Masa Menyenangkan Di Trimester Dua

Oleh Nutrisi Bangsa 09 Feb 2013

Sahabat Nutrisi,

Berbahagialah ketika masa kehamilan anda memasuki trimester kedua atau minggu ke 13 hingga 27.

Mengapa? Karena, pada trimester kedua ini, ibu hamil biasanya akan merasakan masa yang paling nyaman.

Di masa ini, pengalaman menunjukkan, para ibu akan lebih tenang. Mual dan muntah sudah tidak terlalu sering, bahkan tidak sama sekali.

Lebih dari itu, para ibu hamil akan merasa penuh vitalitas dan semangat, sehingga dapat melakukan aktivitas yang barangkali sebelumnya tidak bisa dilakukan.

Hanya saja, ibu hamil tidak boleh terlena dengan kenyamanan ini, dan melakukan aktivitas secara berlebihan.

Lantas, apa saja yang terjadi pada ibu hamil di masa trimester kedua serta apa yang mesti sang calon ibu di periode itu?

1. Nafsu makan mulai meningkat, akan tetapi harus tetap dijaga agar tidak terjadi kenaikan berat badan yang berlebihan.
2. Tetap mengonsumsi makanan dengan gizi berimbang, dengan penekanan pada zat besi, karena volume darah meningkat 40-60% untuk mengantarkan makanan serta oksigen ke janin.
3. Inilah saat yang ditunggu-tunggu, ibu bisa mengenakan baju hamil. Setelah 12 minggu, rahim semakin membesar hingga 1 cm setiap minggunya.
4. Payudara juga menjadi lunak dan terasa berat akibat perubahan hormon untuk persiapam menyusui. Untuk itu kenakan BH yang dapat menopang payudara dengan baik.
5. Mulailah melakukan senam Kegel untuk melatih otot-otot panggul, yang bisa dilakukan sambil berdiri, duduk, atau berbaring. Caranya, kerutkan otot seperti saat menahan buang air kecil.
6. Di minggu-minggu ini merupakan saat yang paling nyaman melakukan hubungan suami istri.
7. Tetap lakukan olahraga ringan seperti berenang, yoga, senam, dan jalan kaki yang semuanya cocok untuk ibu hamil. Tubuh yang nyaman membuat Anda nyaman berolahraga.
8. Heartburn, atau perasaan terbakar/panas pada bagian bawah dada atau atas perut, disebabkan karena relaksasi otot saluran cerna akibat asam lambung naik ke kerongkongan. Heartburn dapat diatasi dengan:
  - Sebelum tidur, hindari makan hingga terlalu kenyang.
  - Sebaiknya makanan berlemak, pedas dan berminyak dijauhi.
  - Tinggikan posisi kepala sehingga asam lambung tidak naik ke kerongkongan.
9. Jika ibu hamil terkena kram kaki, atasi dengan menaikkan kaki ke atas. Jika terkena kram kaki ketika duduk atau saat tidur, cobalah gerakan jari-jari kaki ke arah atas.
10. Guna menghindari low back pain yang biasa timbul di usia kehamilan 5 bulan, lakukan cara-cara berikut:
  - Jangan berdiri atau duduk terlalu lama
  - Bila mengambil sesuatu di lantai, lakukan dengan berjongkok
  - Gunakan sepatu yang bertumit rendah
  - Tidurlah dengan posisi miring ke kiri.

Nah, lainnya, pengalaman menunjukkan pula, pada masa trisemester kedua yang menyenangkan ini, ada satu momen yang membahagiakan, yaitu Anda akan merasakan gerakan janin di usia kehamilan sekitar 22 minggu.  Menyenangkan kan!

Sumber: AyahBunda