7 Pilihan Olahraga Untuk Bumil

Oleh Nutrisi Bangsa 16 Feb 2014

Sahabat nutrisi

Jika ibu hamil sering merasakan mual di pagi hari, mudah lelah juga nyeri, mungkin tubuh sedang tidak bugar. Padahal tubuh yang bugar akan membuat kehamilan terasa nyaman dan menyenangkan.

Oleh karena itu, ibu hamil tetap membutuhkan olahraga.

Akan sangat menyenangkan jika berolahraga bersama-sama, agar tetap bersemanga, berikut pilihan kelas-kelas kebugaran yang dapat dipilih:

1. Spinning, atau kelas bersepeda baik untuk sirkulasi darah di tubuh, hal ini dapat meningkatkan jumlah oksigen dan gizi pada bayi. Atur sepeda senyaman mungkin, turunkan setang agar tidak membebani punggung bagian bawah, serta hindari gerakan-gerakan yang terlalu berlebihan.

2. Yoga, olahraga ini dapat meredakan ketegangan, meningkatkan suasana hati dan melancarkan aliran darah. Hindari pose yang dapat menekan perut ibu hamil.

3. Zumba, latihan ini merupakan latihan kardiovaskular besar berupa melangkah ataua melompat, akan tetapi ibu hamil harus menyesuaikan diri dengan melakukannya perlahan-lahan.

4. TRX, latihan ini banyak melibatkan persendian tubuh, akan tetapi ibu hamil dapat mengubah intensitas sesuai kebutuhan. Namun disarankan untuk tidak lagi melakukan kegiatan ini ketika kehamilan memasuki trimester ketiga.

5. Aerobik air, latihan ini bermanfaat untuk mengurangi nyeri pada masa melahirkan.

6. Pilates, jika dilakukan selama masa kehamilan, olahraga ini membantu agar ibu hamil tetap rileks saat melahirkan.

7. Barre, latihan ini merupakan salah satu gerakan pada balet. Gerakan ini cocok dan aman bagi ibu hamil, karena mencakup sedikit lompatan saja.

Nah, yuk kita mulai berolahraga agar ibu bugar, janin sehat.

Sumber: Tabloid Nova