Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Kesehatan Bunda Kesehatan Kita Semua

Oleh Hari Iswahyoedi Moerwanto 20 Feb 2012

Setiap manusia yang dilahirkan di dunia ini pasti menjalani proses mulai dari bayi yang baru dilahirkan dari rahim bunda tercinta, menjadi balita dan kanak-kanak, kemudian tumbuh dan berkembang menjadi anak-anak dan akhirnya menjadi sosok pemuda dan pemudi yang dewasa dan sempurna.

Lantas siapakah sosok yang telah berjasa menjaga kita sampai saat ini, sehingga kita dapat tumbuh dan berkembang menjadi pribadi dewasa, tentu saja tiada lain adalah bunda tercinta, yang sejak kita dilahirkan telah memberikan perhatian dan segenap kasih dan sayangnya, bunda yang telah menyusui kita dengan ASInya selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun demi terjaganya nutrisi dan kesehatan kita.

Kesehatan kita sangat dipengaruhi oleh kesehatan bunda tercinta, karena apa yang ada didalam tubuh kita awalnya adalah berasal dari tubuh sang bunda, jika kita sedikit menghayati ketika kita masih berada didalam kandungan, seluruh nutrisi yang kita butuhkan ketika kita menjadi janin tidak lain adalah berasal dari nutrisi yang ada dalam tubuh bunda tercinta.Kesehatan bunda dan bayi tentu sangat dipengaruhi oleh perawatan yang dilakukan semenjak awal kehamilan, pada saat kehamilan, dan setelah melahirkan / ketika menyusui. seperti yang diungkapkan bundaku tercinta, ternyata ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh bunda selama proses kehamilan dan menyusui yaitu :

  • Kebiasaan makan-makanan yang sehat, buah buahan dan sayur mayur
  • Olahraga ringan seperti senam hamil
  • Pemeriksaan kesehatan ke dokter kandungan sesuai jadwal
  • Menjaga kebersihan badan
  • Menambah nutrisi dan suplemeen tambahan seperti susu untuk ibu hamil dan menyusui
  • Hindari stress atau berpikir terlalu berat yang dapat mengganggu proses perkembangan bayi dalam kandungan.

Kesehatan bunda memang sangat mempengaruhi kesehatan bayi, dan kita sudah mendengar banyak sekali kabar baik dari televisi maupun media lainnya, terkait dengan kelahiran bayi-bayi yang tidak normal ketika dilahirkan, baik yang cacat ataupun dalam kondisi sakit, bahkan adapula yang meninggal pada saat melahirkan, hal itu tiada lain karena kurangnya perhatian bunda terhadap kesehatan dirinya ketika dalam proses awal kehamilan sampai pada saat mengandung, terutama dalam menjaga asupan nutrisi maupun menjaga kesehatan tubuhnya. Untuk itu pentingnya kesehatan diri sendiri sehingga dapat terwujud keluarga yang sehat, ayo dukung bunda, kesehatan bunda kesehatan kita.

Menjaga kesehatan pun tidak hanya dilakukan oleh bunda yang banyak aktifitasnya teapi juga oleh para bunda yang sedang hamil. Kesehatan ekstra perhatian itu sangat penting, karena bukan hanya bunda yang harus dijaga kesehatannya tapi juga bayi dalam kandungan. Bunda dan bayi dalam kandungan haruslah sama terpenuhi nutrisinya, agar bayi bisa lahir secara sempurna dan tanpa adanya kekurangan suatu apapun.

Bunda merupakan tiang dalam rumah tangga karena ia memiliki peran yang penting untuk memelihara suami beserta anak-anaknya dan sangat berat untuk dilaksanakan. Peran ini didapat dan dilaksanakan oleh seorang wanita sejak ia menikah, kemudian memasuki masa kehamilan, masa melahirkan. Menyadari pentingnya peran seorang bunda, maka hendaklah kita sebagai generasi muda untuk bisa memberi yang terbaik dengan Ayo Dukung Bunda : Kesehatan Bunda, Kesehatan Kita.

Kesehatan bunda adalah kebahagian keluarga kita semua.

Semoga Bermanfaat.

Catatan : Bagi yang pingin ikut kontes blog nutrisiuntukbangsa.org