Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

GIZI BAGI WANITA SEBELUM MEMASUKI MASA KEHAMILAN HINGGA MENYUSUI

Oleh Dwi Rakhmawati 04 Mar 2012

Pemilihan makanan dan minuman yang sehat bagi wanita perlu dilakukan sejak memasuki usia remaja. Hal ini berfungsi untuk pemenuhan gizi tubuh selanjutnya,dimana wanita akan mengalami masa kehamilan dan menyusui.

Sayur-sayuran yang berwarna hijau seperti bayam,kangkung,daun singkong dan daun pepaya mengandung banyak zat besi yang dapat mencegah anemia yangmana anemia sering diderita oleh wanita,dan membantu pembentukan sel-sel darah merah. Fungsi dari zat besi tidak hanya itu,menurut Rekomendasi Asupan Harian atau Recommended Daily Intake (RDI),zat besi untuk wanita hamil adalah 22-36 mg (10-20 mg lebih tinggi daripada wanita yang tidak hamil) (www.sehatgroup.web.id).  Jumlah kebutuhan tersebut dapat terpenuhi tergantung dari jumlah zat besi yang tersimpan pada tubuh seorang wanita sebelum ia hamil dibantu dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak zat besi pada saat hamil. Bila memang jumlah simpanan zat besi dalam tubuh tidak tercukupi maka perlu diberikan suplemen,namun perlu diingat suplemen zat besi dapat menyebabkan konstipasi.

Pemenuhan kalsium bagi wanita lebih tinggi daripada laki-laki. Hal ini disebabkan saat wanita memasuki masa kehamilan kebutuhan kalsium meningkat.  RDI menyimpulkan bahwa kalsium untuk wanita hamil adalah 1.100 mg (300 mg lebih tinggi daripada wanita yang tidak hamil) (www.sehatgroup.web.id). Kebutuhan ini diperlukan untuk membentuk dan memperkuat tulang dan gigi pada janin. Kebutuhan kalsium ini dapat terpenuhi dari “simpanan” kalsium sebelum memasuki masa kehamilan dan pengkonsumsian makanan dan minuman yang mengandung kalsium yang cukup. Apabila sebelum memasuki masa kehamilan “simpanan”kalsium tidak tercukupi dan pengkonsumsian makanan yang mengandung kalsium juga tidak dilakukan, maka untuk memenuhi kebutuhan kalsium tersebut diambil dari tulang ibu. Efek dari pengambilan kalsium dari tulang ibu adalah pengeroposan tulang atau biasa disebut osteoporosis. Makanlah sebutir tomat segar setiap hari atau mengkonsumsi produk yang terbuat dari susu. Karena keduanya mengandung banyak kalsium.

Saat wanita memasuki masa kehamilan pemenuhan gizi untuk tubuh lebih kompleks daripada sebelum memasuki masa kehamilan. Pada saat hamil hendaknya mengutamakan makanan yang segar dan alami seperti sayuran dan buah-buahan. Karena sayuran dan buah-buahan dapat membantu kelancaran metabolisme pada tubuh. Perlu diingat cara mencuci sayuran sebelum dimasak haruslah benar dan memasaknya harus benar pula. Supaya gizi yang terkandung didalamnya tidak banyak hilang. Taburi sedikit garam saat merebus sayuran supaya zat hijau dalam sayuran tidak hilang.

Mengkonsumsi produk yang terbuat dari susu adalah baik untuk wanita hamil. Karena susu adalah penyuplai lebih dari 25% dari kebutuhan kalsium ibu hamil, serta beberapa vitamin dan mineral lain yang diperlukan tubuh. Yogurt adalah produk susu yang memiliki manfaat besar. Kandungan probiotik yang cukup dalam yogurt dapat membantu pencernaan dan melindungi saluran pencernaan.

Berikut ini tabel jenis makanan dan kandungan gizi  dalam makanan bagi wanita hamil:

Jenis makanan

Kandungan gizi

Manfaat untuk tubuh

Serelia,umbi-umbian

Karbohidrat & lemak

Sebagai sumber zat tenaga yang menghasilkan kalori untuk digunakan dalam aktivitas sehari-hari

Daging,ikan,telur,kacang-kacangan

Protein

Protein berfungsi untuk menjaga dan memperbaiki jaringan sel dan memproduksi sel-sel darah.

Segala produk yang terbuat dari susu(keju,yogurt,susu untuk wanita hamil),margarine

Vit. A,D,E,kalsium

Susu memilki kandungan vitamin yang lengkap sehingga baiknya wanita hamil menkonsumsi makanan yang mengandung susu setiap hari untuk melengkapi kebutuhan vitamin yang belum tentu terpenuhi sepenuhnya dalam makanan.

