Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Bunda yang sehat. Keluarga yang bahagia.

Oleh Irfan Ilman 14 Mar 2012

Impian seorang pria adalah memiliki keluarga bahagia dengan istri dan anak yang sehat. Tapi tentunya, sebuah impian hanya akan menjadi angan belaka tanpa adanya usaha dan pengetahuan yang cukup tentang kesehatan dan nutrisi. Sebagai lelaki yang nanti tentu akan menjadi seorang ayah, buat saya penting mengetahui kebutuhan apa yang harus dipenuhi oleh istri saya nanti (yang entah siapa) agar menjadi bunda yang tercukupi nutrisinya. Kenapa? Ini penting untuk keutuhan sebuah keluarga. Bunda yang sehat merupakan salah satu kunci keluarga yang bahagia. Karena bunda yang akan mengurus anak nanti dan juga menjadi supporter plus pelengkap keutuhan seorang suami dalam perannya di keluarga.
Berhubung saya belum memiliki istri, maka inilah ‘tips’ hal-hal yang akan saya lakukan sebagai suami yang mendukung istrinya menjadi Seorang bunda yang sehat:
 
1. Belajar.
    Bukan bicara tentang ilmu penunjang anda bekerja, tapi belajar tentang nutrisi yang baik untuk mencukupi kebutuhan seorang bunda. Kebutuhan gizi saat hamil, masa setelah melahirkan, dan masa menyusui berbeda. Menurut artikel yang saya baca, kebutuhan nutrisi saat hamil meningkat dua kali lipat. Dengan mengetahui hal ini, cobalah membeli kebutuhan bunda di supermarket setelah pulang kantor. Selain romantis ini menunjukkan kepedulian anda sebagai suami. Siapa tau bonus ciuman dari istri anda :)
 
2.Peduli.
   Kehamilan membuat seorang ibu memiliki banyak keinginan. Mengidam es krim, rujak, dan lain lain. Memenuhi keinginan istri menjadi nilai plus untuk seorang suami dan itu menjaga psikis seorang istri menjadi lebih stabil. Perasaan “merasa diperhatikan” tentu membuatnya bahagia yang berefek pada kesehatan mental dan tubuh.
 
3. Reminder.
    Jika istri menjadi pelupa atau malas, inilah waktu kita, suami, untuk menjadi reminder. Tanya dan ingatkan istri kita, sudahkah mereka minum susu ibu hamil, sudahkah makan suplemen, sudahkah makan-makanan yang bergizi, dan ingatkanlah hal penting lainnya.
 
   Demikianlah tiga hal yang dapat anda lakukan sebagai suami untuk membantu istri anda menjadi bunda yang sehat. Saya tidak berbicara tentang nutrisi. Itu bukan bidang saya. Tapi seharusnya anda bisa mencarinya via search engine, bukan? Sekalian melakukan tips poin pertama di atas. Menjadi seorang bunda bukanlah hal yang mudah. Support suami menjadi sangat penting dalam sebuah keluarga. Jangan hanya sibuk mencari uang, dan hanya tau memberi uang. Memberi perhatian jauh lebih penting. Maka pesan saya untuk para suami, Ayo dukung bunda, kesehatan bunda kesehatan kita ! 
 
 
 
 
NB: artikel ini dilombakan dalam kontes http://nutrisiuntukbangsa.org/blog-writing-competition/