Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Bunda Sehat, Akupun Sehat

Oleh harnadi hajri 15 Feb 2012

Tak terasa usiaku sudah beranjak dewasa, dari yang dulunya hanya bayi mungil yang bisa menangis, tersenyum dan tertawa, sekarang aku sudah menjadi pemuda tangguh nan gagah perkasa.

Yaa, tak heran memang, setiap manusia yang dilahirkan di dunia ini pasti menjalani proses tersebut, mulai dari bayi yang baru dilahirkan dari rahim bunda tercinta, menjadi balita dan kanak-kanak, kemudian tumbuh dan berkembang menjadi anak-anak dan akhirnya menjadi sosok pemuda dan pemudi sempurna yang telah matang.

Lantas siapakah sosok yang telah berjasa menjaga kita sampai saat ini, sehingga kita dapat tumbuh dan berkembang menjadi pribadi dewasa, tentu saja tiada lain adalah bunda tercinta, yang sejak kita dilahirkan telah memberikan perhatian, dan segenap kasih dan sayangnya, bunda yang telah menyusui kita dengan ASInya selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun demi terjaganya nutrisi dan kesehatan kita.

Tentu saja, kesehatan kita sangat dipengaruhi oleh kesehatan bunda tercinta, karena apa yang ada didalam tubuh kita awalnya adalah berasal dari tubuh sang bunda, jika kita sedikit menghayati ketika kita masih berada didalam kandungan, seluruh nutrisi yang kita butuhkan ketika kita menjadi janin tidak lain adalah berasal dari nutrisi yang ada dalam tubuh bunda tercinta.

Kemudian ketika kita dilahirkan kedunia ini, nutrisi yang paling baik untuk kita adalah ASI, dan bunda tercinta telah memberikan ASInya kepada kita selama berbulan-bulan bahkan bertahun tahun.

Agar menjadi bayi yang sehat tentu saja sangat dipengaruhi oleh kesehatan bunda juga, karena dengan bunda yang sehat, nutrisi yang ada didalam tubuh bunda akan terjaga kesehatannya, dan ASI yang dikeluarkan oleh tubuh sang bunda juga pasti sehat dan bernutrisi tinggi. selain itu bunda yang sehat juga dapat menjaga sang bayi dengan penuh perhatian dan kasih sayang sehingga sang bayi dapat tumbuh kembang dengan maksimal.

Kesehatan bunda dan bayi tentu sangat dipengaruhi oleh perawatan yang dilakukan semenjak awal kehamilan, pada saat kehamilan, dan setelah melahirkan / ketika menyusui. seperti yang diungkapkan bundaku tercinta, ternyata ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh bunda selama proses kehamilan dan menyusui yaitu : 

  • Kebiasaan makan-makanan yang sehat, buah buahan dan sayur mayur
  • Olahraga ringan seperti senam hamil
  • Pemeriksaan kesehatan atau posyandu sesuai dengan jadwal
  • Menjaga kebersihan badan dan
  • Menambah nutrisi dan suplemeen tambahan seperti susu untuk ibu hamil dan meyusui seperti Lactamil dll
 
itulah beberapa hal yang biasa dilakukan bundaku sehingga aku menjadi sehat ketika aku dilahirkan. semoga tips dari bundaku tersebut dapat juga dilakukan dan dijadikan panutan oleh bunda-bunda yang lainnya sehingga memiliki bayi yang sehat.

kesehatan ibu memang sangat mempengaruhi kesehatan bayi, dan kita sudah mendengar banyak sekali kabar baik dari televisi maupun media lainnya, terkait dengan kelahiran bayi-bayi yang tidak normal ketika dilahirkan, baik yang cacat ataupun dalam kondisi sakit, bahkan adapula yang meninggal pada saat melahirkan, hal itu tiada lain karena kurangnya perhatian ibu terhadap kesehatan dirinya ketika dalam proses awal kehamilan sampai pada saat mengandung, terutama dalam menjaga asupan nutrisi maupun menjaga kesehatan tubuhnya.

Sudah saatnya kita sadar akan pentingnya kesehatan diri sendiri sehingga dapat terwujud keluarga yang sehat. ayo dukung bunda, kesehatan bunda kesehatan kita.

Semoga bermanfaat..


Tulisan ini murni karya sendiri, dan dimaksudkan untuk mengikuti blog writing competition yang diadakan oleh sari husada Nutrisi untuk Bangsa.

Bagi yang berminat ikutan silahkan baca di http://nutrisiuntukbangsa.org/blog-writing-competition/