Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Buah Lokal dan Manfaatnya

Oleh Nutrisi Bangsa 21 Jun 2013

Sahabat nutrisi,

Kandungan berbagai vitamin dan mineral dalam buah-buahan sudah pasti sangat dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan setiap harinya, kita dianjurkan untuk mengonsumsi 5 porsi sayur dan buah untuk mendapatkan hasil maksimal.

Sekalipun saat ini Indonesia dibanjiri oleh buah-buahan impor, tidak ada salahnya jika kita juga mengonsumsi buah lokal. Selain jenisnya yang bermacam-macam, ternyata kandungan nutrisinya juga tidak kalah kaya dengan buah impor.

Yuk, kita telaah satu per satu kandungan nutrisi buah-buahan lokal.

1. Sawo
Kulit buah sawo yang berwarna kecoklatan sering kali digunakan untuk menggambarkan warna kulit yang sedikit gelap. Baik kulit dan buah sawo berwarna coklat. Rasa buahnya sangat manis. Sawo mengandung banyak karbohidrat karena terdapat 20% gula dalam satu buah sawo. Selain itu, sawo mengadung Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C dan potasium yang tinggi, dan baik untuk kesehatan pembuluh darah.

2. Kesemek
Siapa yang tidak tahu buah kesemek? Buah ini seperti menggunakan bedak pada kulitnya. Kandungan flouride yang tinggi berguna untuk menjaga kesehatan gigi, gusi dan mulut.

3. Jeruk Bali
Bentuk jeruk bali seperti jeruk biasa, hanya berukuran lebih besar serta memiliki kulit yang tebal dan lembut seperti spons. Kandungan flavonoid, pektin dan likopen yang terkandung di dalamnya membuat jeruk bali bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, mencegah anemia dan mengurangi resiko penyakit jantung.

4. Jambu Air
Buah ini berbentuk seperti kerucut, berwarna merah muda atau hijau. Kandungan air yang tinggi sangat bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit. Jambu air juga mengandung vitamin A, vitamin C, kalsium dan protein.

5. Jambu Biji Merah
Buah ini mengandung vitamin C yang sangat tinggi, selain kandungan kalsium, zat besi, fosfor, vitamin A dan B1. Dianjurkan agar mengonsumsi buah ini bersama kulitnya, karena daging jambu biji merah yang dekat dengan kulit ini paling banyak mengandung vitamin C.

6. Duku
Buah ini berbentuk bulat kecil dan berwarna coklat muda, daging buahnya cenderung bening. Duku mengandung banyak kalsium, fosfor dan zat besi. Duku berguna untuk sistem pencernaan dan mengobati diare.

7. Belimbing
Buah belimbing jika dipotong melintang, maka irisannya akan berbentuk bintang. Banyak mengandung vitamin C dan E yang bermanfaat untuk antioksidan, kecantikan kulit, menurunkan tekanan darah bagi penderita hipertensi.

8. Manggis
Kulit buah manggis berwarna ungu kehitaman, sementara buah di dalamnya berwarna putih bersih. Manggis memiliki kandungan antioksidan, antivirus dan antibiotik yang tinggi.

9.Sirsak
Biasanya buah sirsak dikonsumsi dengan menambahkan gula atau sirop, atau diolah menjadi jus. Rasanya asam segar. Dengan kulit berwarna hijau dan daging berwarna putih ini, sirsak bermanfaat mengatur kadar gula dalam darah dan melawan bakteri dalam tubuh. Daun sirsak bermanfaat untuk mencegah kanker. (sirsak kanker)

10. Salak
Ciri khas salak adalah kulitnya yang berwarna coklat dan bersisik. Daging buahnya berwarna kekuningan dengan rasa yang manis dan bertekstur renyah. Buah ini dapat meringankan diare. Oleh karenanya, dianjurkan agar kita tidak terlalu banyak mengonsumsinya, agar tidak mengalami kesulitan buang air besar.

11. Rambutan
Sesuai dengan namanya, buah ini memiliki ‘rambut’ di kulitnya yang berwarna merah. Kandungan antioksidan di dalam daging buahnya sangat tinggi.

12. Nanas
Kandungan serat yang tinggi dalam buah yang memiliki mata dan mahkota ini bermanfaat untuk membantu mengatasi masalah penyempitan pembuluh darah karena tumpukan lemak, serta membantu pencernaan.

13. Pepaya
Kandungan enzim papain dan serat dalam pepaya sangat bermanfaat untuk membantu mengatasi masalah lambung dan gangguan pencernaan, sehingga dapat memperlancar buang air besar dan mencegah wasir. Kandungan vitamin C di dalamnya bermanfaat untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh dan mencegah berbagai serangan penyakit. Sementara kandungan vitamin A dapat membantu meningkatkan fungsi pengelihatan. Buah pepaya bermanfaat juga sebagai detoksifikasi alami, membersihkan racun dalam tubuh dan kandungan magnesiumnya bermanfaat untuk merawat kulit, menghilangkan jerawat, serta mempercepat penyembuhan luka.

14. Mangga
Mangga adalah salah satu buah yang paling digemari. Dagingnya yang berwarna kuning atau oranye ini mengandung vitamin C dan serat yang tinggi, sehingga bermanfaat untuk kesehatan kulit dan mengendalikan tekanan darah

Nah, ternyata kandungan nutrisi dalam buah lokal tidak kalah hebatnya bukan? Kelebihan lainnya adalah harganya yang relatif murah daripada buah-buahan impor, dan jenisnya yang lebih bervariasi.

Jadi, jangan ragu-ragu lagi ya mengonsumsi buah-buahan lokal Indonesia.

Sumber: DokterGaul.Com