Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Anemia dan Cara Mengatasinya

Oleh Nutrisi Bangsa 17 Jun 2012

Sahabat nutrisi, pernahkah merasa lesu, lemah dan tak bergairah? Lalu ada seseorang yang mengatakan bahwa wajah sahabat nutrisi pucat?

Mungkin, sahabat terkena anemia. Artinya sahabat mengalami kekurangan sel-sel darah merah atau jumlah hemoglobin (protein pembawa oksigen) dalam sel-sel darah merah yang bersirkulasi dalam jaringan darah.

Penyebab umum anemia adalah kekurangan zat besi. Jumlah perempuan usia subur, usia antara 12-50 tahun, yang mengidap anemia defisiensi zat besi lebih banyak daripada laki-laki. Penyebabnya secara umum adalah kehilangan darah selama menstruasi. Selain itu kehamilan, menyusui dan kehilangan darah dari saluran gastrointestinal (baik karena kanker atau bisul) juga dapat mengurangi persediaan zat besi.

Selain kekurangan zat besi, anemia juga dapat disebabkan karena kekurangan folat. Biasanya terjadi selama masa kehamilan, yang disebabkan karena kegagalan fungsi penyerapan.

Kekurangan vitamin B12, yang disebabkan ketidakmampuan tubuh menyerap vitamin B12 dengan baik, juga dapat menyebabkan anemia, yang jika dibiarkan dapat menyebabkan berbagai penyakit yang berhubungan dengan syaraf. Di samping itu, ada juga penyebab anemia yang merupakan penyakit bawaan seperti thalasemia.

Untuk mengatasi anemia akibat kekurangan zat besi sebaiknya Sahabat Nutrisi banyak mengonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi seperti sayur-sayuran berwarna hijau, daging merah, hati, ikan, gandum, buah-buahan dan sereal yang diperkaya dengan zat besi.

Guna memperkuat penyerapan zat besi, sebaiknya mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, seperti buah jeruk, tomat, strawberry, dan lain-lain.

Sementara itu, untuk mengatasi anemia yang disebabkan karena kekurangan folat, sahabat bisa mengonsumsi sayur-sayuran hijau seperti bayam, brokoli, kacang-kacangan, biji-bijian, asparagus, jagung, gandum.

Kerang-kerangan, hati dan daging sapi, hati dan daging kambing, makanan hasil laut, keju dan telur, sangat baik dikonsumsi untuk mengatasi kekurangan zat besi akibat kekurangan vitamin B12.

Nah, Sahabat nutrisi, mari kita jaga kesehatan kita.