Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Ada Asa Di Setiap Do'aku

Oleh xuphiexs 14 Feb 2014

 

Dear Diary,

Juli 2010 yang tak terlupakan

7 bulan adalah moment yang tidak akan terlupakan buat calon mama seperti saya. Dimana, pada usia ini geliat si kecil dalam kandungan mulai terasa sakitnya. Dari sakit punggung, kram perut, sesak nafas atau dada terasa terbakar (heartburn).

Diary….., meski tepat ke-7 bulan kehamilan, tidak ada niatan dalam hati ini untuk merayakan 7 bulanan mama seperti tradisi adat Jawa pada umumnya (siraman, mendadani mama, dan angreman yang biasa disebut mitoni atau tingkeban). Bukannya apa-apa sih, hanya saja perasaan ini masih kalut saat terakhir kali memeriksakan kehamilan ke dokter kandungan bahwa kandungan saya berpotensi gejala plasenta previa. Yaitu posisi ari-ari tertanam dibagian bawah rahim sehingga menutupi jalan lahir.

Sedih memang ketika kenyataan tersebut telah menimbulkan statement bahwa kelahiran normal akan menjadi langkah ketika sebait asa tidak kunjung tiba. Hanya doa demi doa kepada-Nya yang selalu menguatkan keyakinan saya sebagai mama bahwa si kecil akan terlahir dengan normal, sehat dan tidak kekurangan suatu apapun nantinya.

Diary……, 7 bulan bagi saya ibarat seorang mujahid yang mempersiapkan diri berjihad di medan perang. Dan berbuah manis tepat pada tanggal 06 September 2010 dengan kehadiran seorang bayi laki-laki ditengah-tengah kami, meski harus melalui perjuangan yang sangat melelahkan. 

Terima kasih atas segala kuasa dan kebesaran-Mu.

Memori, 06 September 2010