Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

MENGUAK GIZI MASYARAKAT PESISIR

Oleh najib abdillah 22 May 2013

 
THE LAST NUTRITIONS
By : Moh. Najib Abdillah ft Kacong cs
 
kacong cs
Kacong adalah seorang mahasiswa di salah satu universitas swasta dikota jember jawa timur,dia punya hobby aneh yakni menyendiri dan memikirkan hal-hal besar untuk dunia, dia beranggapan bahwa punya banyak teman yang dia kenal maka akan muncul berbagai masalah didalam hidupnya,maka dari itu dia lebih senang menyendiri tanpa pacar dan sedikit teman, namun untuk orang yang jauh dan tidak mungkin akan menjadi teman akrabnya kacong sangat ramah dan sangat akrab karena dia yakin hal tersebut bisa menambah pengetahuanya
 

Hari ini sedang liburan semester kacong memilih mengisi hari liburanya dengan bermain dipantai yang tidak begitu jauh dengan tempatnya kuliah,setelah bersiap-siap dimulailah liburan kacong yang sendiri dan menyenangkan tersebut,pantai papuma kecamatan ambulu kabupaten jember jawa timur menjadi tempat tujuan liburan kacong

 
http://www.pantai.org/wp-content/uploads/2012/06/Peta-Wisata-Pantai-Papuma-31.jpg
pantai tanjung papuma yang eksotis
Siang itu panas sekali, kacong yang penyendiri jalan-jalan disekitar pesisir pantai tanjung papuma, disana dia bertemu dengan 2 anak kecil yang diketahui bernama udin dan idin mereka sedang berenang dilaut mencari-cari sesuatu diperairan laut dangkal,  karena kacong juga lumayan bisa berenang diapun penasaran dan mengikuti kedua anak tersebut berenang diperairan dangkal, ternyata udin dan idin sedang mencari kerang untuk disantap sebagai menu kecil-kecilan kalau dalam bahasa jawa bisaanya disebut “cemilan”, udin dan idinpun menyambut ramah kedatangan kacong dan mereka langsung akrab dan berusaha mencari kerang bersama-sama.
 
2 jam mereka berenang-renang mencari kerang dibayar dengan kepuasan yakni 1 timba sumur kerang mereka dapatkan, kemudian mereka kepesisir dan menyiapkan api untuk membakar kerang hasil tangkapan mereka,acara memasak kerangpun dimulai, aroma sedap kerang dan semilir angin pantai papuma menambah kenikmatan acara tersebut, setelah kerang matang diawali dengan doa akan makan dan diringi dengan mp3 desiran ombak merekapun mulai menikmati kerang hasil tangkapan mereka
 
Sambil makan-makan kacong mengamati keadaan udin dan idin,dari hasil pengamatanya dia mengetahui bahwa udin dan idin sedikit bodoh, hal yang diketahui kacong ketika disekolah sma adalah gizi makanan mempengaruhi tumbuh kembang manusia, kacong berpikir apa ini ada hubunganya dengan gizi makanan masyarakat pesisir ? lalu kacong tertarik untuk mempelajari tentang gizi makanan yang ada dipesisir ?
 
Penulisan artikel blog dari sini diambil alih oleh KACONG cs
 
Salam blogger !
Sebelum kita mempelajarai tentang gizi masyarakat pesisir, alangkah baiknya jika kita mengulas beberapa materi  refrensi yang diambil dari berbagai sumber mengenal apa itu gizi ? dan sejarahnya ? juga komposisi gizi seimbang secara umum ?
 
PENGERTIAN GIZI
 
Obat Herbal Alami | Gizi adalah : substansi organik yang dibutuhkan organisme untuk fungsi normal dari sistem tubuh, pertumbuhan, pemeliharaan kesehatan. (sumber : id.wikipedia.org)
Jadi intinya gizi itu sangat penting untuk tumbuh kembang manusia, dan kekurangan gizi akan menyebabkan tidak kestabilan manusia dalam tumbuh kembangnya, atau bahkan bisa menyebabkan penyakit kronis yang berakibat kematian, dampak dari gizi buruk yang diterima seseorang bisaanya tidak bisa dirasakan dalam waktu dekat, namun dalam jangka panjang penyakit akibat gizi buruk dapat mempengaruhi seseorang seumur hidup hingga meninggal.
 
SEJARAH GIZI
 
Penelitian di bidang nutrisi mempelajari hubungan antara makanan dan minuman terhadap kesehatan dan penyakit, khususnya dalam menentukan diet yang optimal. Pada masa lalu, penelitian mengenai nutrisi hanya terbatas pada pencegahan penyakit kurang gizi dan menentukan standard kebutuhan dasar nutrisi pada makhluk hidup. Angka kebutuhan nutrisi (zat gizi) dasar ini dikenal di dunia internasional dengan istilah Recommended Daily Allowance (RDA)
Seiring dengan perkembangan ilmiah di bidang medis dan biologi molekular, bukti-bukti medis menunjukkan bahwa RDA belum mencukupi untuk menjaga fungsi optimal tubuh dan mencegah atau membantu penanganan penyakit kronis. Bukti-bukti medis menunjukkan bahwa akar dari banyak penyakit kronis adalah stres oksidatif yang disebabkan oleh berlebihnya radikal bebas di dalam tubuh. Penggunaan nutrisi dalam level yang optimal, dikenal dengan Optimal Daily Allowance (ODA), terbukti dapat mencegah dan menangani stres oksidatif sehingga membantu pencegahan penyakit kronis. Level optimal ini dapat dicapai bila jumlah dan komposisi nutrisi yang digunakan tepat. Dalam penanganan penyakit, penggunaan nutrisi sebagai pengobatan komplementer dapat membantu efektifitas dari pengobatan dan pada saat yang bersamaan mengatasi efek samping dari pengobatan. Karena itu, nutrisi / gizi sangat erat kaitannya dengan kesehatan yang optimal dan peningkatan kualitas hidup. Hasil ukur bisa dilakukan dengan metode antropometri.
 