Sayur-sayuran berdaun hijau,buah-buahan yang mengandung Vit.C,daging tanpa lemak,kismis

Zat besi

Menjadi sumber zat besi setiap harinya karena saat hamil zat besi dalam tubuh menurun akibat dari tidak mengalami haid dan perkembangan janin membutuhkan banyak zat besi.

Asparagus,kol,kembang kol,jus jeruk,kentang,ikan salmon,tomat,biji gandum,bawang Bombay,bayam,kacang yang dikeringkan,sayuran berwarna hijau gelap.

Asam folat

Membantu perkembangan sistem saraf dan sel darah,mengurangi resiko cacat bawaan pada susunan saraf pusat maupun otak janin dan gangguan pembentukan otak.

Biji-bijian,kacang-kacangan,ragi,minyak hati ikan,minyak sayur

Vit.B kompleks

Menjaga sistem saraf, otot dan jantung agar berfungsi secara normal.

Air putih,buah-buahan,sayur-sayuran

Mineral

Mineral berfungsi sebagai zat pengatur yaitu membagikan nutrisi ke seluruh tubuh dimana diperoleh dari makanan yang telah diolah dalam usus,meningkatkan sistem imunitas dalam tubuh, berperan dalam pembentukan jaringan sel pada janin.

Jangan biarkan perut kosong pada saat hamil,makan sedikit demi sedikit tetapi sering atau konsumsi camilan yang menyehatkan. Perhatikan pula penyakit yang diderita oleh wanita hamil,seperti kolesterol. Penyakit ini membutuhkan pengkonsumsian makanan yang rendah lemak. Ikan nila dapat dijadikan salah satu pilihan karena ikan nila mengandung kadar lemak rendah dan mengandung zat berguna lainnya seperti fosfor, niacin, selenium, vitamin B 12 dan potassium.

Wanita hamil perlu mengetahui makanan yang dilarang untuk dikonsumsi,demi keselamatan janin yang dikandung. Jenis makanan dibawah ini tidak layak dikonsumsi bukan karena penyakit yang diderita wanita hamil melainkan bakteri yang terkandung didalamnya. Berikut ini jenis makanan yang dilarang bagi wanita hamil :

Jenis Makanan

Nama Bakteri

Akibat untuk janin

Daging mentah atau kurang masak,sayuran yang tidak dicuci dengan baik,salad mentah

Toksoplasmosis

infeksi serius pada janin

Daging ayam,telur,hati ayam yang mentah atau kurang matang

salmonella

menyebabkan diare yang berat pada wanita hamil

Ikan tuna steak, ikan sea bass, shark, atau ikan-ikan berukuran besar

Mengandung merkuri yang tinggi

menyebabkan kerusakan saraf jika dimakan dalam jumlah besar.

Keju lunak,keju yang berasal dari susu kambing atau domba

listeria

Infeksi janin, keguguran,kelahiran premature, dan keracunan dalam darah

Minuman yang mengandung cafein

keguguran dan mengurangi penyerapan zat besi.

Memasuki masa menyusui,pengkonsumsian makanan yang sehat tetap dilakukan. Jenis-jenis makanan yang dikonsumsi saat hamil dapat terus dilakukan. Terutama sayuran,buah-buahan dan segala macam makanan dan minuman yang berbahan susu. Beras merah dapat dijadikan pilihan makanan. Karena kandungan gizi pada beras merah lebih tinggi daripada beras putih.

Kulitas ASI bergantung penuh dari pengkonsumsian makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh. Bayi yang baru lahir terus mengalami perkembangan, mulai dari perkembangan sel saraf otak guna kecerdasan otak bayi,pembentukan imunisasi alami  sebagai pertahanan tubuh dan perkembangan jaringan tubuh. Sebaiknya pemberian ASI dilakukan selama setengah tahun awal kelahiran bayi,kemudian ASI tetap diberikan diselingi susu formula maupun makanan lain hingga usia dua tahun.

Bila ibu mengalami kondisi sakit, segeralah periksa ke dokter supaya obat yang dikonsumsi aman bagi bayi. Berhati-hatilah bagi Ibu dalam mengkonsumsi segala hal guna menjaga kesehatan diri dan bayi dan carilah informasi yang akurat tentang makanan yang akan dikonsumsi.

http://nutrisiuntukbangsa.org/blog-writing-competition/

2 Komentar

27 Jul 2012 16:44

sangat bermanfaat untuk calon ibu. semoga dapat di implementasikan oleh semuanya. terima kasih. http://bayiibuceria.wordpress.com/" rel="nofollow">Info seputar Ibu dan bayi/a>

Nutrisi Bangsa

06 Mar 2012 18:17

Terima kasih, kami telah menerima artikelnya. Silakan kirim data ke admin@nutrisiuntukbangsa.org ya