Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Hemat dan Sehat

Oleh Nutrisi Bangsa 29 Aug 2013

Sahabat nutrisi

Akhir-akhir ini terjadi kenaikan harga pangan yang cukup signifikan. Tentunya hal ini tetap harus dihadapi dengan bijak agar kebutuhan gizi anggota keluarga, terutama anak-anak tetap terpenuhi.

Sebenarnya, menerapkan pola makan sehat tidak identik dengan harga mahal, bahkan dapat ikut menghemat pengeluaran. Dengan mengganti beberapa kebiasaan makan dan bahan pangan, tanpa sadar kita telah melakukan penghematan sekaligus melaksanakan pola makan sehat.

Apa saja kiatnya?

Berikut beberapa hal yang dapat dipertimbangkan:

1. Makanlah di rumah, terutama sebelum pergi berbelanja. Kiat ini dapat menghindari keinginan jajan karena anda merasa lapar setelah belanja. Selain menghemat uang belanja, makanan di rumah tentunya lebih terjamin kebersihan dan kandungan gizinya.

2. Bawa atau buat kopi sendiri. Terutama bagi mereka yang memiliki kebiasaan ‘ngopi’ sambil ngobrol di gerai-gerai kopi setelah berbelanja.

3. Siapkan kacang sebagai cemilan. Selain harganya relatif lebih murah dari cemilan lain, kacang juga memiliki kandungan nutrisi yang menyehatkan.

4. Lakukan substitusi bahan, misalnya dengan mengadakan hari tanpa daging. Untuk memenuhi kebutuhan protein, daging bukan satu-satunya sumber. Daging dapat diganti dengan kacang-kacangan, tahu, tempe, ikan, dan lainnya. Bahkan di daerah Gunungkidul, belalang juga dikonsumsi dan merupakan sumber protein yang cukup tinggi.

5. Rencanakan belanja, buatlah daftar barang atau bahan apa saja yang harus dibeli. Agar tidak lapar mata.

6. Belanjalah di pasar tradisional.

7. Belanja dalam jumlah banyak juga dapat membantu berhemat. Pastikan anda menyimpan dengan benar agar tidak busuk atau basi.

8. Jika memungkinkan, jangan membawa anak ketika belanja untuk meminimalisir jajan.

Apakah sahabat nutrisi memiliki tips dan trik lainnya? Bisa berbagi di sini agar bermanfaat bagi kita semua.

1 Komentar

Werda Autisya Hasmira

29 Aug 2013 18:17

iyaa cukup signifikan, untung nya anak2 ga terlalu suka daging, cuma sekali2 anak2 minta dimasakan rendang atau dendeng yaa biasa saya ga bawa anak2 belanja.... saya belanja kebutuhan waktu pagi setelah anterin anak2 sekolah, sy lgsg belanja

Nutrisi Bangsa

30 Aug 2013 07:30

Wah, terima kasih tipsnya ya.. Belanja setelah mengantar anak sekolah.. Benar juga. Ada lagi Bunda? :)