GANGGUAN GIZI
 
gangguan gizi adalah sebuah penyakit yang diakibatkan oleh kurangnya zat-zat vitamin tertentu sehingga mengakibatkan tubuh kita mengalami gangguan gizi,Penyakit gangguan gizi yang pertama kali ditemukan adalah scorbut (sariawan) pada tahun1497,pelaut asal portugis (portugal) yang sangat terkenal “Vasco de Gamma” kehilangan separuh anak buahnya dalam pelayaranya ke indonesia karena penyakit ini,Baru pada permulaan abad XX para ahli kedokteran dapat memastikan bahwa penyakit ini diakibatkan karena kekurangan vitamin C
 

ILMU GIZI

 
Ilmu Gizi (Nutrience Science) adalah ilmu yang mempelajari segala sesuatu tentang makanan dalam hubungannya dengan kesehatan optimal/ tubuh. Sayangnya makanan sekarang bisa dibilang hampir sedikit sekali gizi yang dikandungnya. Contohnya: banyak sekali penggunaan bahan kimia seperti pestisida pada sayur – sayuran biarpun proses penanamannya organik tapi tidak luput dari yang namanya pestisida, sedangkan untuk buah – buahan sekarang serba import, buah yang diimport membutuhkan kurang lebih 1 bulan dalam proses distribusinya itu menyebabkan kandungan gizi dalam buah – buahan juga berkurang.
 
4 SEHAT 5 SEMPURNA
 
Slogan 4 Sehat 5 Sempurna dicetuskan oleh Prof.Poerwo Soedarmo yang dikenal sebagai bapak gizi Indonesia pada tahun 1950. Slogan ini mengacu ke slogan “Basic Four” dari Amerika. “Basic Four” ini diciptakan tahun 1940-an bertujuan mencegah pola makan orang Amerika yang cenderung banyak lemak, tinggi gula, dan kurang serat.
http://www.edusarana.com/images/4%20SEHAT%205%20SEMPURNA.JPG
4 sehat 5 sempurna (basic four)
Komposisi 4 sehat 5 sempurna adalah sebagai berikut:
Makanan Pokok
Makanan pokok yaitu makanan yang menjadi sumber energi dalam tubuh. Dalam hal ini yang termasuk makanan sumber energi adalah makanan yang kaya akan karbohidrat seperti nasi, jagung, gandum, kentang, oat, serta umbi-umbian.
 
Lauk Pauk
Lauk pauk adalah makanan utama pendamping makanan pokok. Lauk pauk berfungsi sebagai sumber zat pembangun untuk tubuh. Makanan lauk pauk banyak yang mengandung protein misalnya seperti telur, daging, ikan, tahu dan tempe.
 
Sayur-Sayuran
Sayuran yang baik untuk kesehatan tubuh adalah sayuran yang berwarna hijau karena sayuran ini mengandung banyak vitamin, serat, dan protein nabati yang sangat berguna bagi kesehatan, seperti bayam, tomat, terong, dan lainnya.
 
Buah-Buahan
Buah-buahan kaya akan vitamin yang berperan untuk kesegaran dan kesehatan tubuh. Selain itu buah-buahan juga mengandung mineral dan serat yang baik untuk kesehatan pencernaan.
 
Susu
Dalam rumusan makanan 4 sehat 5 sempurna ini, susu merupakan makanan pelengkap, dalam artian susu tidak wajib ada, namun akan lebih baik jika dapat melengkapi dengan susu.
 
GIZI SEIMBANG
 
Pada konferensi pangan sedunia yang diadakan oleh FAO tahun 1992 di Roma dan Genewa,antara lain ditetapkan agar semua negara berkembang yang semula menggunakan slogan sejenis “Basic Four” memperbaiki menjadi “Nutrition Guide for Balance Diet”. Keputusan FAO tersebut diterapkan di Indonesia dalam kebijakan Repelita V tahun 1995 sebagai Pedoman Gizi Seimbang dan menjadi bagian dari program perbaikan gizi. Namun, Pedoman Gizi Seimbang kurang disosialisasikan sehingga terjadi pemahaman yang salah dan masyarakat cenderung tetap menggunakan 4 sehat 5 sempurna. Baru pada tahun 2009 secara resmi Pedoman Gizi Seimbang diterima masyarakat, sesuai dengan Undang-Undang Kesehatan No 36 tahun 2009 yang menyebutkan secara eksplisit “Gizi Seimbang” dalam program perbaikan gizi.
 

