Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Bayi juga Membutuhkan Lemak

Oleh Nutrisi Bangsa 06 Jun 2012

Bunda, ternyata lemak sangat dibutuhkan bayi, lho. Lemak itu ternyata tidak selamanya buruk. Bahkan kadar lemak dalam ASI adalah 40-50%. ASI juga kaya akan kolesterol baik.

Kenapa bayi membutuhkan lemak?

Lemak adalah komponen dasar dalam hormon-hormon yang penting dan bagian yang berharga dalam membran sel.
Lemak adalah sumber energi tubuh terbesar.
Otak bayi yang sedang tumbuh memerlukan lemak yang tepat dan benar.
Lemak berfungsi menyerap dan mengantarkan vitamin A, D, E dan K.

Darimana sajakah sumber lemak yang baik?

Aneka makanan laut (seafood), terutama ikan salmon.
Alpukat
Minyak sayur
Selai kacang. Jika ananda mempunyai resiko alergi terhadap kacang-kacangan, tunda pemberiannya sampai ia berusia 2 tahun).

Bayi juga membutuhkan asupan lemak jenuh yang berasal dari produk hewani, seperti daging, telur, serta aneka produk olahan susu. Jadi bunda dapat memberikan aneka makanan yang kaya akan lemak jenuh tersebut. Akan tetapi, kurangi jumlahnya secara bertahap, seiring dengan bertambahnya umur anak.

Seperti apakah lemak yang buruk?

Lemak yang buruk untuk bayi adalah lemak yang diproses dari lemak natural, seperti hydrogenated fat atau lemak yang mengalami pencampuran dengan Hydrogen. Lemak tak jenuh ini dihasilkan dari proses pembuatan minyak sayurm dan biasanya digunakan untuk memperpanjang masa kadaluarsa.

Lemak seperti ini meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Dan biasanya ditemukan dalam makanan seperti kue kering, biskuit, makanan cepat saji, dan sebagainya.

Sumber: Lactamil Mama

2 Komentar

Goodgrade

10 Jan 2014 17:53

Menurut hitunganku, kandungan kalori dari lemak pada ASI adalah 52 - 60 persen, sedang tingkat kejenuhannya 55%. Asupan kolesterol pada bayi adalah ".....approximately ten times the typical cholesterol intake of American adults." (Paul Jaminet, "Perfect Diet") Jadi, ASI adalah "high fat, high saturated and high cholesterol" Kenapa Sari Husada tak mengembangkan susu formula yang komposisi lemak dan kolesterolnya menyamai ASI? Bukankah suku Masai di Afrika yang asupan lemaknya tinggi tak terjangkau oleh penyakit jantung, obesitas,diabetes? Bonusnya, anak mereka tak mengalami gigi kerowok walau tak bersikat.

27 Jul 2012 14:36

wah info bagus nih, saya coba untuk anak saya. jika berkenan mohon kunjungi http://bayiibu.weebly.com/" rel="nofollow">Info seputar Ibu dan Bayi terima kasih :)