Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Ibuku Superstar Untuk Kehebatanku di Dunia

Oleh Rizki farma Salisah 12 Sep 2013

Siapa yang tak kenal dengan kata “ibu” ?? seorang wanita hebat yang ikhlas mengurus buah hatinya untuk menjadi orang hebat kelak dikemudian hari. peran ibu sangatlah super dalam perkembangan si buah hati. mengapa? tanpa ibu si kecil takkan mengenal dunia, tanpa ibu si kecil takkan mengenal lingkungan sekitar. selain lembaga pendidikan, seorang ibu pun memiliki peran untuk memberikan beberapa pengarahan hidup dan berbagai macam pendidikan khususnya pendidikan karakter. pendidikan karakter akan terus dibawa sampai si kecil tumbuh dewasa. tanpa karakter yang terdidik bisa saja si kecil menjadi kriminal dalam kehidupannya. sang ibu lah yang tepat memberikan pendidikan karater tersebut. karena ibu yang baik akan menularkan sifat yang baik juga. dan ibu lah manusia yang paling peka terhadap perasaan si kecil sehingga setiap hal yang ibu berikan akan ditanggap positif si kecil. maka sebagai seorang ibu kita wajib menunjukan sikap terbaik untuk si kecil. karena terkadang si kecil sering kali mengikuti sikap dan perilaku sang ibu. ibu pun selain mengajarkan lewat perilaku juga mengajarkan lewat lisan. 

Si kecil saat di dalam rumah harus diberi arahan khusus bagaimana dia harus bersikap di masyarakat. Harus dinilai baik oleh masyarakat, karena sikap positif dari masyarakat lah yang dapat membuat si kecil tambah tumbuh kembang yang baik. Dan masyarakat lah yang akan menentukan apakah hasil didikan sang ibu berhasil untuk si kecil atau apakah didikan sang ibu gagal. Maka dari itu peran ibu sanagatlah penting. Bahkan sangat berisiko. Dan peran ibu tidak layak di anggap remeh akan tetapi amatlah mulia. Jarang ada seorang ibu yang dapat membuat sukses si kecil dengan metode pembelajaran pendidikan karakter.
Dalam pandangan Islam dikenal bahwa kaum ibu adalah bagaikan madrasah. Jika madrasahnya baik, maka muridnya akan menjadi  baik.  Demikian pula para  lulusannya  akan baik pula. Ajaran Nabi yang sedemikian indah dan mulia. Agar anak-anak mereka menjadi baik, maka seorang ibu justru harus memberikan sendiri pendidikan di rumah secara baik. Pendidikan bagi anak-anaknya  tidak boleh diserahkan kepada pembantu. 
Selain memberikan pendidikan karakter, hal yang terpenting lainnya adalah dengan memberikan nutrisi yang tepat dalam asupan si kecil. Si kecil tidak boleh sembarangan memakan-makanan yang tidak higienis. Yang paling pertama diberikan saat si kecil hadir adalah ASI. Peran ASI bagi tumbuh kembang si kecil adalah memberikan gizi. Karena ASI mempunyai  komposisi  gizi  yang  paling  lengkap  dan  ideal  untuk pertumbuhan  dan  perkembangan  bayi  yang  dapat  memenuhi  kebutuhan  gizi  bayi selama 6 bulan pertama. Dan pertumbuhan si kecil yang berASI dengan yang ber susu formula dapat di lihat di kemudian hari.
Dapat disimpulkan, peran ibu tidak dapat diambil alih karena lewat tangan ibu si kecil dapat sukses untuk dunianya. Si kecil dapat mimiliki perkembangan yang sangat baik. Melalui tangan ibu dapat dikenal baik dalam masyarakat. Tidak ada yang dapat menggantikan peran itu. Harapan ibu hanya ingin si kecil tumbuh baik. Dengan memberikan pendidikan yang baik serta nutrisi yang terjamin. Agar si kecil menjadi anak yang cendikia di masa yang akan datang. Dapat menjadi suri tauladan yang baik bagi masyarakatnya. Menjadikan si kecil sebagai orang yang menginspirasikan kehidupan orang lain. Dan harapan ibu yang terakhir adalah si kecil tidak akan pernah lupa dengan apa yang telah ibu berikan di masa kecilnya.
1 Komentar

Nutrisi Bangsa

12 Sep 2013 09:59

Terima kasih artikelnya.. jangan lupa kirim data ke http://bit.ly/lombablogNUB" rel="nofollow">Form Pendaftaran Lomba Blog