Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Adakah 7 Bulanan (Maccera' Babua) di Keluarga Kita?

Oleh Idham Jufri 16 Feb 2014

 

Dear Diary…

Saya kasihan jika teringat di awal kehamilan istri, karena istri saya susah makan dan juga mengalami morning sickness sehingga cukup mengganggu. Sebagai Guru Penjaskes, saya selalu mengingatkan agar dia rutin meminum susu hamil untuk membantu asupan nutrisinya. Saya pun ikut menyiapkan makanan yang bergizi untuknya, juga selalu siap menemaninya setiap periksa ke dokter.

Masuk 7 bulan kehamilan timbul keluhan sering BAK, gatal di perut, atau punggung sakit. Saya pun mengganti tempat tidur dengan yang lebih empuk. Kami juga mulai sering memperdengarkan musik dan bacaan Ayat Suci serta mengajak berbicara kepada janin untuk merangsang pertumbuhan otaknya.

Saat memberitahukan pada mertua bahwa usia kehamilan sudah memasuki 7 bulan (kami tinggal di kota berbeda), kami menanyakan tentang ritual 7 Bulanan Mama. Beliau tidak langsung menjawab pertanyaan kami, melainkan kaget karena hitungan beliau baru akan memasuki usia 6 bulan, khawatir akan pendapat orang nantinya. Kami jelaskan bahwa perhitungan bidan berbeda dengan menggunakan metode Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT). Beliau mengerti dan menyampaikan bahwa di keluarga kami (Bugis, Sulsel) tidak ada ritual Maccera’ Babua (syukuran kehamilan).

Alhamdulillah sampai anak kami lahir semua bisa dilewati dengan penuh kesabaran, kebahagiaan, dan terasa semakin lengkap dengan melihat kelucuannya yang baru saja melewati ulangtahun ke 2!