Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Agar Anak Menyukai Sayuran

Oleh Nutrisi Bangsa 17 May 2012

Bunda, siapa yang tidak pusing kalau anak-anak memilih-milih makanan? Apalagi jika sudah bertemu dengan sayur-sayuran… Wah, bisa-bisa mulut mereka terkatup rapat.

Padahal zat-zat yang terkandung di dalam sayuran sangat bermanfaat bagi tumbuh kembangnya.

Berdasarkan penelitian di  Pennsylvania and Appalachian state University, justru tidak boleh ada paksaan pada anak-anak untuk mengonsumsi makanan yang mereka tidak suka. Orangtua yang sering memarahi anak karena menolak makan sayur, akan membuat anak semakin tidak menyukai jenis makanan ini. Oleh karena itu, harus dilakukan pendekatan yang lemah lembut dan tidak memaksa, karena umumnya anak-anak akan lebih mudah makan jika tidak dalam keadaan tertekan.

Berikut beberapa tips agar anak mulai menyukai sayuran:

1. Jadilah contoh mereka, anak selalu meniru perilaku orangtuanya. Seringlah makan bersama, dan perlihatkan antusiasme ayah dan bunda mengonsumsi sayuran

2. Mencampur sayuran dengan masakan lain, misalnya dengan membuat dadar sayuran atau omelet sayuran. 

3. Ajak anak mempersiapkan makanan mereka. Mulai dari berbelanja, sampai mengolahnya. Bisa juga dengan mengajak mereka menanam sayuran di pot-pot atau di halaman rumah.

4. Biarkan mereka memilih sayuran yang ingin mereka makan

5. Sebisa mungkin sediakan makanan kecil berupa olahan sayuran, seperti pie sayur, risoles dan lain-lain.

6. Siapkan keju, atau saus celup lain. Broccoli and Cheese, misalnya.

7. Pujilah mereka jika akhirnya mereka memakan sayuran.

Selamat mencoba :)

1 Komentar

27 Jul 2012 14:44

iya benar, kebanyakan anak-anak sekarang kurang menyukai sayuran. semoga ibu-ibu bisa mengimplementasikannya. jika berkenan mohon kunjungi http://ibudananak.tumblr.com/" rel="nofollow">Info seputar Ibu dan Anak terima kasih. :)