Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Kebutuhan Gizi Ibu Hamil

Oleh Nutrisi Bangsa 23 Jan 2012

Ibu yang hamil memiliki kebutuhan gizi khusus. Beberapa kebutuhan gizi ibu hamil dapat dipenuhi oleh makanan sehat seimbang, namun terkadang diperlukan tambahan vitamin dan suplemen.

Berikut adalah zat-zat gizi yang dibutuhkan ibu hamil:

1. Kalori (energi)

Kebutuhan energi seorang ibu hamil meningkat. Energi dibutuhkan untuk pertumbuhan janin, pembentukan plasenta, pembuluh darah dan jaringan yang baru. Setiap harinya, ibu hamil memerlukan tambahan 300 kalori selama kehamilan. Akan tetapi, penambahan kebutuhan kalori ini hendaknya tidak membuat ibu hamil terlalu banyak makan.

2. Protein

Ibu hamil membutuhkan 75 gr protein setiap hari, atau 25 gr lebih banyak dari yang lain. Protein dibutuhkan untuk pertumbuhan jaringan pada janin. Menambahkan protein ke dalam makanan merupakan cara yang efektif untuk menambah kalori sekaligus memenuhi kebutuhan protein. Protein bisa didapat dari produk hewani (daging, ikan, telur, susu dll) dan produk tumbuhan (tahu, tempe, kacang-kacangan, dll).

3. Asam Folat

Asam Folat merupakan vitamin B yang memegang peranan penting dalam perkembangan embrio, juga membantu mencegah cacat pada otak dan tulang belakang. Kekurangan asam folat dapat menyebabkan kelahiran prematur, bayi dengan berat badan lahir rendah dan pertumbuhan janin kurang. Ibu hamil membutuhkan 600 mg asam folat. Selain dari suplemen, asam folat dapat diperoleh dari sayuran berwarna hijau, jus jeruk, buncis, kacang-kacangan dan roti gandum.

4. Zat Besi

Zat besi dibutuhkan untuk memproduksi hemoglobin yaitu protein di sel darah merah yang berperan membawa oksigen ke jaringan tubuh. Selama kehamilan, volume darah bertambah untuk menampung perubahan pada tubuh ibu dan pasokan darah bayi. Hal ini menyebabkan kebutuhan zat besi bertambah sekitar dua kali lipat. Jika kebutuhan zat besi tidak tercukupi, ibu hamil akan mudah lelah dan rentan infeksi, juga berresiko melahirkan bayi prematur dan berat badan lahir rendah. Kebutuhan zat besi selama kehamilan adalah 27 mg sehari. Secara alami, zat besi dapat diperoleh dari daging merah, ikan, unggas, kacang-kacangan.

5. Zat Seng

Dibutuhkan untuk menghindari resiko lahir prematur dan berat badan lahir rendah. Zat ini dapat ditemukan secara alami pada daging merah, gandum utuh, kacang-kacangan dan beberapa sereal sarapan yang telah difortifikasi zat seng. Kebutuhan zat seng adalah 25 mg sehari.

6. Kalsium

Janin mengumpulkan kalsium dari ibunya sekitar 25 sampai 30 mg sehari. Terlebih pada trimester ketiga kehamilan. Ibu hamil dan bayi membutuhkan kalsium untuk menguatkan tulang dan gigi. Selain itu, kalsium dibutuhkan untuk membantu pembuluh darah berkontraksi dan berdilatasi, juga untuk mengantarkan sinyal saraf, kontraksi otot dan sekresi hormon. Jika kebutuhan kalsium tidak terpenuhi dari makanan, maka kalsium yang dibutuhkan bayi aka diambil dari tulang ibu. Kebutuhan kalsium ibu hamil adalah sekitar 1000 mg per hari. Sumber kalsium di antaranya berasal dari produk susu dan ikan teri.

7. Vitamin C

Setiap hari, ibu hamil disarankan mengonsumsi 85 mg vitamin C. Vitamin C merupakan antioksidan yang melindungi jaringan dari kerusakan dan dibutuhkan untuk membentuk kolagen dan menghantar sinyal kimia di otak. Vitamin C juga membantu penyerapan zat besi dalam tubuh. Ibu dapat dengan mudah memperoleh vitamin C dari buah-buahan, seperti jeruk, tomat, jambu biji, dan lain-lain.

8. Vitamin A

Vitamin A memegang peranan penting dalam fungsi tubuh, termasuk fungsi penglihatan, imunitas, pertumbuhan dan perkembangan embrio. Kekurangan vitamin A dapat mengakibatkan bayi lahir prematur dan berat badan lahir rendah. Vitamin A dapat ditemukan pada buah-buahan dan sayur-sayuran berwarna merah, hijau atau kuning, mentega, susu, kuning telur dan lain-lain.

http://medicastore.com/artikel/268/index.html

1 Komentar

14 May 2013 07:44

penting sekali memang seorang ibu harus cerdas dalam memenuhi kebutuhan gizi untuk xalon buah hatinya,,, terima kasih atas pengetahuan yang diberikan, ini membuat saya lebih tahu...

Nutrisi Bangsa

14 May 2013 13:41

Sama-sama, bu... :)