Gizi seimbang adalah susunan makanan sehari–hari yang mengandung zat-zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, dengan memerhatikan prinsip keanekaragaman atau variasi makanan, aktivitas fisik, kebersihan, dan berat badan ideal

Di Amerika Serikat dan beberapa negara lain, prinsip Gizi Seimbang divisualisasi berupa “piramida” Gizi Seimbang. Tidak semua negara menggunakan piramida, tetapi disesuaikan dengan budaya dan pola makan setempat. Misalnya, di Thailand dalam bentuk piramida terbalik sebagai “bendera”, dan di China sebagai “pagoda” dengan tumpukan rantang. Para pakar gizi yang bergabung dalam Yayasan Institut Danone Indonesia (DII) bersama para penulis dari Tabloid nakita (Kompas-Gramedia), mengadaptasi piramida sesuai dengan budaya Indonesia, dalam bentuk tumpeng dengan nampannya yang untuk selanjutnya akan disebut sebagai “Tumpeng Gizi Seimbang” . Tumpeng Gizi Seimbang dirancang untuk membantu setiap orang memilih makanan dengan jenis dan jumlah yang tepat, sesuai dengan berbagai kebutuhan menurut usia (bayi, balita, remaja, dewasa dan usia lanjut), dan sesuai keadaan kesehatan (hamil, menyusui, aktivitas fisik, sakit).

Tumpeng Gizi Seimbang meragakan 4 prinsip Gizi Seimbang:
 

1. Aneka ragam makanan sesuai kebutuhan 
2. Kebersihan 
3. Aktivitas fisik 
5. Memantau berat badan ideal.

Tumpeng Gizi Seimbang terdiri atas beberapa potongan tumpeng:

1. Satu potongan besar 
2. Dua potongan sedang 
3. Dua potongan kecil 
4. Satu potongan terkecil di puncak.

TUMPENG GIZI SEIMBANG
http://www.danonenutrindo.org/media/file/gizi_seimbang/tentang_gizi_seimbang.jpg
takaran tumpeng gizi seimbang
Luas potongan Tumpeng Gizi Seimbang menunjukkan porsi makanan yang harus dikonsumsi setiap orang per hari. Tumpeng Gizi Seimbang yang terdiri atas potongan-potongan itu dialasi oleh air putih. Artinya, air putih merupakan bagian terbesar dan zat gizi esensial bagi kehidupan untuk hidup sehat dan aktif.
Dalam sehari, kebutuhan air putih untuk tubuh minimal 2 liter (8 gelas). Setelah itu, di atasnya terdapat potongan besar yang merupakan golongan makanan pokok (sumber karbohidrat). Golongan ini dianjurkan dikonsumsi 3—8 porsi. Kemudian di atasnya lagi terdapat golongan sayur dan buah sebagai sumber vitamin dan mineral. Keduanya dalam potongan yang berbeda luasnya untuk menekankan pentingnya peran dan porsi setiap golongan. Ukuran potongan sayur dalam Pedoman Gizi Seimbang sengaja dibuat lebih besar dari buah yang terletak di sebelahnya. Dengan begitu, jumlah sayur yang harus dimakan setiap hari sedikit lebih besar (3-5 porsi) daripada buah (2—3 porsi). Selanjutnya, di lapisan ketiga dari bawah ada golongan protein, seperti daging, telur, ikan, susu dan produk susu (yogurt, mentega, keju, dan lain-lain) di potongan kanan, sedangkan di potongan kiri ada kacang-kacangan serta hasil olahan seperti tahu, tempe, dan oncom.
Terakhir dan menempati puncak Tumpeng Gizi Seimbang makanan dalam potongan yang sangat kecil adalah minyak, gula, dan garam, yang dianjurkan dikonsumsi seperlunya. Pada bagian bawah tumpeng terdapat prinsip Gizi Seimbang lain, yaitu pola hidup aktif dengan berolahraga, menjaga kebersihan dan pantau berat badan. Karena prinsip gizi seimbang didasarkan pada kebutuhan zat gizi yang berbeda menurut kelompok umur, status kesehatan, dan jenis aktivitas, maka satu macam Tumpeng Gizi Seimbang tidak cukup. Diperlukan beberapa macam Tumpeng Gizi Seimbang untuk ibu hamil dan menyusui, bayi dan balita, remaja, dewasa, dan usia lanjut.
 
PERBEDAAN 4 SEHAT 5 SEMPURNA DENGAN TUMPENG GIZI SEIMBANG
 
Beberapa hal yang membedakan konsep 4 sehat 5 sempurna dengan konsep Gizi Seimbang yakni:
Pertama
Susunan makanan yang terdiri atas 4 kelompok ini, belum tentu sehat, bergantung apakah porsi dan jenis zat gizinya sesuai dengan kebutuhan. Contoh, jika pola makan kita sebagian besar porsinya terdiri atas sumber karbohidrat (nasi), sedikit sumber protein, sedikit sayur dan buah sebagai sumber vitamin, maka pola makan tersebut tidak dapat dianggap sehat. Sebaliknya, jika pola makan kita terlalu banyak sumber lemak dan protein seperti hidangan yang banyak daging dan minyak atau lemak, tetapi sedikit sayur dan buah, maka pola makan itu tak dapat dianggap sehat. 
 
Selain jenis makanan, pola makan berdasarkan Pedoman Gizi Seimbang menekankan pula proporsi yang berbeda untuk setiap kelompok yang disesuaikan atau diseimbangkan dengan kebutuhan tubuh. Pedoman Gizi Seimbang pun memperhatikan aspek kebersihan makanan, aktivitas fisik, dan kaitannya dengan pola hidup sehat lain.
Kedua
Susu bukan “makanan sempurna” seperti anggapan umum selama ini. Dengan anggapan itu banyak orang, termasuk kalangan pemerintah, menganggap susu merupakan “jawaban” atas masalah gizi. Sebenarnya, susu adalah sumber protein hewani yang juga terdapat pada telur, ikan dan daging. 
 
