Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Empati, Aksi dan Nutrisi Untuk Korban Merapi

Oleh Nutrisi Untuk Bangsa 25 Nov 2010

Bencana letusan Gunung Merapi yang terjadi baru-baru ini tidak hanya menimbulkan duka yang mendalam namun juga membangkitkan rasa simpati serta kebersamaan dari beragam kalangan untuk bisa membantu warga sekitar merapi bangkit dan menata kembali kehidupan mereka. Puluhan ribu warga sempat tinggal berhari-hari di pengungsian dengan segala keterbatasannya.

Sebagai perusahaan nutrisi yang memiliki akar sejarah serta lokasi produksi yang tidak jauh dari wilayah Merapi, Sari Husada berperan aktif dalam upaya membantu korban bencana Letusan Gunung Merapi. Upaya ini dilakukan secara langsung dalam bentuk Posko Nutrisi Untuk Bangsa maupun melalui kerjasama dengan beberapa mitra yang memiliki kepedulian serupa.

Pelayanan nutrisi dilakukan di 150 Posko Nutrisi Untuk Bangsa yang tersebar di berbagai lokasi pengungsia. Untuk memenuhi kecukupan gizi ribuan anak yang tinggal di pengungsian, dilakukan pengiriman mobile free drink, penyediaan fasilitas Mobil Sehat, serta bantuan dana untuk penyediaan pakan sapi milik pengungsi melalui koperasi.

“Posko Nutrisi Untuk Bangsa merupakan posko yang didirikan untuk membantu pengungsi korban merapi memperoleh asupan makanan dan minuman bernutrisi melalui kerjasama dengan PKPU sebagai mitra LSM. Para pengungsi di Posko ini juga mendapatkan edukasi tentang nutrisi yang seimbang dari para relawan kami. Posko-Posko Nutrisi Untuk Bangsa yang kami bangun telah membantu memenuhi kebutuhan asupan bernutrisi bagi ribuan pengungsi yang berlokasi di Boyolali, Jogja, Klaten dan Magelang selama mereka harus meninggalkan rumah”, kata Yeni Fatmawati, Corporate Affairs & Legal Director PT Sari Husada.

Sementara itu pengadaan mobile free drink dilakukan untuk memenuhi kebutuhan susu harian anak-anak yang ada di berbagai lokasi barak pengungsian. Sementara untuk membantu pemulihan kondisi psikologis korban bencana, terutama anak-anak, Sari Husada menyediakan children day care sebagai ajang anak-anak pengungsi untuk berkumpul, bermain dan belajar bersama teman sebaya dipandu para relawan.

Selain bantuan langsung serta melalui mitra LSM, bantuan SARI HUSADA juga disalurkan melalui lembaga pemerintahan baik melalui pemerintah daerah di Yogya dan Klaten maupun melalui tim bantuan dari instansi pemerintahan Pusat seperti Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

1 Komentar

Sabai

29 Nov 2010 11:15

Keren!! Apakah di Mentawai juga ada program serupa dari NUB?