Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Aku Mau..Aku Dan Mamaku Selalu Sehat

Oleh onemaniacbola 15 Mar 2012

18th sudah saya bermukim di dunia, setelah melewati masa 9 bulan kurang lebih di perut mama. Saya tidak pernah tahu apa yg mama saya rasakan dan alami selama mengandung saya. Apakah tiap hari beliau selalu baik-baik saja? Apakah beliau ngidam yg macam-macam ketika di bulan-bulan awal saya di dalam perut? atau mungkin saja beliau ‘tersiksa’ selama mengandung saya. Entahlah…

Dan ternyata, selama kurang lebih 9 bulan itu.. Mama saya cuma bisa tergeletak tak berdaya diatas kasur. Apapun yg beliau makan akan di muntahkannya lagi, kepalanya selalu pusing.. Untuk bangun pun susah. Sungguh menderita mamaku ketika mengandung. Seperti yg beliau ceritakan pada saya, kalau proses mengandung yg ‘tersiksa’ itu berlaku bagi ketiga anaknya. Tiga kali mengandung, dan beliau tetap saja tak berdaya di atas kasur hingga hampir melahirkan. Mungkin bisa dibilang mukjizat Tuhan, dibalik kesengsaraan di awal-awal, akan selalu ada kebahagiaan di akhir. Mama saya memang lumayan tersiksa selama mengandung, tapi ketika sudah waktunya melahirkan. Semua bayi yg pernah keluar dari rahimnya secara normal, cepat, dan bayi-bayinya sehat.

Diawal-awal bulan setelah saya dilahirkan. Katanya saya selalu diberi ASI ekslusif mama hingga 6 bulan lamanya. Saya tidak pernah diberi atau dibiarkan mengkonsumsi susu formula sekalipun. Karena kebetulan produksi asi mama saya sangat lancar. mungkin kebiasaan para tetua saya yg membiasakan ibu-ibu yg sedang menyusui harus sering mengkonsumsi almond dan sayur pare yg pahit itu. Katanya, kalau almond itu bagus, banyak kalsium dan bagus untuk asi, sedangkan sayur pare. Dapat memperlancar dan mengentalkan produksi asi. Mungkin dari resep keluarga itulah mengapa asi mama saya begitu lancar.

Beliau bercerita mengenai masa-masa lucu saya kala itu. Di usia lebih dari 6 bulan. Saya kemudian mulai diberi makanan lain selain asi itu sendiri. Langkah awal sang mama adalah memberi makan saya pisang yang sudah dilumatkan. Sehari bisa 5 pisang lumat yg bisa saya habiskan. Dan tetap, saya tidak dibiarkan mengkonsumsi susu formula. Mama saya masih mengandalkan asi ekslusifnya, yg Alhamdulillah selalu lancar jaya. Dengar-dengar, penyebab lancarnya asi mama saya, karena beliau sangat rajin dan getol minum susu. Dalam tiap hari bergelas-gelas bisa beliau habiskan…. Dari makanan dan minuman sehat yg beliau konsumsi, berdampak sangat baik bagi saya yg kala itu hanya mengandalkan asi dari beliau. Ini menandakan jika kesehatan saya kala itu sangat tergantung pada kesehatan mama saya. Dan syukur, semenjak saya kecil hingga sekarang beliau menekankan hidup sehat di keluarga kami.

Makin tumbuh dan bertambahnya hari-hari. Mama saya mulai menjejali saya beragam makanan lain. Seperti bubur yg dicampur sayur bayam dan sedikit minyak ikan, sereal, keju,buah kiwi,dan lain sebagainya. Terbukti, mama saya sangat menjaga kesehatan saya semasa bayi hingga sekarang pun. Dan beliau pun selalu menjaga kesehatannya supaya selalu bisa membuatkan hidangan sehat bagiku dan keluarga….

Setelah melewati masa bahagia bersama mama hingga sekarang, tak kusangka beliau sudah tidak terlalu kuat lagi melakukan segalanya seperti dulu kala.. beliau sudah dijangkiti beragam penyakit. Yg memang sering menjalar ke orang yg sudah berumur 40an keatas. Mama mengidap penyakit gula atau diabetes ringan. Saya selalu menahannya untuk memakan makanan dan minuman yg manis-manis. Menyarankannya mengkonsumsi segala jenis makanan rendah gula. Itu sedikit aksi saya buat menjaga kesehatan mama. Segalanya akan saya lakukan untuk beliau,seperti prihatinnya beliau ketika saya balita. Beliau senantiasa menjaga apapun yg akan masuk ke mulut saya. Itu karena beliau ingin saya menjadi anak yg sehat dan kuat. Love mom, be strong and keep healthy!!