Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

10 Manfaat Air Untuk Kesehatan

Oleh Nutrisi Bangsa 01 Jul 2012

Air, memegang peranan sangat penting bagi kehidupan manusia. 70% tubuh manusia terdiri dari cairan, sehingga kita harus menjaga asupan cairan dalam tubuh agar tidak terjadi dehidrasi.

Dehidrasi adalah suatu keadaan di mana tubuh manusia kekurangan cairan, sehingga menggangu keseimbangan dan metabolisme dalam tubuh.

Begitu pentingnya manfaat air bagi tubuh, sehingga tubuh kita setiap harinya membutuhkan sekitar 2 liter air atau kurang lebih 8 gelas air putih. Tentu saja untuk mereka yang beraktifitas fisik berat dan tinggal di daerah panas, memiliki kebutuhan akan air yang lebih banyak.

Yuk kita simak 10 manfaat air putih untuk kesehatan:

1. Untuk memperlancar sistem pencernaan.

2. Membantu kelancaran fungsi ginjal dan hati sehingga dapat membuang racun-racun dalam tubuh yang dapat menyebabkan aneka penyakit.

3. Untuk kesehatan kulit, mengurangi keriput dan dapat membantu mengencangkan kulit

4. Meningkatkan kesuburan

5. Menguruskan badan. Air ternyata dapat membantu menguruskan badan lho, coba deh minum segelas air hangat sebelum makan.

6. Menjaga keseimbangan tubuh, jika jumlah air dalam tubuh manusia berkurang maka fungsi organ-organ tubuh juga akan ikut menurun dan lebih mudah terganggu oleh bakteri dan virus

7. Menambah kebugaran tubuh

8. Mencegah penyakit, seperti flu

9. Mencegah dehidrasi dalam tubuh.

10. Menyehatkan jantung.

Bahkan pada saat kita tidur, atau kita berada di ruangan berAC, tubuh kita juga akan kekurangan cairan lho.

Pada saat tidur bukan berarti tubuh kita tidak melakukan kegiatan. Saat itu, terjadi penguapan dalam tubuh, yang artinya tubuh mengeluarkan cairan. Metabolisme terus berjalan dan air di dalam tubuh membantu sel-sel bekerja. Sehingga, setelah 6-8 jam tidur, tubuh bisa mengalami defisit air, karena dalam proses metabolisme sel akan ada air yang terbuang. Oleh karena itu, segelas air putih pada saat bangun tidur dapat menggantikan cairan tubuh yang terbuang pada saat tidur.

Begitu pula dengan aktifitas di ruang berAC, tanpa kita sadari, aktifitas berpikir kita juga menguras cairan dalam tubuh. Oleh karena itu, jika kita berada di ruang berAC  kita harus lebih waspada dalam mengidentifikasikan rasa haus. Jangan tunggu sampai leher terasa kering, karena hal itu sudah menandakan kita mengalami dehidrasi ringan.

Yuk, sahabat nutrisi, mulai sekarang rajin-rajinlah minum air putih. Bawalah selalu botol air minum kemana pun kita pergi. Mencegah, lebih baik dari mengobati kan? 

Sumber Gambar: fitriyunilestari