Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Alergi Akan Hilang Seiring Pertumbuhan Usia

Oleh Dewi Kartika Rahmayanti 13 Sep 2011


Alergi adalah reaksi tubuh yang menolak zat2 tertentu yg terkandung dlm makanan. Reaksi alergi bermacam-macam, bisa berupa penyakit kulit ( eksim ), mata bengkak atau bisa juga menyerang pencernaan dan menyebabkan diare.

Reaksi alergi bisa dikategorikan ringan jika tidak membuat anak susha makan dan menyebabkan berat badan susah naik atau cenderung turun. Langsung bawa anak ke dokter anah jika alergi menyebabkan dia susah napas.

Deteksi alergi bisa dilakukan dg memberikan makanan secara tercatat ke anak. Lihat reaksi yang ditimbulkan dari makanan tersebut, sehingga jika anak menunjukkan gejala alergi lebih mudah dideteksi.

Karena itu disarankan unt melakukan pencatatan makanan apa saja yg dikonsumsi ketika mulai MPASI, shg mudah mendeteksi pencetus alergi. Biasanya alergi ini akan berkurnag seiring dnegan pertambahan usia anak. Pada umur 2 - 3 tahun, alergi biasanya menghilang. Terus berikan makanan pencetus alergi dalam jumlah yg sedikit dan terus perbanyak jumlahnya hingga anak tidak lagi alergi terhadap makanan tersebut.