Berpuasa Bagi Penderita Maag

Oleh Nutrisi Bangsa 27 Jul 2012

Sahabat nutrisi

Berpuasa, sebenarnya bukan halangan bagi penderita maag. Akan tetapi, banyak penderita maag yang bingung, apakah mereka akan menjalankan ibadah puasa atau tidak.

Maag merupakan penyakit usus yang paling umum, dan terbagi antara maag fungsional dan maag organik. Maag fungsional disebabkan oleh tidak normalnya kerja otot atau saraf yang mengendalikan organ-organ pencernaan, sementara maag organik disebabkan oleh kelainan di kerongkongan, lambung atau usus duabelas jari.

Yang umumnya diderita oleh masyarakat adalah maag fungsional, disebabkan karena pola makan yang tidak teratur, makan makanan yang terlalu berlemak atau berminyak, terlalu banyak minum minuman yang bersoda atau kafein, serta stress.

Padahal menurut dr. Ari Fahrial Syam dari RSCM, penderita maag fungsional biasanya dapat membaik selama berpuasa, karena dengan puasa kita bisa mengatur asupan makanan dan nutrisi, mengurangi cemilan berlemak dan berminyak, mengurangi soda dan kafein, cenderung lebih sabar dan mengurangi stress, yang semuanya berdampak positif terhadap maag.

Berikut adalah tips bagi penderita maag untuk berpuasa.

1. Konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu, terutama jika anda penderita maag organik.

2. Saat berbuka, mulailah secara perlahan dengan minum air hangat dan mengonsumsi kurma, hindari langsung berbuka dengan makanan berat. Jus melon segar juga baik untuk menu berbuka, karena dapat membantu memulihkan luka lambung.

3. Upayakan sahur dengan mengonsumsi kentang dan brokoli.

4. Makanlah pepaya matang dan wortel, enzim pada pepaya dan wortel dapat membantu mencerna makanan berlemak dan berminyak

5. Hindari makanan atau minuman yang mengandung gas (sawi, nangka, pisang, durian), yang merangsang sekresi asam lambung (kopi atau susu), yang lambat dicerna atau berlemak (keju, gorengan, coklat dan lain-lain), yang dapat mengiritasi dinding lambung (soda, cuka, cabe, merica dan bumbu yang merangsang), serta yang mengandung pati lengket (ketan, dodol, mie, singkong, talas dan lain-lain.

6. Perbanyak sayur dan buah yang berserat dan tidak mengandung gas.

Nah, sahabat nutrisi, bagaimana dengan anda? Apakah punya kiat khusus bagi penderita maag? yuk berbagi di sini.

Sumber foto: Livescience