Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Anak Sehat?! Gizi Ibu Kuncinya

Oleh Gustin 02 Mar 2012

Ibu gw tuh….. cakep kan?! iya dong… buktinya sekarang nurun ke gw, anaknya, yang ganteng ini. ahahahaha…..

Ibu gw ini orang yang bener-bener jaga gw mulai dari gw masih di dalem perutnya sampai segede sekarang gw masih sehat dan waras buat nulis post ini… so, kalo lo sekarang juga masih sehat buat baca post ini, jangan lupa berterima kasih sama ibu lo..

Kenapa gw bilang gitu?! jangan remehkan the power of mother ‘brada.. walaupun sekarang lo sudah gede, kesehatan yang lo punya sekarang itu juga andil besar dari ibu lo. terutama sejak ibu mengandung sampai masa menyusui. di masa itu, peran ibu adalah kunci kesehatan anaknya kelak. yang sayangnya masih banyak ibu-ibu yang gak sadar akan itu.

Sebenernya dimana si pentingnya peran ibu untuk kesehatan anaknya?!

well, jawabannya simple, dengan menjaga kesehatannya sendiri.

Kesehatan ibu sebelum dan selama masa hamil berdampak besar ke janin yang sedang dikandungnya. karena asupan gizi yang masuk ke tubuh ibu juga akan menurun. menurut Riset Kesehatan Dasar 2010, 35,7% anak Indonesia tergolong pendek akibat kurang gizi kronis. dan itu berhubungan dengan riwayat gizi dari generasi sebelumnya. (Baca Sumbernya)

Ketika nutrisi yang dikonsumsi oleh ibu kurang, maka kurang pula gizi yang diasup oleh janinnya. dan itu bisa menyebabkan kurangnya pertumbuhan anak setelah dia lahir. banyak contoh di tv yang memperlihatkan bagaimana anak yang lahir dalam kondizi kurang gizi. mereka bisa terlahir dengan Anenchepali (lahir tanpa tempurung kepala) atau Spina Bifida (lahir dengan tulang belakang terbuka), dan lain-lain… bahkan seremnya lagi, UNICEF tahun 2007 mencatat bahwa gizi buruk pada anak menyebabkan 56% kematian dari 11 juta anak di dunia sebelum mereka berusia 5 tahun. (Baca Sumbernya)

Maka dari itu kita semua sudah seharusnya paham tentang pentingnya ibu menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi nutrisi yang cukup untuk anaknya nanti. “cukup” disini bukan berarti kuantitasnya lho.. pola pikir “ibu hamil makan untuk dua orang” gak sepenuhnya salah. tapi bukan dengan cara makan yang sebelum hamil 3 kali sehari trus pas hamil jadi 6 kali sehari. bukan…. tapi kualitas apa yang dimakannya apakah cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi untuk si janin dan ibu itu sendiri.

Bukan cuma masa hamil. masa menyusui juga berpengaruh ke pertumbuh-kembangan anak. karna prinsipnya adalah, ketika hamil gizi langsung disalurkan ibu ke anaknya melalui darah sedangkan saat menyusui gizi dari ibu disalurkan melalui ASI. dengan asupan gizi yang cukup dari ibu, tumbuh kembang anaknya menjadi lebih baik. Emang, apa aja si unsur gizi yang dibutuhin ibu hamil dan menyusui?! yuk kita liat tabel dibawah…..

1. Kalori, diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Kalori dapat diperoleh dari makanan yang merupakan sumber karbohidrat dan lemak. Misal : nasi, umbi-umbian, susu.

2. Gizi ibu hamil kedua adalah : protein, sebagai zat pembangun diperlukan bagi tumbuh kembang janin. Protein terdapat pada : daging, ikan, telur maupun kacang-kacangan.

3. Zat besi juga merupakan kebutuhan gizi ibu hamil yang tidak bisa dikesampingkan. Zat besi mengurangi terjadinya anemia juga berperan dalam pembentukan sel darah merah hemoglobin (yang mengangkut oksigen dalam tubuh) terdapat pada daging, ikan dan hati.

4. Asam folat dibutuhkan ibu hamil untuk perkembangan janin dan mencegah kecacatan pada otak dan tulang belakang. Juga mencegah janin lahir prematur. Asam folat banyak terdapat pada sayuran hijau, jus jeruk, kacang-kacangan dan juga gandum.

5. Gizi ibu hamil berikutnya adalah : kalsium. Kalsium berperan pada proses pembentukan tulang dan gigi janin. Produsen kalsium yang paling baik adalah susu, keju, yogurt, ikan teri.

6. Vitamin C, dibutuhkan ibu hamil karena mengandung banyak antioksidan yang berguna melindungi jaringan organ tubuh dari kerusakan serta mengirimkan sinyal kimia ke otak. Bagi ibu hamil, gizi ibu hamil yang diperlukan dari vitamin C sebanyak 85 mg per harinya.

7. Vitamin A juga diperlukan oleh ibu hamil untuk kelengkapan gizinya. Vitamin A berfungsi pada imunitas, penglihatan dan tumbuh kembang janin. Vitamin A ada pada sayuran berwarna kuning atau hijau, kuning telur.

8. Selain itu, gizi ibu hamil lainnya yang dibutuhkan antara lain vitamin B1, B2, asam pantotenat, niasin (vit.B3 yang larut air). Juga vitamin B6 dan B12 yang berperan dalam pembentukan sel-sel darah merah, DNA dan metabolisme asam amino.Sumber

Bukan cuma ibu lho yang harus jaga kesehatannya.. seluruh anggota keluarga harus bisa ikut. contohnya suaminya. kalo misalnya dia ngerokok, mending berhenti dulu deh (kalo bisa berhenti total). soalnya selain asap rokok dengan segala bahan kimianya berpengaruh juga ke kesehatan ibu dan anak, uang buat beli rokoknya bisa di alokasiin untuk beli makanan yang baik untuk ibu kan?! atau nambahin buat periksa ke dokter.

Jadi, yuk kita semua mulai sadari dan pahami bahwa gizi itu sangat penting bagi ibu dan anaknya. ibu sehat—> anak sehat—> bangsa sehat. 

http://nutrisiuntukbangsa.org/blog-writing-competition/

Yuk ikutan.. http://nutrisiuntukbangsa.org/blog-writing-competition/