Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Hal-Hal yang Harus Dihindari Selama Masa Mengandung

Oleh Erwan 07 Mar 2012

Kesehatan memang mahal harganya. Amat mahal. Seseorang akan menyadari betapa pentingnya menjaga kesehatan ketika ia sudah terbaring sakit. Oleh karena itu kita harus benar-benar menjaga kesehatan kita.
Apalagi untuk Bunda yang sedang hamil diperlukan penjagaan kesehatan secara ketat, karena kesehatan bunda, akan menjadi kesehatan janin yang sedang dikandungnya juga. Dan penting juga menghindari Hal-hal yang harus dihindari selama masa kehamilan.
Dikutip dari beberapa situs kesehatan yang saya kunjungi, berikut adalah hal-hal yang harus dihindari oleh Bunda selama masa kehamilan.

1.Rokok
Sebenarnya Rokok harus dihindari bukan hanya oleh Bunda yang sedang hamil, melainkan semua orang. Karena rokok memang sumbernya penyakit. Dan jujur saya pun sangat menghindari yang satu ini.
Larangan ini ditujukan untuk Bunda yang merupakan perokok aktif maupun pasif. Bunda yang perokok pasif harus sebisa mungkin menghindari paparan asap rokok, karena senyawa kimia yang terdapat di dalam rokok bisa masuk kedalam tubuh Bunda yang sedang hamil dan meracuni janin yang sedang dikandungnya.
Asap rokok juga bisa meningkatkan risiko bayi meninggal akibat mengalami SIDS (Sudden Infant Death Syndrome) dibandingkan dengan bayi yang tidak terpapar asap rokok.

2.Alkohol
Alkohol bersifat teratogen atau mampu menimbulkan gangguan pada perkembangan embrio janin sehingga bayi lahir dengan fisik yang tidak sempurna. Janin yang terpapar alkohol beresiko mengalami Fetal Alcohol Syndrome (FAS), yaitu sindrom yang menyebabkan kelainan pada fisik dan otak bayi.
Jenis cacat akibat FAS dapat beraneka ragam, beberapa di antaranya yaitu ukuran kepala bayi kecil, gangguan pendengaran, kerusakan organ hati, gangguan penglihatan, dan cacat fisik.

3.Kekurangan Gizi
Kekurangan asupan gizi dapat menyebabkan gangguan kehamilan lho, Bunda! Kekurangan Vitamin, beberapa diantaranya yaitu Vitamin A, Vitamin B, dan Vitamin K yang penting untuk tubuh terbukti menimbulkan cacat pada bayi.

4.Hindari Stres
Stres pada Bunda yang sedang hamil bisa menyebabkan komplikasi kehamilan yang serius. Posisi janin yang berada didalam rahim dapat merespon apa yang sedang dialami oleh si Bunda, termasuk stres.
Untuk menghindari hal ini, Bunda disarankan untuk sering melakukan Yoga. Selain itu, Yoga juga dapat meningkatkan energi Bunda yang sedang hamil, dan menghilangkan rasa sakit dan mual yang berhubungan dengan kehamilan.

Hal-hal yang saya sebutkan diatas merupakan sebagian dari banyaknya hal yang harus dihindari oleh Bunda yang sedang mengandung. Dan alangkah baiknya menghindari hal-hal tersebut sembari Bunda menjaga kesehatan, yaitu dengan olahraga teratur, perbanyak minum air putih dan vitamin, mengkonsumsi sayuran dan buah, dan cukup tidur.
Demikian artikel ini saya buat. Semoga Bermanfaat.

Penulis: Erwan dari Berbagai sumber.