Oleh karena itu di dalam Pedoman Gizi Seimbang, susu ditempatkan dalam satu kelompok dengan sumber protein hewani lain. Dari segi kualitas protein, telur dalam ilmu gizi dikenal lebih baik dari susu karena daya cerna protein telur lebih tinqggi daripada susu

  

Ketiga
Slogan 4 sehat 5 sempurna dianggap tak lagi sesuai dengan perkembangan iptek gizi, seperti halnya slogan “Basic Four” di Amerika yang merupakan acuan awal 4 sehat 5 sempurna pada masa itu, namun, setelah dievaluasi tahun 1970-an, ternyata slogan tersebut tidak memperbaiki pola makan penduduk Amerika, yang disertai dengan meningkatnya penyakit degeneratif terkait gizi. Sejak itu, slogan “Basic Four” diperbarui dan disempurnakan menjadi “Nutrition Guide for Balance Diet” dengan visual piramida. 
 
Di Indonesia “Nutrition Guide for Balance Diet” diterjemahkan menjadi Pedoman Gizi Seimbang yang juga menggunakan visual piramida. Berbeda dengan Nutrition Guide AS yang berlaku untuk usia di atas 2 tahun, di Indonesia Pedoman Gizi Seimbang berlaku sejak bayi dengan memasukkan ASI eksklusif sebagai Gizi Seimbang.

Tulisan diatas adalah hasil copy paste dan sedikit edit ulang dari (sumber : id.wikipedia.org)

Bagaimana, apakah pengetahuan anda tentang gizi kini sudah bertambah ?
Jika sudah mari kita masuk kemateri inti yakni tentang gizi masyarakat dipesisir, Sudah dibahas bahwasanya pemenuhan kebutuhan saat ini tidak lagi mengacu pada acuan 4 sehat 5 sempurna tapi kita mengacu pada pemenuhan tumpeng gizi seimbang,Dalam Tumpeng gizi seimbang yang kita pelajari diatas kesempurnaan gizi manusia harus dapat mencakup keseluruhan bagian tumpeng mulai dari dasar tumpang yaitu air mineral hingga kepuncak tumpeng Sekarang bagaimana dengan pemenuhan kebutuhan gizi masyarakat pesisir agar sesuai dengan tumpeng gizi seimbang ?
 
Sedikit catatan bahwasanya pemenuhan kebutuhan ini hanya untuk masyarakat pesisir kelas menengah kebawah, untuk masyarakat pesisir yang kaya kebanyakan pemenuhan kebutuhan gizinya lebih mudah karena mereka hanya tinggal beli saja.
 
Pertama : PEMENUHAN AIR MINERAL
 
http://www.diatek.com.tr/uploads/su%202.jpg
konsumsi air mineral minimal 2 liter per hari
Kita mengetahui bahwa jenis air dimasyarakat pesisir ada 3 yakni air laut, air tawar (untuk minum) dan gabungan keduanya yakni air payau,kualitas air tawar terbersih tingat atas diduduki oleh sumber mata air pegunungan, disusul dengan mata air bawah tanah (air sumur) dan terakhir air sungai dataran rendah yang bersih, kebanyakan masyarakat dipesisir mendapatkan sumber air dari sumur dan sungai,sebenarnya hal ini sangat kurang untuk memenuhi kebutuhan air bersih untuk minum mereka, namun dengan memasak air dalam suhu 100° C dapat membunuh bakteri didalam air, air masak siap minum ini bisa juga disebut air matang, hal ini dapat dirasa cukup untuk memenuhi kebutuhan air bersih dipesisir, dengan 2 liter air matang perhari kebutuhan masyarakat pesisir akan air saya rasa CUKUP TERPENUHI
 
Catatan : bagaimana dengan air isi ulang galon yang banyak dijual sekarang, disini kacong tidak ingin bilang bahwa air galon itu tidak bagus namun penelitian tentang air minum galon di acara TV Insert Investigasi masih banyak terkandung bakteri berbahaya didalamnya, jadi memasak air lebih baik dan lebih berhati-hati
 
Kedua : PEMENUHAN KARBOHIDRAT
http://www.rsuqueenlatifa.com/wp-content/uploads/2012/08/carbohydrate.jpg
karbohidrat dikonsumsi 3-8 porsi perhari
Dalam tumpeng gizi seimbang kita diwajibkan mengkonsumsi karbohidrat 3-8 porsi perhari,karbohidrat juga sering kita artikan sebagai bahan makanan pokok, bagaimana dengan kebutuhan karbohidrat masyarakat pesisir, jenis tanah di pesisir kebanyakan adalah PASIR, menanam makanan pokok seperti padi,jagung,ketela sangat sulit disana,sehingga sangat jarang sekali masyarakat pesisir yang bercocok tanam, maka dari itu masyarakat pesisir yang mayoritas adalah nelayan memenuhi kebutuhan bahan makanan pokok mereka dengan membeli dipasar
 
Kebutuhan karbohidrat tiap-tiap daerah di indonesia berbeda nasi adalah makanan pokok sebagian besar masyarakat di indonesia, selain itu ada juga nasi yang dicampur dengan jagung yang dikenal dengan istilah nasi jagung adalah makanan khas daerah madura dan sebagian jawa timur, kemudian ada juga sagu yang menjadi makanan pokok khas daerah maluku dan pesisir papua, semua makanan pokok tersebut dirasa sudah CUKUP MEMENUHI  untuk kebutuhan karbohidrat masyarakat pesisir
 
