Persiapan Mudik Nyaman Bagi Ibu Hamil

Oleh Nutrisi Bangsa 13 Aug 2012

Bunda,

Tak lama lagi Hari Raya Idul Fitri tiba. Apakah Bunda merupakan salah satu yang akan melakukan perjalanan menuju kampung halaman alias mudik?

Tentunya sudah tidak sabar ya, Bun. Akan tetapi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, terutama jika Bunda sedang hamil. Persiapan yang benar-benar matang harus dilakukan sebelum berangkat.

Pertama, konsultasikan dengan dokter kandungan sebelum bepergian. Jika dokter mengizinkan untuk melakukan perjalanan, mintalah catatan kesehatan dari dokter, resep obat jika dibutuhkan, dan rekomendasi dokter atau rumah sakit di tempat yang dikunjungi.

Tetapi jika dokter melarang karena ditakutkan terjadi kelahiran prematur atau komplikasi lain, tak perlu kecil hati. Tentunya sanak keluarga akan mengerti.

Kedua, idealnya trimester kedua (18-24 minggu) adalah saat yang terbaik untuk bepergian, karena saat genting pembentukan janin sudah lewat, dan beberapa gangguan seperti mual, muntah, pusing, lekas lelah juga mulai hilang.

Ketiga, usahakan melakukan perjalanan lebih awal, misalnya H-7, dengan demikian Bunda terhindar dari terjebak kemacetan, berdesak-desakan naik gerbong kereta, maupun antri panjang pada saat check in pesawat terbang.

Keempat, jangan abaikan isi perut ya, Bun. Makanlah dulu, bila perlu bawa bekal makanan seperti sandwich, arem-arem, serta jus buah. Pastikan asupan gizi untuk Bunda bisa tetap terpenuhi selama perjalanan, dan pastikan juga Bunda cukup minum untuk mencegah dehidrasi.

Kelima, jika menggunakan kendaraan pribadi, usahakan berhenti dan beristirahat. Pilihlah tempat istirahat yang nyaman dan aman, seperti di rumah makan, tempat ibadah, maupun pom bensin besar. Lakukan olahraga ringan, bisa dengan berjalan kaki berkeliling atau peregangan selama 10-20 menit agar aliran darah lancar.

Keenam, jika menggunakan kendaraan umum, seperti kereta api maupun pesawat udara, sempatkan diri untuk bangkit dari kursi dan berjalan-jalan. Hal ini dapat memperlancar aliran darah dan mencegah terjadinya pembengkakan, juga dapat mengusir rasa bosan selama di perjalanan.

Ketujuh, ingat ya Bun, selalu utamakan kebersihan diri dan lingkungan sekitar. Makan dan minumlah di tempat yang memiliki tingkat kebersihan yang baik, cuci tangan serta cuci bersih buah yang akan dikonsumsi.

Nah, sudah siapkan Bunda melakukan perjalanan? Selamat jalan, hati-hati di jalan ya… :)

Sumber: AyahBunda

Sumber Foto: pregnancyandmotherhood.com