Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Bundaku sehat, Negeriku sehat

Oleh atyra 26 Feb 2012

Kesehatan selalu menjadi faktor pendukung utama dalam melakukan segala aktivitas keseharian. Tak mengenal siapapun itu, Namun dalam proses hadirnya kita di dunia, kesehatan ibu menjadi faktor yang terpenting agar melahirkan tunas-tunas bangsa yang sehat dan berkualitas. Awal mulanya dari proses merencanakan kehamilan, saat masa kehamilan dan setelah proses persalinan. Anak-anak yang sehat sangat didukung oleh asupan nutrisi dari dan selama dihamilkan dan setelah dilahirkan. Dan hal ini tentupula tergantung pada kondisi kesehatan seorang ibu sebagai seseorang yang mengandung dan mendidik kita. Baik itu kesehatan fisik maupun mental.

Banyak hal yang perlu diperhatikan dalam proses ini, utamanya pada saat kehamilan. Kebutuhan akan makanan – makanan bergizi menjadi mutlak dikonsumsi. Dan tentunya kita tak lepas dari konsumsi nutrisi dasar yaitu, karbohhidrat, protein, vitamin dan mineral. Ibu hamil membutuhkan 300 kalori per harinya untuk memenuhi kebutuhan perkembangan diri ibu dan janin yang dikandung. Lalu kemana memperolehnya…??

Sumber-sumber makanan bisa diperoleh dari Gandum, kacang-kacangan, salmon, yoghurt rendah lemak, berries, dan telur. Sumber makanan tersebut mengandung sejumlah kalsium, magnesium, yodium, zat besi , Vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin B6, Vitamin B12 dan Asam folat. Namun, dalam mengkonsumsi nya perlu diperhatikan pula keseimbangannya. Dalam artian bahwa tidak berlebihan, contohnya seperti konsumsi vitamin A yang berlebihan dapat dapat menyababkan cacat dan keracunan liver bayi dalam kandungan.

Nah, hal tersebut kita tinjau dari segi nutrisi atau makannan yang dikonsumsi. Bagaimana segi kesehatan yang lain. Hal ini tentu tidaklah cukup jika dipandang dari satu sisi misalnya nutrisi. Sumber Kesehatan yang kedua yang sangat menunjang adalah kesehatan jiwa atau psikis seorang ibu. Dalam hal ini seorang ibu harus memiliki keseimbangan emosional dalam masa kehamilan, seperti tidak stress. Karena dengan stress akan memacu peningkatan hormon kortisol yang berbahaya bagi kesehatan ibu dan janin. Selain itu pula dampak negatif dari stres ini akan mempengaruhi nafsu makan ,rasa lemah, kurang tidur, tekanan darah tinggi, sakit jantung dan juga memperendah kekebalan tubuh terhadap infeksi, yang tentu kesemuanya sangat berpengaruh sekali pada perkembangan tubuh janin dalam  masa kehamilan.

Dari hal-hal tersebut, sedikit banyak kita bisa mengetahui bahwa betapa pentingnya menjaga kesehatan ibu kita. Karena kesehatan ibu adalah kesehatan anak, kesehatan negeri. Anak-anak yang terlahir sehat tentu memberikan sumbangsi lebih buat negeri. Dalam artian anak akan melahirkan karya-karya yang bermanfaat dan berpotensi untuk perkembangan dan kemajuan bangsa.

Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba Blog Writing Competition dengan tema “Ayo Dukung Bunda: Kesehatan Bunda Kesehatan Kita” dan membagi informasi kepada sesama

Sumber :

  • (http://milissehat.web.id/?p=1407)
  • http://www.sarihusada.co.id/ina/news-detail/9613082011093523/6-makanan-wajib-untuk-ibu-hamil/
  • http://www.bidankita.com/index.php?option=com_content&view=article&id=90:stres-dalam-kehamilan&catid=43:pregnant-hope&Itemid=55