Ketiga : PEMENUHAN SAYURAN
http://1.bp.blogspot.com/_FWjCuLv4cE0/TUzuc7F7x3I/AAAAAAAABWc/grUT118GdjQ/s1600/Sayuran.jpg
konsumsi sayuran 3-5 porsi perhari
Obat Herbal Alami | Sayur-sayuran sulit tumbuh didaerah pesisir karena tanah disana mayoritas adalah pasir, namun pemenuhan kebutuhan sayuran didaerah pesisir bisaanya dipenuhi oleh kalangan “WLIJO” (pedagang sayuran keliling) dari dataran rendah, di sini para masyarakat menemukan banyak sekali sayur mayur yang pas untuk kebutuhan sehari-hari mereka, jadi pemenuhan kebutuhan sayur mayur untuk daerah pesisir saya rasa “CUKUP TERPENUHI” dengan takaran konsumsi 3-5 porsi perhari
 
Keempat : Pemenuhan buah-buahan
http://2.bp.blogspot.com/-aWoR4NwSoVM/UEgb7838aaI/AAAAAAAABrY/OX0NHZKVZn8/s1600/Mencegah+kanker+dengan+makanan+sayuran+dan+buah-buahan.jpg
buah-buahan di konsumsi 2-3 porsi perhari
Meski bertanah pasir ada beberapa buah yang bisa tetap tumbuh didaerah pesisir, seperti krai,blewah,melon dan semangka, rata-rata buah tersebut adalah buah yang mempunyai batang menjalar,kandungan gizi yang terdapat dalam buah-buahan tersebut dirasa sudah “CUKUP MEMENUHI” kebutuhan  buah-buahan dikalangan masyarakat pesisir, dengan mengkonsumsi 2-3 porsi perhari pemenuhan kebutuhan gizi sesuai dengan tumpeng gizi seimbang
 
Kelima : PEMENUHAN PROTEIN HEWANI
http://sin.stb.s-msn.com/i/35/C589ABF584BE7101CDE61024B5AD.jpg
protein hewan dikonsumsi 2-3 porsi perhari
Dalam tumpeng gizi seimbang pemenuhan protein hewani adalah 2-3 porsi perhari, Kita tahu bahwasanya pemenuhan protein hewani untuk masyarakat pesisir bukan lagi diketagorikan cukup namun lebih bisa dikategorikan “MEMENUHI MAKSIMAL”, karena banyak sekali bahan-bahan makanan laut (seafood) yang mengandung protein tinggi yang menjadi makanan sehari-hari bagi masyarakat pesisir, berikut ini adalah contoh beberapa bahan makanan laut yang banyak mengandung protein dan sangat bergizi :
 
IKAN
Selain mengandung protein hewani ikan juga dikenal mempunyai kandungan asam lemak omega 3 yang sangat baik untuk jantung dan pembuluh darah, dari hasil penelitian menemukan bahwa asam lemak juga dapat mengurangi resiko terjadinya kematian dari pasien yang memiliki masalah jantung. Bahkan penelitian terbaru menunjukkan  Omega-3 pada ikan dapat melindungi kesehatan mata dan mencegah kebutaan yang terkait  degenerasi makula (gangguan penuaan)
 
UDANG
Yang satu ini selain berprotein tinggi, Udang merupakan sumber makanan laut dengan kadar vitamin B12 yang sangat tinggi,pengetahuan penting bahwasanya vitamin B12 diperlukan untuk pembelahan sel dan mineral selenium yang memiliki sifat untuk melindungi dan mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh dan fungsi tiroid
 
KEPITING
Menurut ilmu boga bahari (seafood) kepiting sejenis dengan  udang, dimana Kepiting juga kaya akan kandungan protein dan asam lemak omega-3. Makanan ini juga kaya akan kandungan mineral penting seperti selenium, kromium, kalsium, tembagadan seng. Yang tidak kalah penting adalah Kepiting mempunyai nilai kalori yang rendah yakni  hanya 128 kalori dalam 100 gram sangat bagus untuk anda yang melakukan diet kalori rendah.
 
CUMI CUMI
Para ahli mengungkapkan bahwa cumi-cumi merupakan sumber makanan laut yang seperti bisaa kaya akan protein, omega-3,  tembaga, seng, vitamin B dan yodium. Kandungan tembaga pada cumi-cumi baik untuk penyerapan tubuh, penyimpanan dan metabolisme besi, selain itu tembaga pada cumi-cumi juga sangat penting untuk pembentukan sel darah merah.
 
TIRAM
Seperti bahan makanan laut yang lain tiram juga mengandung protein yang tinggi, seng, omega-3 dan rendah kolesterol. Para ahli gizi juga mengatakan bahwa tiram mengandung banyak asam amino tirosin, yang membantu meningkatkan suasana hati (mood) dan mengatur kadar stres. Tiram juga mengandung seng (zinc) lebih banyak daripada jenis makanan lain, yang berfungsi untuk mendukung kesehatan reproduksi dan seksual, terutama pada pria
 
