Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

”BIMBING AKU JADI PEMIMPIN HEBAT,BUNDA !”

Oleh AGUS SETIAWAN 19 Oct 2013

DIALOG SISWA SD DISEKOLAH

Guru:”`Siapa mau menjadi pemimpin?”

Siswa:”Saya..Aku Bu…aku..aku..saya…aku ibu…(terlihat siswa saling berebut menjawab pertanyaan)

Guru:”Kamu ingin jadi pemimpin apa,Nak? (Menunjuk salah satu siswa)

Siswa:”Aku ingin jadi presiden Bu…

Guru:”Kenapa memilih jadi presiden?

Siswa:”Biar bisa Buat Indonesia semakin Maju & Bisa buat pesawat terbang yang banyak bu…”

Guru: (tersenyum bangga, mendengar jawaban polos siswanya)

“Sebuah pengalaman tak terlupakan !”

Inilah potret kecil dari anak bangsa kita yang damba akan sosok seorang pemimpin.yaa..!! tak terkecuali dengan AKU !

Aku ingin menjadi seorang yang hebat ! pemimpin yang disukai & disegani oleh rekan,keluarga dan juga orang lain yang berada dilingkungan sosialku. Dan aku sadari keinginanku itu butuh perjuangan yang tidak mudah & tidak singkat.Dibutuhkan semangat,kerja keras,dan kesabaran yang ekstra !. Ada kalanya,semangat itu tergerogoti oleh waktu & memunculkan harapan,”Adakah lorong waktu,pintu doraemon ataupun sulapan Pak Tarno ?”.Supaya aku bisa duduk dikursi kepemimpinan yang HEBAT itu?,Tapi kapan?”

Lagi-lagi AKSI lebih berarti daripada ucapan & pemikiran yang tak terlaksana.
Analoginya,”Mau Makan tapi kok enggan Memasak?’’.Betul,Semua yang dipikirkan tidak akan banyak membantu bahkan sirna tanpa adanya suatu wujud tindakan yang nyata.
Pemikiran & pengalaman yang demikian membuat aku berfikir .Rupanya selama ini,ibu telah mengarahkan & membantu aku menuju keinginanku itu,MENJADI PEMIMPIN HEBAT !”

 Dan aku sangat berterimakasih atas teguranmu,marahmu,laranganmu. Semula membuat ibu selalu jengkel atas kenakalanku,kebandelanku.Tapi terlambat kusadari bahwa apa yang telah ibu lakukan SEMUA UNTUKKU,Ibu mengarahkanku & membimbing aku ke dunia kepemimpinan yang kuinginkan ! Kuakui Naluri ibu ke anaknya sangat kuat,tanpa berceritapun ibu mana saja akan memahami apa yang dialami & dirasakan oleh anaknya.
Aku ingat kok,Ibu selalu melakukan hal-hal berikut ini padaku supaya aku jadi PEMIMPIN YANG HEBAT!:

1.JUJUR : Kata Ibu aku harus jadi anak yang jujur,karena sekali tidak jujur maka kebohongan yang lain dapat dipastikan akan mengikuti (continue).Kejujuran ini akan membuat aku selalu dipercaya & dihargai oleh orang lain.Kepercayaan itu,”SULIT DIDAPAT JIKA KITA PERNAH MENYALAHGUNAKAN”.

2.BANGGA & MEMUJI :Ibu selalu bangga & memujiku ketika aku menceritakan kebaikan yang telah aku lakukan pada teman disekolah .

3.TEGURAN: Aku juga sering ditegur kok ! Ketika aku melakukan kesalahan & perbuatan yang seharusnya tidak baik

4.PERCAYA:Ibu selalu percaya denganku,mungkin karena aku sering jujur & nurut ya :p (heheheh…).

5.BEBAS: Ibu selalu memberi kebebasan untuk memilih,memutuskan suatu pilihan asalkan aku bisa jelasin alasan-alasan yang aku punya.Nah,disinilah biasanya aku lebih sering menghabiskan waktu bersama ibu untuk sharing tentang suatu hal.

6.TANGGUNG JAWAB: Ibu tidak jarang membiarkanku menyelesaikan masalah yang kualami sendiri .Tetapi aku ngerasa bahwa ibu selalu ada dibelakangku,ibu selalu memantau aku dan tanggungjawabku.Hal itu terlihat ketika ibu pada suatu saat menanyakan,”Problemnya sudah teratasi Nak?”.Dan Ibu juga mengatakan bahwa Ibu siap membantu juga bantuan ibu sangat diperlukan.

 TERIMA KASIH BUNDA,YOU ARE MY HERO ! Kusadari semua yang telah Bunda ajarkan & Bimbing untukku…

Nah…….
Menjadi seorang pemimpin merupakan dambaan bagi setiap insan manusia. Setiap orang tua pasti mendambakan buah hatinya kelak akan menjadi seorang pemimpin.Pemimpin disini bukan dalam artian seorang penguasa (negatif) namun pemimpin dalam arti seseorang yang mampu mengatur suatu kondisi yang buruk menjadi lebih baik untuk dirinnya sendiri dan orang lain.Jiwa Kepimpinan & proses kepimpinan ini tidaklah bisa terbentuk tanpa adanya suatu proses & dukungan dari lingkungannya (orang-orang sekitar).Orang tua mempunyai andil yang sangat besar untuk mendidik & mempersiapkan seorang anak menjadi seorang pemimpin,khususnya bagi seorang ibu.”ANAK YANG HEBAT DILAHIRKAN OLEH IBU YANG HEBAT !” begitulah pepatah mengatakan.

Ibu merupakan sahabat terdekat anak yang mempunyai waktu lebih banyak untuk mendidik anaknya.Ibu mempunyai peran yang extra,karena membentuk jiwa kepemimpinan kepada anak tidaklah mudah,tidak semua anak mampu & tanggap dengan mudah instruksi yang diberikan oleh ibu. Anak cenderung akan meniru apa saja yang dilakukan oleh orang terdekatnya .Jika ibu sering memperlihatkan perbuatan baik kepada anaknya, secara tak sengaja sang anak akan merekam apa yang dilihatnya. Akan tetapi jika anak dihadapkan dengan kata-kata kasar maka lambat laun mereka akan ikut menirunya.
Jiwa kepemimpinan ini tidaklah muncul dengan sendirinya,banyak faktor yang menjadikan kita mempunyai jiwa “leadership”.Dengan mencontohkan nilai-nilai kepemimpinan dan jiwa sosial yang tinggi sejak dini,buah hati akan perlahan mengerti apa yang dia lakukan dan manfaat yang ia lakukan untuk orang disekitarnya.
Dengan membiasakan kebiasaan tersebut PASTInya lambat laun akan membentuk anak yang berjiwa Leadership yang orangtua & semua orang inginkan.

Ya…Kelak anak-anakku akan kubimbing & Kuarahkan seperti yang telah Bunda lakukan untukku,MENJADI PEMIMPIN HEBAT! :)

QUOTE:“IBU YANG BERHASIL ADALAH IBU YANG MAMPU MENDIDIK ANAK-ANAKNYA DARI SEGI EMOSIONAL MAUPUN INTELEKTUAL”
Good Bless Us,Bye…..:)

email:agussetiawans@yahoo.com

ID NUB:VJSugga

Blog: http://aguspinokio.wordpress.com/

Twitter:VJSugga