Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Air, Penting Bagi Tubuh

Oleh Nutrisi Bangsa 05 Jun 2014

crbs104200

Sahabat nutrisi,

Air merupakan komponen terbesar dalam tubuh manusia. Sebanyak 55% - 60% pada laki-laki, dan 50% - 60% pada perempuan. Sehingga dapat dibayangkan betapa pentingnya peran air bagi tubuh kita. Pemenuhan kebutuhan air dalam tubuh dapat mencegah timbulnya berbagai penyakit.

Berikut beberapa manfaat air yang dibutuhkan oleh tubuh kita:

1. Pembentuk sel dan cairan tubuh, sebesar 70% - 85% komponen utama sel adalah air. Darah mengandung 83% air, oleh karena itu air berperan besar dalam darah, cairan lambung, hormon, enzim, otot dan menjaga otot agar mampu berkontraksi

2. Pengatur suhu tubuh

3. Pelarut zat-zat gizi lain dan membantu proses pencernaan makanan

4. Berfungsi sebagai pelumas bagi sendi sehingga sendi dapat bergerak dengan baik dan meredam gesekan antar sendi. Selain itu, air dapat berfungsi sebagai bantalan penahan getar (shock absorbing fluid cushion) pada jaringan tubuh, seperti otak, medulla spinalis, mata dan kantong amnion dalam rahim.

5. Membantu transportasi oksigen dalam tubuh, dan membantu mengeluarkan karbondioksida.

6. Membantu mengeluarkan sisa-sisa metabolisme dalam tubuh melalui saluran kemih, saluran cerna, saluran nafas dan kulit.

Kekurangan air dalam tubuh dapat mengakibatkan dehidrasi. Dehidrasi ditandai dengan rasa haus, mulut kering, mengantuk atau lelah, mata kering, otot lemah, sampai sakit kepala.

Oleh karena itu, dr. Saptawati Bardosono, Msc., dari Departemen Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, menyarankan agar ketika terserang sakit kepala, coba minum air sebanyak 2 sampai 3 gelas, dan tunggu selama 20 menit. Biasanya sakit kepala akan segera reda.

Sumber: Readers Digest