Keenam : PEMENUHAN PROTEIN NABATI
http://cynthiavenikalioe.com/wp-content/uploads/2012/09/Kacang-Merah-dan-Tempe-Sumber-Protein-Nabati1.jpg
protein nabati dikonsumsi 2-3 porsi perhari
Protein nabati dikonsumsi 2-3 porsi perhari, Agak sulit bagi masyarakat pesisir untuk memperoleh bahan makanan berprotein nabati tinggi seperti kacang-kacangan,tahu dan tempe karena mayoritas penduduknya adalah nelayan, layaknya bahan makanan pokok seperti beras dan sagu para penduduk dipesisir memenuhi kebutuhan protein nabati mereka dengan membeli dipasar,meski sulit menemukan bahan makanan berprotein nabati tinggi, namun laut bukan tidak mempunyai bahan makanan tersebut, ada satu tumbuhan laut yang dikenal tinggi akan kandungan proteinya dan juga zat-zat lain yang sangat bergizi untuk manusia yaitui RUMPUT LAUT
Berdasarkan penelitian rumput laut mengandung gizi baik seperti yodium, asam folat, zat besi, vitamin K, dan kalsium. Saat ini, tanaman laut ini paling banyak digunakan untuk membuat makanan bervariasi. Yang sudah umum terbuat dari bahan dasar rumput laut ini adalah agar-agar, minuman rumput laut, dan nori (bahan untuk membuat sushi),dengan mengandalkan rumbut laut dan sedikit  membeli bahan makanan berprotein nabati dari pasar seperti tempe dan tahu, kebutuhan protein nabati masyarakat pesisir “CUKUP TERPENUHI
 
Ketujuh : PEMENUHAN MINYAK,GULA DAN GARAM
http://www.1finecookie.com/wp-content/uploads/2011/04/IMG_5056.jpg
minyak,gula dan garam di konsumsi secukupnya
Masyarakat pesisir mendapatkan minyak dan gula dengan membeli, namun untuk pemenuhan garam mineral masyarakat pesisir bisa dengan mudah mendapatkanya karena selain berprofesi sebagai nelayan sebagian lagi penduduk pesisir berprofesi sebagai petani garam
 
Demikian informasi dari kacong menegenai gizi masyarakat pesisir,ups… hampir saja karena kebanyakan ngetik kacong jadi lupa dengan alasan mengapa anak-anak dipesisir seperti udin dan idin terlihat agak bodoh ?, ternyata hal tersebut tidak ada hubunganya dengan sumber gizi makanan yang dikonsumsi setiap hari oleh masyarakat pesisir lantas apa ?
 
PEMENUHAN TUMPENG GIZI YANG TERAKHIR untuk masyarakat pesisir adalah PERAN DAN KASIH SAYANG ORANG TUA dalam menemani perkembangan anaknya, tak heran banyak orang tua yang tinggal dipesisir melaut pada malam hari dan pulang pada pagi hari setelah itu mereka langsung kepasar hingga siang hari, siang hari mereka beristirahat karena kerja semalaman,dan pada sore harinya mereka menyiapkan peralatan untuk melaut pada malam hari,tidak ada waktu khusus untuk menemani anak-anak mereka,malam hari yang seharusnya waktu tepat digunakan untuk berkumpul bersama keluarga harus mereka gunakan untuk melaut
http://madna29.files.wordpress.com/2011/05/happy-family.jpg
keluarga bahagia punya waktu kumpul bersama
Salah satu ujung tombak gizi terakhir untuk mengatasi masalah ini adalah IBU, peran ibu untuk mendampingi dan mendidik anak-anaknya ketika sang ayah pergi bekerja sangat di perlukan, lebih baik lagi apabila ada waktu diakhir pekan untuk acara berkumpul  bersama seluruh keluarga, inilah GIZI TERAKHIR  yang harus dipenuhi oleh masyarakat pesisir, salam dari saya “KACONG cs
 
MASAKAN PESISIR BERSTANDART TGS
By : Moh. Najib Abdillah
 
Setelah membaca artikel penelitian kacong tentang gizi masyarakat pesisir, saya jadi bingung untuk memberikan resep masyarakat pesisir yang sesuai dengan standart tumpeng gizi seimbang (TGS), setelah bersusah payah jalan-jalan kesana kemari akhirnya saya menemukan masakan pesisir yang sesuai dengan standart TGS, masakan tersebut adalah
 
SUP KEPALA IKAN Bu.SOER
Jalan Letjend Suprapto IV No. 51 A Kebonsari Jember
 
Dan ES TELER RAHAYU
Jalan Gajah Mada jember (Samping pertigaan masjid al huda jember)
 
Anda mungkin menganggap saya aneh karena ikan itukan banyak sekali bagian yang bisa dimakan namun kenapa saya lebih memilih kepala ? dan macam-macam es itu banyak sekali namun kenapa saya memilih es yang malah bisa bikin orang klenger ?
 
Ups… anda jangan terburu-buru menghakimi saya apalagi kedua masakan  yang sangat spesial ini, tahukah anda ? bahwa dari semua bagian tubuh ikan bagian kepalalah yang memberikan sumbangsih gizi terbaik, Kandungan asam lemak tak jenuh pada ikan lebih banyak tersebar pada bagian daging ikan yang berwarna kemerahan (bagian kepala). Bagian yang kemerahan ini akan berubah menjadi kehitaman saat dimasak, Sayangnya, karena ketidaktahuan, konsumen atau penjual justru sering membuang bagian ini dengan alasan estetika dan cita rasanya yang lekas tengik akibat kandungan lemaknya yang tinggi. Makin mendekati bagian kepala, kandungan asam lemak tak jenuhnya makin tinggi. Itulah yang membuat kepala ikan, seperti kepala ikan salmon atau kepala ikan kakap,Gurami dan Nila begitu disuka. Bagian yang lebih berlemak akan memberi rasa yang lebih gurih dan lezat,kemudian kenapa harus di sup ? sebenarnya banyak sekali resep masakan kepala ikan mulai dari gulai,soto dan santan namun resep sup adalah yang paling baik karena gizi yang terkandung tidak hilang akibat dimasak dan juga gizi sayuran yang terdapat dalam masakan sup membantu melengkapi gizi sayuran dalam resep ini
Berikut resepnya .......
 
