Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Efek Kurang Tidur

Oleh Nutrisi Bangsa 19 Jun 2014

ptg02568600

Sahabat nutrisi,

Seharusnya seseorang tidur selama 7 sampai 8 jam dalam sehari. Akan tetapi, sering kali karena berbagai hal, waktu tidur pun berkurang.

Apalagi di musim piala dunia seperti sekarang ini. Hampir dapat dipastikan banyak sahabat nutrisi, terutama pecinta bola, yang rela mengurangi waktu tidur demi menonton acara kesayangan. Terlebih lagi karena perbedaan waktu yang cukup jauh, antara Indonesia dengan Brazil.

Padahal kurang tidur akan mengakibatkan berbagai efek negatif bagi tubuh. Di antaranya adalah:

1. Berat badan bertambah. Kurang tidur akan mengakibatkan gangguan metabolisme, hal ini akan menyebabkan penambahan berat badan. Apalagi jika ditambah dengan mengonsumsi berbagai cemilan.

2. Lemahnya sistem imun. Tidur yang terlalu larut, yang menyebabkan kurang tidur, akan mengakibatkan hancurnya sel-sel darah putih yang berguna untuk kekebalan tubuh.

3. Penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Penambahan berat badan biasanya berbanding lurus dengan timbulnya penyakit jantung atau darah tinggi.

4. Diabetes. Kurang ataupun terlambat tidur dapat merusak hormon dalam tubuh, yang dapat membuat tubuh tidak toleran terhadap glukosa karena jumlah insulin yang dihasilkan tubuh menurun. Oleh karena itu, anda berisiko mengalami diabetes.

5. Sakit kepala. Kurang istirahat atau kurang tidur dapat menyebabkan anda mengalami gegar otak kecil. Hal ini yang mengakibatkan anda mengalami pusing atau perasaan tidak nyaman ketika bangun tidur setelah tidur larut.

6. Refleks lemah. Tentu saja kurang tidur dapat mempengaruhi sistem saraf pusat, yang mengakibatkan lemahnya sistem refleks.

Nah, tentunya sahabat nutrisi dapat mengatur waktu tidur dengan bijak selama Piala Dunia berlangsung ya..

Sumber: Detik

1 Komentar

25 Jun 2014 19:06

waduhhh kayaknya aku kalo tidur nggak sampe 7 jam deh -_- semoga saja tetap sehat

Nutrisi Bangsa

26 Jun 2014 16:46

Wah.. kalau malam kurang tidur, usahakan siangnya istirahat sejenak ya.. :)