Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Ibu Sehat Keluarga Bahagia

Oleh jimmo 09 Mar 2012

Cakupan nutrisi untuk Ibu sangatlah penting, bukan karna sedang menagandung ( hamil ) tetapi peran Ibu dirumah juga sangat penting dan sangat penting saat hamil, maka dari itu dibutuhkan nutrisi yang mencukupi untuk kebutuhan seorang Ibu.

Sebelum bicara nutrisi untuk Ibu yang sedang hamil, mari kita bicara fungsi Ibu/istri dirumah. Bangun pagi dan tidur paling larut, membersihkan rumah,menyiapkan makanan,teman ngobrol,jadi tukang pijet membuatkan susu atau teh tengah malam, ditambah bila Ibu juga wanita karir. Maka secara otomatis tidak dalam keadaan hamilpun membutuhkan nutrisi yang mencukupi.

Sekarang bicara bila Ibu sedang hamil sangat membutuhkan nutrisi,tidak hamil saja butuh nutrsi. Selain untuk kelanjutan hidup si Ibu juga kelanjutan hidup si bayi dalam kandungan hingga lahir. Nah kalau sampai Ibu kekurangan nutrisi apa yang terjadi? akan menganggu kesehatan janin,situasi ini juga akan berdampak pada masa depan kehidupan bayi. Diantaranya kegemukan,jantung,diabetes dan darah tinggi. Dan apabila kekurangan nutrsi dan gizi, janin akan menghemat bahan makanan yang ada,sehingga metabolisme karbon hidrat tubuh dibatasi. Kasiankan calon bayinya. Atau boleh dikata Ibu yang kekurangan nutrsi dan gizi akan melahirkan bayi berbobot rendah atau keguguran.

Fungsi nutrisi sendiri untuk ibu dan bayi itu sendiri apa?  menjaga fisik Ibu yang sedang hamil, karna biasanya Ibu hamil mudah lelah,mual serta muntah. Sedangkan nutrisi untuk janin berfungsi untuk pertumbuhan otak,melaksanakan proses metabolisme,pemberi tenaga,zat pembangun bagi pertumbuhan dan lain sebagainya. Bisa bayangkan bila kekurangan nutrisi bukan.

Disekeliling kita bisa dengan mudah mendapatkan makanan yang mengandung nutrsi. Apel,Anggur,Pisang,Kentang,Brokoli,Bawang putih,

Jadi kalau Ibu sehat maka otomatis keluarga sehat, karna secara tidak langsung Ibu juga memperhatikan kebutuhan kita dan makanan kita. Jadi, Ibu sehat keluarga sehat dan bahagia  otomatis sejahtera.

http://nutrisiuntukbangsa.org/blog-writing-competition/