Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Bunda Cerdas Tahu Nutrisi untuk Anak Cerdas

Oleh Rindangchi 01 Feb 2012

Anak cerdas dan berprestasi pasti menjadi kebanggaan bagi orang tuanya, bukan hanya nama si anak yang akan dikenal oleh banyak orang, namun siapa orang tua si anak pasti juga menjadi pertanyaan. Sebagai seorang ibu, anda pasti selalu mendambakan memiliki anak yang cerdas dan berprestasi. Kecerdasan anak memang bisa dipengaruhi oleh faktor genetik atau keturunan dari kedua orang tuanya. Namun, tahukan bunda bahwa nutrisi selama hamil dan menyusui serta kondisi lingkungan dan keluarga juga sangat mempengaruhi kecerdasan sang buah hati? 

Mungkin banyak bunda yang belum sadar akan hal tersebut, nah kini sudah banyak media-media, baik cetak maupun elektronik yang bisa dijadikan referensi untuk merawat dan meningkatkan kecerdasan si buah hati. Ibu yang cerdas selalu tahu dan selalu ingin tahu mengenai tips-tips serta wejangan untuk meningkatkan kecerdasan buah hatinya. Nutrisi untuk meningkatkan kecerdasan si buah hati tidak hanya diberikan pada saat mereka sudah lahir, namun akan lebih baik lagi jika nutrisi tersebut sudah diberikan saat mereka masih ada dalam kandungan. Ibu yang cerdas selalu aktif dan tanggap akan perkembangan si buah hati. 

Bunda harus tahu jenis-jenis makanan yang bergizi, serta porsi yang sesuai dan memadai untuk kesehatan bunda dan buah hati. Jangan sampai bunda telat makan atau malnutrisi, kebutuhan makanan yang sesuai dengan standar empat sehat lima sempurna juga sangat penting untuk bunda selama masa kehamilan. Bunda juga harus sering kontrol ke dokter serta bertanya mengenai nutrisi yang tepat dan sesuai.

Hal kedua adalah pemberian ASI secara eksklusif kepada si buah hati, jangan sampai kesibukan bunda sebagai wanita karier membuat bunda lupa akan tugas pokoknya sebagai seorang ibu. Pemberian ASI eksklusif saja tidak cukup, buah hati juga harus sudah mulai dibiasakan untuk minum susu formula, namun dalam jumlah yang sangat sedikit. Bunda juga harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi, jangan sampai bunda terlalu banyak makan makanan cepat saji atau junk food, akan lebih baik jika bunda mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung protein dan mineral, serta beberapa jenis makanan yang bisa memperlancar produksi ASI, seperti bayam dan kacang hijau. Menurut mitos dan penelitian, ASI berpengaruh cukup besar untuk kecerdasan anak.

Hal ketiga, ketika sang buah hati sudah mulai berusia balita jangan sampai lengah memberi makanan yang bernutrisi. Pemberian susu secara teratur setiap dua kali sehari serta selalu membiasakan mereka untuk makan sayur dan buah-buahan. Bunda bisa menyajikan makanan untuk sang balita dengan tampilan yang menarik agar si anak selalu nafsu makan, jika sempat sebaiknya bunda sendiri yang memasak makanan untuk si buah hati dan bunda juga ikut menemani buah hati makan. Yang tidak kalah pentingnya, bunda harus membiasakan si anak untuk makan makanan yang banyak mengandung protein, seperti daging ikan salmon atau telur. Makanan yang mengandung protein sangat baik untuk perkembangan otak anak. Membiasakan anak untuk selalu sarapan pagi juga merupakan hal yang sangat penting meskipun terdengar sepele.

Yang terakhir adalah nutrisi kasih sayang dari keluarga, Kecerdasan juga dipengaruhi oleh faktor eksternal, kondisi keluarga yang harmonis sangat berpeluang besar melahirkan anak-anak yang cerdas.

Nah, itu sedikit tips dari saya semoga bermanfaat, jika anda memiliki tips-tips lain, anda bisa ikut berpartisipasi di “Lomba Blog NuB” . Terima kasih :D