RESEP SUP KEPALA IKAN
 
Bahan sup kepala ikan :
 
2 buah kepala ikan ( Ikan Nila atau Kakap )
1 buah jeruk nipis, peras airnya
1 batang serai, memarkan
1 cm jahe, geprek / memarkan
1 lembar daun salam
4 buah tomat hijau, potong-potong
4 buah belimbing wuluh, potong-potong (optional)
1 liter air
Daun bawang secukupnya, potong-potong
3-4 cabai rawit, iris serong
1 sdt garam, secukupnya
1 sdt gula pasir, secukupnya
Bawang merah goreng, secukupnya
seledri iris kecil-kecil taburkan bersama bawang goreng setelah sup siap
 
Bahan bumbu sup kepala ikan (dihaluskan) :
 
2-3 siung bawang putih
1 cm kunyit
1-2 butir kemiri
 
Bahan Sayuran Pelengkap Sup Kepala Ikan :
 
Selada air, potong-potong
Wortel, iris bulat-bulat
Buncis, potong-potong
Daun kemangi
Makin lengkap ditambah “Rumput Laut”
 
Cara Membuat Sup Kepala Ikan Kuah Segar : 
 
1. Cuci bersih ikan, lumuri ikan dengan air jeruk nipis dan garam, diamkan kira-kira 15 menit.
 
2. Didihkan 1 lt air, sambil menunggu air mendidih, tumis bumbu yang sudah dihaluskan, tambahkan serai atau sereh, jahe, dan daun salam. Terus tumis sampai bumbu harum, matikan api.
 
3. Masukkan bumbu ke dalam air yang sudah mendidih, aduk lalu masukkan ikan dan bahan lainnya (tomat, belimbing wuluh, cabai) lalu bumbui dengan garam dan gula sampai rasanya pas menurut selera anda 
 
4. Kalau ingin menggunakan sayuran pelengkap sobat onliners bisa memasukkannya setelah kepala ikan setengah matang. Kalau ingin menggunakan daun kemangi, masukkan daun kemangi setelah ikan matang.
 
5. Masak sampai kepala ikan lunak dan sayur matang. Angkat, dan sajikan selagi panas dengan nasi hangat dan Sambel Kecap
 
6. Gambaran Kenikmatanya : Ambil kuahnya dengan sendok lalu “ Srupu…ut Mm…..m Lazie…ez “pedas-pedas kerasa gmana….. gitu, kemudian Ambil Kepalanya dengan garpu, oleskan ke sambel kecap dan sedot semua bumbu dan kuah yang ada di kepala ikan “sruu…ut”, setelah itu masukkan lagi kekuahnya dan “sru…ut” lagi, makin asyik lagi dengan pemandangan pantai yang bikin uh ….. 

Gizi yang terdapat dalam masakan sup kepala ikan adalah :

klik pada gambar untuk memperbesar
Bagaimana dengan es teler es yang bisa bikin orang “KLENGER,tahukah anda awal mula kenapa es ini dinamakan es teler ? dari sejarahnya es teler adalah anak dari es campur yaitu es yang terdiri dari berbagai macam buah yang dicampur, tahukah anda apa bedanya es teler dan es campur ?
yuk kita sama-sama belajar !!!
 
SEJARAH ES TELER
 

Banyak yang kurang tahu sejarah es teler, menurut sumber yang saya baca di berbagai media kira-kira sejarahnya seperti ini, kira-kira 46 tahun yang lalu kira-kira tahun 1967 itu ada seorang bapak-bapak bernama TUKIMAN,pada mulanya pak tukiman ini berjualan rokok di pertigaan Jalan Semarang-Jalan Cilacap, Menteng, Jakarta Pusat, Pada suatu malam pak tukiman bermimpi bertemu seorang kakek dalam jelmaan seekor kelinci. Sang kakek kemudian memberikan wejangan (nasihat) yaitu jika Tukiman ingin hidup enak maka harus menjual yang segar-segar 

Dari mimpi tersebut, Tukiman langsung banting setir berjualan buah-buahan dan es campur.ia berjualan keliling dengan termos bersama sang istri nyai Samijem, Sewaktu menjajakan makanan inilah Tukiman menemukan seorang pembeli yang agak cerewet kalau tidak salah anak dari fakultas kedokteran UI (Universitas Indonesia). Permintaannya dianggap aneh, yaitu mencampur alpukat, nangka, kelapa muda, susu, sirop, dan es campur. “Sedap dan bisa bikin teler,” ujar pemuda tersebut seperti ditirukan Tukiman

Dari kisah tersebutlah lahir istilah es teler dan mulai dikenal oleh masyarakat Indonesia. Tak selang beberapa tahun kemudian PAK TUKIMAN sang bapak es teler Indonesia “MENINGGAL DUNIA”, Usaha Pak Tukiman terus dikembangkan oleh sang istri nyai samijem, hingga akhirnya ia memutuskan untuk memindahkan rumah makannya dari Jalan Cilacap ke Pegangsaan Barat dan akhirnya mangkal di Megaria pada 1983.

