Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Ibu adalah arsitek masa depan

Oleh Ven D 15 Mar 2012

Banyak yang mengatakan bahwa generasi muda adalah cerminan masa depan suatu bangsa ? Ya, itu memang benar. Oleh karena itu, orang tua sangat bertanggungjawab terhadap masa depan, entah itu baik atau buruk tergantung bagaimana cara orang tua merawat dan mendidik kita.


Sebelum merencakan ingin mempunyai seorang anak yang sehat dan pintar, tentunya  orang tua juga harus merencakan tuk belajar hidup sehat. Emang klw kebiasaan waktu muda, apalagi saat kuliah yang ngekos, wah jgn kan tuk jalani hidup sehat, memakan makanan yang bernutrisi ja ga setiap hari. Malah curhat (hehehe).


Kita kembali ke judul “Ibu adalah arsitek masa depan”. Untuk itu ibu harus memperhatikan asupan gizi yg ia makan  dan pola hidup saat sedang hamil, agar anaknya kelak tak hanya menjadi anak yg sehat tetapi juga cerdas. Kadang ibu melupakan asupan gizi yang seimbang dan pola hidup yang baik. Nah, mari kita simak asupan gizi yang seimbang bagi ibu hamil :

Lactamil Ibu Hamil

  1. Kalsium
    Kalsium sangat dianjurkan untuk ibu hamil karena dengan terpenuhinya kalsium dapat mendukung pertumbuhan tulang janin dan baik juga tuk menjaga kesehatan tulang & gigi ibu. Untuk itu, ibu disarankan  menambah jumlah kalsium untuk janin, karena jika kalsium yg dikonsumsi ibu kurang, janin akan mengambil persediaan dari ibunya. Sehingga ibu jika di masa tua nanti akan mengalami keroposan pada tulangnya. Kalsium dapat diperoleh dengan mengosumsi susu, yoghurt, keju, tahu, almond, putih telur. Banyak susu yg dibuat khusus tuk ibu hamildan kebutuhan akan gizinya juga cukup, seperti susu Lactamil. 
    Selain kalsium, vitamin dan mineral juga penting tuk dikonsumsi bagi ibu hamil Vit D, C, dam B kompleks.
  2. Zat Besi
    Pada ibu hamil zat besi harus dipenuhi tuk membantu mencegah anemia. Ibu harus mengkonsumsi zat besi sekitar 30 mg/hari tuk perkembangan kesehatan janin dan juga ibu. Zat besi bisa diperoleh dengan mengkonsumsi : daging, telur, tahu, ikan salmon, sayura2an hijau tua.
  3. Asam Folat
    Asam folat sangat diperlukan tuk ibu hamil selama kehamilan karena sangat berguna tuk perkembangan otak, dapat mencegah resiko kecacatan tabung saraf, dan dapat mencegah kelainan pd tulang belakang. Asam folat dapat diperoleh pd : sayur bayam, kacang polong, kacang kering dan buah2an.

Seorang ibu pastilah senang jika anaknya tak hanya sehat tapi anaknya juga bisa cerdas. Bukan hanya dari asupan makanan saja anak bisa menjadi cerdas, tapi dari perilaku seorang ibu saat mengandung juga bisa mempengaruhi kecerdasaan anak nantinya. Menurut suatu riset, saat mengandung ibu disarankan tuk belajar menyanyi atau bermain piano. Hal ini akan mempengaruhi perkembangan otak sang bayi. Cara penyajian dan pola makanan juga merupakan hal yg penting saat mengandung, seperti :

  1. Mengolah makanan hingga benar2 masak, misal pada telur dan steak daging jangan memakannya jika hanya setengah masak karena dikhawatirkan banyak mengandung bakteri yg membahayakan janin
  2. Jika memakan salad atau lalapan sebaiknya dicuci atau disiram dengan air panas atau mendidih
  3. Jika ingin memakan ikan sebaiknya tanpa kepala karena pada bagian kepala mengandung zat kimia yg akan merusak perkembangan dan pertumbuhan otak janin. Saat menyajikan masakan dengan menu ikan sebaiknya jangan di kombinasikan dengan daging pada satu meja makan, karena kombinasi ini sangatlah tidak baik.
  4. Selalu rutin mengkonsumsi buah2an sebelum makanan besar (nasi).
  5. Makanlah kacang2an seperti kacang badam dan kombinasikan dengan kurma dan susu. Kita tahu banyak manfaat yg terdapat pada buah kurma seperti karbohidrat, zat besi, kalsium, kalium, Vitamin B kompleks, magnesium. Kurma sangat bermanfaat bagi ibu hamil apalagi saat proses melahirkan nanti karena banyak memiliki hormon yg akan mempermudah persalinan.
  6. Hindari atau jangan mengkonsumsi caffein, sebab ini akan berdampak tidak bagus yaitu keguguran. Caffein tidak hanya terdapat pada kopi, melainkan terdapat juga pada teh dan coklat, tetapi coklat hanya memiliki caffein yg sangat rendah, sehingga mengkonsumsi dalam jumlah yg sedikit juga ga apa2 kok.
  7. Mengkonsumsi obat2an berlebihan, sebaiknya ibu hamil jika mengalami gangguan sakit kepala sebaiknya jangan buru2 tuk meminum obat, sebaiknya istirahat yang cukup dan banyak mengkonsumsi air putih.

Selain pola makan, yang harus ibu hamil hindari yaitu rokok. Rokok sangatlah tidak baik bagi kesehatan ibu dan janin karena kandungan nikotinnya yg dapat merusak jaringan saraf otak janin sehingga akan mengalami kecacatan pada otak dan anak juga akan mengalami kebodohan. Asap rokok juga sangat berbahaya, sebaiknya jika mempunyai suami yg perokok suruh menjauh atau merokok diruangan terbuka.


Setelah anak lahir sangat dianjurkan tuk memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan, selain tuk kesehatan sang bayi, ini juga sangat bermanfaat bagi ibu, seperti mengalami penurunan berat badan, terhindar dari kanker payudara dan mencegah terjadinya hipertensi setelah melahirkan. ASI sangat bermanfaat bagi sang bayi ketimbang susu formula atau susu sapi. Dengan memberikan ASI eksklusif kesehatan bayi akan baik, tidak mudah terhindar dari penyakit, lebih pintar ketimbangan bayi yg hanya mengkonsumsi susu formula. Tetapi untuk menghasilkan ASI yg baik, ibu juga harus mengkonsumsi asupan makanannya yang mengandung kalsium, kolin, omega 3 dan 6, Vitamin B kompleks, protein, dan zat besi. Jika tidak ingin mengkonsumsi begitu banyak jenis makanan ada alternatif yang lain, seperti meminum susu khusus ibu menyusui. Setelah bayi sudah sudah lebih dari setahun, saat itu otak bayi lagi “fresh2nya”, disini peran orang tua sangat diperlukaan tuk mendidik agar anak nantinya menjadi cerdas. Ajari dia bermain musik, seperti piano atau biola, dan jangan lupa penuhi kebutuhan gizi dengan gizi yang seimbang.


Jadi, anak sehat dan cerdas tergantung dari ibunya. Tuk, ibu2 semua, rawat dan didiklah anak2mu karena kau yang hanya membuat anak menjadi sehat dan cerdas nantinya. Terima Kasih IBU.

 

 

Tag : Lomba Blog NuB