Kegiatan Selama Puasa Untuk Ibu Hamil

Oleh Nutrisi Bangsa 10 Jul 2014

ptg02501007

Sahabat nutrisi,

Ibadah puasa merupakan ibadah wajib bagi umat Islam. Ibu hamil dan menyusui pun tak lepas dari kewajiban tersebut sepanjang kondisi dan situasinya memungkinkan.

Kendati sedang mengandung, sangat tidak dianjurkan untuk tidur sepanjang hari. Ibu hamil tetap perlu melakukan aktivitas selama puasa, asalkan bukan aktivitas yang terlalu berat, dan menyita tenaga.

Berikut beberapa aktivitas yang disarankan bagi ibu hamil yang berpuasa:

1. Olahraga ringan, terutama di pagi hari. Misalnya jalan santai sambil menghirup udara pagi. Olahraga ringan ini dapat membangkitkan mood dan melancarkan peredaran darah.

2. Manfaatkan waktu untuk beristirahat sejenak setelah shalat, guna melepaskan diri dari kepenatan. Misalnya cukup dengan meluruskan punggung dan kaki.

3. Bagi ibu hamil yang bekerja di kantor, jika dirasakan terlalu banyak duduk, selingi dengan jalan-jalan atau senam ringan.

4. Tidak disarankan terlalu lama di ruang ber-AC. Suhu dingin di ruang ber-AC memang terasa nyaman, namun berresiko mengakibatkan dehidrasi.

5. Tarawih serta tadarus. Kegiatan ibadah ini sangat dianjurkan, selain mendekatkan diri pada Sang Pencipta, dapat juga sebagai sarana meditasi agar tubuh dan pikiran menjadi rileks.

Jika kita menjalani dengan niat yang kuat, mudah-mudahan ibadah puasa dapat dilalui dengan lancar, kendati sedang hamil.

http://www.tabloid-nakita.com/read/1644/aktivitas-ibu-hamil-selama-puasa

1 Komentar

Jhonson Sitorus

16 Jul 2014 20:28

Wah, ternyata selama ini salah info toh. saya kirain jika bunda berpuasa akan mengganggu asupan janinnya karena kurangnya asupan untuk memenuhi gizi janin.