 

Pada tahun 1982 ada kompetisi es Indonesia di jakarta, dimana resep es teler karya ibu murniati widjaja tampil sebagai pemenang, lalu resep ini diturunkan ke menantunya mas sukyanto nugroho, mulailah mas sukyanto ini mengekspansi es teler secara besar-besaran, dengan mendirikan brand bernama es teler 77 hingga sekarang dia mampu membuka 100 outlet cabang, bahkan beberapa cabang ada yang diluar negri seperti malaisya,singapura dan Australia wow …, hingga sekarang es teler 77 terus merambah dunia,meski sudah menjadi brand internasional es teler 77 tetap menggunakan bahasa Indonesia dalam menamai brand dan motonya yakni es teler 77 “juara Indonesia”

http://ppiavictoria.files.wordpress.com/2008/11/es-teler.jpg?w=450&h=300
es teler 77 tetap menggunakan bahasa indonesia dalam menamai brand dan motonya meskipun sudah go internasional  
 
 
PERBEDAAN ES TELER DAN ES CAMPUR
es campur dan es teler yang hampir mirip
Hingga sekarang orang-orang masih bingung apa bedanya es teler dan es campur ini,menurut saya ada 3 perbedaan mendasar antara kedua es ini yaitu :
 
Pertama : Menurut Sejarahnya
Menurut sejarahnya, PAK TUKIMAN lebih dahulu jualan es campur dari pada es teler jadi es campur bisa dikatakan nenek moyang es teler atau es teler lahir dari es campur
 
Kedua : Menurut Bahan Pembuatanya
Bahan wajib pembuatan es teler adalah serutan kelapa muda,nangka dan alpukat kalau es campur bahanya segala macam buah mulai dari pepaya,blewah,kiwi,cerry,nangka, jadi bahan es campur lebih banyak dari es teler, kalau soal es campur ditambah santan dan susu itu masih misterius kayaknya pak tukiman juga menambahkan santan dan susu saat awal jualan es campur sebelum akhirnyamenemukan es teler,tapi ini tidak bisa dijadikan dasar karena pak tukiman bukan penemu es campur
 
Ketiga : Menurut Rasanya
Setelah kita minum es campur kita merasa segar saja namun jika meminum es teler kita merasa dada kita sedikit terangkat,tampak penuh dan berat, seperti orang yang loyo karena terlalu banyak merasakan kesegaran, sulit sekali menggambarkanya, sampai sekarang belum ada yang tahu mengapa kita bisamerasakan hal tersebut, namun seperti itulah es teler sangat unik,melegenda dan mendunia
 
RESEP ES TELER
 
Bahan Membuat Es Teler :
 
Alpukat 3 buah, potong kotak
Nangka 15 biji potong dadu
Kelapa muda 4 buah, kerok dan ambil dagingnya
Kolang-kaling 250 gram
Susu kental manis putih 150 ml
Santan 1 liter dari 1 butir kelapa
Daun pandan 1 lembar
Sirup pandan 1 liter
Agar-agar bubuk putih 1 bungkus
Air 300 ml
Gula pasir 150 gram
Es serut secukupnya
Garam secukupnya
 
Cara Membuat Es Teler :

1. Agar-agar : Campur air, agar-agar dan 75 gram gula pasir, rebus hingga mendidih, angkat dan bekukan.

2. Serut agar-agar dengan serutan keju, angkat dan sisihkan.Campur santan, garam dan daun pandan.Rebus hingga mendidih sambil diaduk agar tidak pecah.Angkat dan dinginkan.

3. Rebus kolang-kaling dengan 75 gram gula pasir hingga lunak. Angkat dan buang airnya.

4. Atur dalam mangkuk saji : Alpukat, nangka,serutan kelapa muda, kolang-kaling dan agar-agar serut. Tuang sirup dan santan secukupnya.Tambahkan es serut dan susu kental manis. Sajikan dingin

5. Gambaran kenikmatan makan es teler : Aduk es hingga tercampur sirup,susu,santan,buah dan bahan lainya,kemudian ambil dengan sendok dan makan langsung satu sendok tersebut diamkan beberapa detik dimulut dan rasakan “hmm….m adem,manis dan harum legit”,pingin lebih heboh lagi angkat tempat penyajinya langsung sruput… tanpa sendok sampai habis,rasanya klenger dan hhhuuuuuuuu’ ….,makin mantap jika diminum dibawah terik matahari pantai

 

Gizi yang terdapat dalam minuman es teler adalah :

klik pada gambar untuk memperbesar
 
 
PENUTUP

Demikian artikel sederhana dari saya semoga bermanfaat dan memberikan banyak pengetahuan untuk anda,SALAM SAYA : terus semangat menjalani hidup sehat dengan makanan bergizi sesuai dengan TUMPENG GIZI SEIMBANG, jangan lupa dikomen yang banyak gan !!!

artikel ini diikutkan dalam lomba blog ” JELAJAH GIZI 2 ” untuk info lebih lanjut klik pada banner lomba dibawah ini ....
 
http://www.sarihusada.co.id/Nutrisi-Untuk-Bangsa/assets/uploads/2013/04/FA-Poster-Event-Sarihusada-40cm-x-60cm-R3-682x1024.jpghttp://www.sarihusada.co.id/Nutrisi-Untuk-Bangsa/assets/uploads/2013/04/Jelajah-Gizi-200x300.jpg