Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Calon Ibu yang Hebat Untuk Calon Pemimpin Masa Depan

Oleh maria peristiwati 01 Oct 2013

Orang tua saya terutama ibu selalu mengajarkan anak-anaknya menjadi seseorang yang mandiri yang tidak mudah menyerah dalam suatu kondisi apapun. Tetapi menurut saya dengan berkata seperti itu bukan berarti dia melepas tanggung jawab sebagai pelindung bagi anaknya, ibu masih memberikan kasih sayang dan dorongan untuk menjadi seseorang yang lebih baik setiap harinya. Kasih sayangnya begitu besar dan saya dapat merasakan kasih sayang tersebut karena ibu menjalin kedekatan secara fisik maupun emosional dengan anak-anaknya, kedua orang tua saya terutama ibu berperan tidak hanya sebagai orang tua yang memenuhi kewajibannya semata tetapi juga berperan sebagai sahabat. Disamping dorongan ibu untuk selalu mandiri dan bertanggung jawab terhadap diri sendiri dalam berbagai kondisi,beliau juga selalu berpesan agar tidak melupakan interaksi dan hubungan sosial yang baik kepada orang dan alam disekeliling saya. Menurut beliau dengan menjalin dan menjaga hubungan yang baik kita belajar menjadi manusia yang bukan individual tetapi menjadi manusia yang sadar bahwa kita makhluk sosial yang saling membutuhkan sehingga kelak tidak menjadi orang yang sombong dan lupa pada lingkungan sekitarnya. 
Belajar dari ibu saya kelak nantinya ketika saya menikah dan mempunyai anak, saya ingin menjadi ibu yang baik bagi anak saya seperti ibu saya.Untuk itu perlu banyak hal yang harus dilakukan salah satunya adalah dengan belajar menjadi ibu yang baik, dalam hal ini peran ibu bukan hanya menjadi orang tua tetapi juga sahabat bagi si kecil. Dengan menjadi sahabat seorang ibu akan lebih dekat dengan buah hatinya,dan tentunya buah hati akan lebih merasa nyaman dan dapat menjadi seorang anak yang ceria dan terbuka.Adanya kedekatan inilah yang memunculkan suatu kedekatan yang tidak hanya melalui fisik tetapi juga emosional. Yangingin saya lakukan pada calon buah hati saya adalah:
 
  • Saya belajar untuk menjadi sahabat dalam artian zona aman bagi si kecil. Dengan menjadi sahabat terdekatnya saya akan lebih mudah dalam memberikan motivasi baginya untuk menjadi anak yang percaya diri. Dengan memupuk kepercayaan diri sejak dini akan membuat si kecil tidak menjadi anak yang minder. 
  • Memberi pelajaran tentang norma dan etika dimasyarakat. Agar si kecil mengerti aturan apa saja yang ada dilingkungannya sehingga dia dapat beradaptasi terhadap lingkungaan sekitar. Contohnya dimulai dari yang sederhana seperti mengucapakan terimakasih, dan bertegur sapa serta tersenyum kepada orang yang dia kenal. Pelajaran awal ini juga sebagai pelajaran bagaimana dia berinteraksi yang baik dengan orang lain. Disamping itu juga diajari bagaiman menjalin hubungan yang baik dengan orang sekitar seperti belajar saling menghargai dan menghormati orang disekitarnya.
  • Mengajari untuk mandiri yang salah satu contoh sederhananya adalah mengajari untuk tidur sendiri meskipun kadang anak kecil suka merimajinasi seperti takut tidur sendiri karena ana hantu contohnya, kita sebagai orang tua harus membuat dia percaya bahwa Tuhan selalu ada untuk itu sebelum tidur sendiri diajarkan untuk berdoa. Disamping pembelajaran tentang mandiri hal ini juga suatu bentuk pembelajaran agama.
  • Megajari dia pendidikan agama yang bertujuan pembentukan religiusnya. Dalam hal ini si kecil diajari hal-hal kecil mengenai agama seperti contoh sederhananya adalah memberi contoh kewajiban berdoa kepada Tuhan ketika mau tidur atau mau makan. Disamping itu saya ingin juga mendekatkan anak saya nantinya dengan lingkungan alam sekitar, agar dia menjadi seorang yang peduli terhadap alam salah satu contoh sederhana adalah menyayangi binatang dan tumbuhan serta menjaga alam sekitarnya seperti tidak membuang sampah sembarangan 
  • Mengajari bertanggung jawab dengan kewajibannya dimulai seperti mengerjakan tugas sekolah dan belajar.
 Dalam membesarkan buah hati saya nantinya ,saya sebagai calon ibu nantinya berkewajiban untuk selalu mendampingi buah hati saya nantinya dan berusaha memberi yang terbaik, karena calon pemimpin yang hebat dimulai dari belajar  ibu yang hebat :))