Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Cengkir Itu Terbelah Dua Sama Besar, Artinya....

Oleh Dhina Mustikaningrum 13 Feb 2014

Dear Diary…

Orang Jawa bilang “pitung ulan iku mbalik enom maneh”. Yang bermakna Kehamilan itu kembali muda di usia 7 bulan, jadi jaga baik-baik. Ya, acara 7 bulanan mama lekat dengan tradisi Jawa. “Sesajen” yang wajib ada, cengkir (kelapa muda warna kuning) dan rujak. Rujak ini tidak boleh melewatkan sabut cengkir, buah delima, dan jeruk bali.

Ayah sang calon bayi, harus membelah 2 buah cengkir yang kulitnya sudah dilukis tokoh pewayangan jawa. Satu cengkir berlukiskan Srikandi, dan satu lagi Arjuna. Sebuah doa pastinya. Disaksikan beberapa pasang mata, cengkir bergambar Arjuna adalah cengkir pertama pilihan suamiku untuk dibelah… prok!!! Cengkir itu pun terbelah dua sama besar, artinya “Wah… anak kalian nanti laki-laki..” seru mereka. Amin… Meskipun agak bertanya dalam hati, bukankah hasil USG (bukan USG 3 dimensi) beberapa kali menyebutkan bahwa anak kami kelak perempuan? Ah… lupakan, namanya juga tradisi, dijalanin saja.

Syukur tak terhingga saya bisa melewati masa sulit awal kehamilan, dimana saya mengalami morning sickness yang membuat saya kehilangan 4 kg berat badan pada 4 bulan pertama. Perlahan-lahan naik dan aktivitas bayiku di usia kehamilan 7 bulan ini membuat sensasi hamil begitu membahagiakan. Oh ya, akhirnya anak kami lahir laki-laki, tepat seperti prediksi 7 bulanan mama.