Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Dukung #KesehatanBunda bersama Sari Husada

Oleh Imam Sahal 14 Mar 2012

 

 

“What Your Eat Is Your Baby Future” Dr Aria Wibawa, S.pOG (K)

Hashtag #kesehatanbunda yang menjadi judul artikel ini berawal dari testimony bapak dokter diatas. Selanjutnya saya terinpirasi untuk menggali informasi lebih dalam mengenai kesehatan bunda.

Jika anda bertanya mengenai apa dan bagaimana tentang kesehatan bunda, silahkan buka Google. Ada jutaan artikel yang membahasnya. Saya disini tidak akan mengulang informasi yang sama yang bisa anda temukan sendiri. [karena kebanyakan yang menulis artikel info tersebut terjebak dalam kondisi copy-paste]. Saya ingin share artikel mengenai kesehatan bunda yang telah nyata diaktualisasikan oleh Sari Husada.

Siapa sih Sari Husada?

Sari Husada: Nutrisi Untuk Bangsa adalah salah satu ide gerakan sosial yang terjun membidangi masalah kesehatan bunda, gizi dan bayi. Sari Husada lahir dan eksis memberi informasi, penyuluhan, kegiatan CSR dan seminar-seminar seputar kesehatan bunda. Selain itu juga aktif menggalakkan gerakan memperhatikan kondisi gizi bagi ibu dan bayi. Informasi yang disediakan oleh Sari Husada terbilang integrated dan mudah dicerna oleh masyarakat.

Gerakan Nutrisi Untuk Bangsa lahir sebagai bentuk kepedulian terhadap permasalahan gizi di Indonesia. Dengan gerakan ini diharapkan masyarakat dan pemerintah lebih proaktif memperhatikan masalah gizi.

Apa yang menjadi kegelisahan Sari Husada: Nutrisi Untuk Bangsa?

Dalam pengantar situs Sari Husada, dijelaskan bahwa kondisi kesehatan ibu dan bayi saat ini sangat memperhatinkan. Masyarakat dan pemerintah kurang memberi perhatian terhadap hal ini. Padahal kesehatan bunda saat hamil sangat berpengaruh terhadap kesehatan bayinya kelak. Termasuk juga setelah lahir, kedua aspek ini senantiasa saling mempengaruhi.

Sari Husada juga menegaskan bahwa aspek gizi bagi ibu hamil sering terlupakan bahkan terbengkalai. Sehingga bisa berakibat fatal terhadap kesehatan janin yang dikandungnya. Selain itu banyak ditemukan kasus partumbuhan anak yang tidak tumbuh secara optimal yang dipengaruhi asupan gizi yang kurang. Problem-problem inilah yang mendasari gerakan ini.

“Gerakan Nutrisi Bangsa Bukan Gerakan yang ambisius, sama sekali tidak” Sari Husada: Nutrisi untuk Bangsa

Apa yang harus kita lakukan?

Bersama Sari Husada: Nutrisi Untuk Bangsa, maka kita bisa mencari solusi terbaik untuk mengentaskan permasalahan ini. Sebagaimana yang menjadi Deklarasi Gerakan Nutrisi untuk Bangsa , tujuannya tentunya agar dapat mengurangi bahkan menghentikan persoalan kekurangan gizi ini.

Tindakan kongkrit solusi permasalaha gizi ini sebagaimana yang dikampanyekan Sari Husada: Nutrisi Untuk Bangsa adalah sebagai berikut:
Pertama, Memperbanyak Akses dan Fasilitas

Maksudnya adalah dengan memastikan dan memfasilitasi masyarakat untuk dapat menjangkau Nutrisi dengan mudah. Salah satu bentuk kongkritnya adalah dengan pengadaan “Pojok ASI” bagi para ibu menyusui. Hal ini dapat mempermudah para ibu menyusui untuk tetap memberi asupan ASI yang bergizi tinggi untuk bayi mereka. Selain itu juga dengan pengadaan bantuan makanan bergizi dari pemerintah yang alokasinya dikhususkan bagi para ibu menyusui.

Kedua, Sosialisasi yang Sistematis dan Continue

Maksudnya adalah gerakan ini harus selalu memberi informasi sebanyak-banyaknya kepada masyarkat luas. Dengan begitu diharapkan masyarakat akan lebih memperhatikan permasalah gizi ini. Salah satu bentuk kongkrit yang dilakukan oleh Sari Husada: Nutrisi Untuk Bangsa adalah dengan mengadakan seminar-seminar kesehatan gizi. Salah satunya seminar Nutritalk: dengan tema “Early Life Nutrition and Childhood Obesity- Challenges and Opportunities” yang menghadirkan pembicara  Prof. W. Philip T. James, M.D., Ph.D.  diharapkan dengan banyaknya seminar-seminar semacam itu dapat memberi banyak informasi kepada masyarakat.

Selain itu, tindakan solusi nyata dari Sari Husada untuk mengentaskan krisis gizi ini juga dengan memberi penghargaan terhadap para bidan yang berjasa memberi penyuluhan kepada masyarakat. Sehingga tercetuslah sebuah kegiatan “Bidan Inspirasional Srikandi Award 2011”. Tidak hanya sampai disitu, Sari Husada juga bergerak dalam kegiatan CSR dengan membantu korban lereng merapi dan membuat posko nutrisi di daerah Yogyakarta.

Dengan kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan bisa mengurangi kasus malnutrisi dan krisis gizi di Indonesia. Semoga!!!

“Bergabunglah bersama Sari Husada, jadilah volunteer kesehatan nutrisi!!” Mahesa-Aktivis Kesehatan Yogya

Langkah kita sekarang?

Bergabunglah bersama #kesehatanbunda yang menjadi salah satu wacana Deklarasi Gerakan Nutrisi Untuk Bangsa. Bersama Sari Husada: Nutrisi Untuk Bangsa kita bisa sedikit demi sedikit mengurangi permasalah gizi dan nutrisi bangsa kita.

Dukung #kesehatanbunda bersama Sari Husada: Nutrisi Untuk Bangsa.

TerminalInformasi

artikel ini merupakan salah satu artikel lomba Blog Writing Competition. Tag: Lomba Blog NuB

Sumber artikel sepenuhnya dari situs: http://nutrisiuntukbangsa.org

9 Komentar

29 Mar 2012 15:30

_lanjut atas shukka kang,,,,

Yadi Mulyadi

21 Mar 2012 18:12

good,,, kaum adam tapi gag tengsin wat posting about ke-feminin-an

Imam Sahal

20 Mar 2012 11:44

makasih semuanya... memang seharusnya kita mendukung gerakan ini demi indonesia yg lebih baik. mari kita jaga kesehatan bunda!!!

20 Mar 2012 09:08

mantap mas bro, kesehatan bunda memang harus selalu diperhatikan apalagi yang menulis artikel ini hehehe

20 Mar 2012 08:23

kegiatan yang bagus dan harus d lestarikan ni...........

20 Mar 2012 08:14

hmmmm.... keren bgt tu, kayaknya perlu bgt diteruskan, tetep semangat!!!!!!!!!

20 Mar 2012 07:27

lanjutkan terus... kyaknya program ini oke juga deh... hehehe

20 Mar 2012 07:24

Kesehatan Ibu : Kesehatan Calon penerus Bangsa.... Mantabzzzz....

15 Mar 2012 21:45

wah wah lanjutkan perjuangan membela kesehatan bunda y hehe inspiratif bgt