Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

61 Tahun Ikatan Bidan Indonesia

Oleh Nutrisi Bangsa 23 Jun 2012

Sahabat nutrisi,

Tanggal 24 Juni ternyata merupakan hari jadi Ikatan Bidan Indonesia, lho. Dan tahun ini, Ikatan Bidan Indonesia atau IBI telah mencapai usia 61 tahun.

Pengukuhan hari lahir IBI ini didasarkan pada hasil konferensi bidan pertama, yang diselenggarakan di Jakarta pada 24 Juni 1951, atas prakarsa bidan-bidan senior yang tinggal di Jakarta, seperti Ibu Selo Sumarjan, Ibu Fatimah, Ibu Sri Mulyani, Ibu Salikun, Ibu Sukaesih, Ibu Ipah dan Ibu S. Margua.

Konferensi bidan pertama ini telah meletakkan landasan yang kuat dan arah yang benar bagi perjuangan bidan selanjutnya, yaitu mendirikan organisasi profesi Ikatan Bidan Indonesia (IBI), dan merumuskan tujuan IBI, yaitu:

a. Menggalang persatuan dan persaudaraan antar sesama bidan serta kaum wanita pada umumnya, dalam rangka memperkokoh persatuan bangsa.

b. Membina pengetahuan dan keterampilan anggota dalam profesi kebidanan, khususnya dalam pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) serta kesejahteraan keluarga.

c. Membantu pemerintah dalam pembangunan nasional, terutama dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

d. Meningkatkan martabat dan kedudukan bidan dalam masyarakat.

Mendukung MDGs-2015

” Aksi Nyata Bidan Dalam Mendukung Percepatan MDGs -2015″ merupakan tema hari jadi IBI ke 61. Hal ini menggambarkan konsistensi dan komitmen bidan dalam menjalankan perannya dengan komitmen menurunkan angka kematian Ibu dan bayi.

Bidan bukanlah profesi yang ringan. Di tangannya terdapat tanggung jawab atas kesehatan dan keselamatan ibu dan anak.

Semoga, dengan usia yang semakin matang, bidan Indonesia mampu menghadapi tantangan dan semakin profesional dalam melayani masyarakat, khususnya ibu dan anak.

Sumber: Ikatan Bidan Indonesia