemangat untuk mengajak anak saya ikut hadir sekalian untuk edukasi.

Sebenarnya dari sejak anak saya kenal MP ASI saya sudah mulai mengenalkan buah dan sayur. Tapi dulu teksturnya lembut sekali, dan anak saya juga suka. Tapi entah kenapa setelah saya kenalkan dengan tekstur yang lebih kasar anak saya malah jadi tidak suka. Sekarang setelah ia besar, alhamdulilah sedikit-sedikit sudah mau lagi makan sayur dan buah. Untuk buah memang lebih banyak saya berikan dalam bentuk jus. Kalau sayuran, anak saya paling suka jika disajikan dalam bentuk salad yang dicampur mayones. Memang harus diakali supaya anak tertarik, dan juga terus di motivasi setiap hari dengan penuh kesabaran.

Kiat lainnya dengan melibatkan Tayo saat belanja sayur dan buah termasuk saat memasak. Selain itu saya juga suka titip ke guru sekolahnya di TK spy juga ikut memotivasi. Karena kadang anak-anak itu lebih nurut sama gurunya ya daripada sm ibunya.

Sesudah acara karnaval melek gizi memang ada peningkatan. Sekarang Tayo sudah suka makan pepaya dan buah pear tanpa harus di jus. Lalu sayuran juga sdh mau meski masih belum begitu banyak. Tayo teringat terus dengan gambar segitiga gizi seimbang yang dia lihat saat karnaval.jadi sekarang dia bisa lebih termotivasi lagi untuk mau makan sayur dan buah.


Semoga Mas Tayo semakin suka buah dan sayur ya mbak. Oiya, apa pendapat Mbak Arifah tentang kanal-kanal Nutrisi Untuk Bangsa?

Pendapat saya tentang NUB baik fb,twitter dan website yaitu informasi yang disampaikan via medsos tersebut sangat positif dan bermanfaat. Terutama untuk ibu-ibu yang punya anak bayi dan balita. Banyak tips bermanfaat yang bisa menambah wawasan dan juga diterapkan di rumah.


Terima kasih ya mbak. Apakah Anda akan mengirimkan tulisan untuk memperkaya website NUB? Dan adakah kritik maupun saran untuk Nutrisi Untuk Bangsa?

Jika ada waktu luang dan sedang ada ide cemerlang, saya tertarik juga untuk menyumbang tulisan di NUB :)

Pesan/Masukan untuk NUB : Kalau bisa sering mengadakan even kopdar untuk para member di setiap kota dengan meghadirkan pembicara seperti dokter atau psikolog untuk semakin menambah wawasan dan para member juga bisa lebih saling mengenal


Apakah boleh account sosial media Mbak Arifah di-share di sini?

Tentu boleh, berikut account-account saya: twitter : https://twitter.com/mommynya_tayo, fb : https://www.facebook.com/arifah.wulansari.1, instagram :https://www.instagram.com/mommynya_tayo/ dan blog : www.arifahwulansari.com


Sekali lagi terima kasih ya mbak :)

Nah, sahabat nutrisi dapat langsung mengunjungi account yang sudah disebutkan tersebut untuk saling berkenalan dan bertukar pengalaman ya.

Periode lainnya