Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Kesehatan Bunda untuk dan Oleh Kita

Oleh Fandri Dedy Bactiar 10 Mar 2012

Ibu adalah bunda, bunda adalah ibu. wanita yang selalu ada, selalu perhatian, dan selalu sayang padaku.

Ibu adalah bunda, bunda adalah ibu. Wanita yang paling sering ngomel-ngomel dan marah padaku. Juga yang paling sering membangkitkan motivasiku untuk terus maju.

Ibu adalah bunda, bunda adalah ibu. Wanita yang sangat menginginkan anaknya selalu sehat. Namun terkadang melupakan kesehatannya sendiri.

Beberapa kalimat di atas menggambarkan kehebatan dari seorang ibu. Sungguh luar biasa pengorbanan beliau kepada kita. Namun, apakah kita tega melihat ibu kita menginginkan kita selalu sehat tetapi kesehatan beliau sendiri sampai-sampai terlupakan. Tentu saja tidak. Oleh sebab itu kitalah yang harus menjaga kesehatan bunda kita.

Momen yang paling dramatis dan yang paling penuh dengan pengorbanan seorang ibu adalah ketika beliau sedang mengandung kita. Terkadang kehamilan juga menyebabkan seorang ibu mengalami gangguan kesehatan dan kejiwaan. Namun tetap saja kehamilan adalah momen-momen yang sangat ditunggu oleh seorang ibu. Maka dari itu perlu perhatian khusus bagi ibu hamil karena masa-masa kehamilan akan sangat berpengaruh bagi kesehatan ibu dan juga janin yang dikandungnya. Nah, berikut sedikit tips bagi ibu hamil:

  1. Pada masa kehamilan, wanita hamil akan mengalami mual-mual. Alasan semacam inilah yang terkadang membuat seorang calon ibu tidak menkonsumsi makanan sama sekali. Jelas tindakan yang salah. Perut yang kosong akan lebih memperparah rasa mual. Selain itu juga sangat berbahaya bagi kesehatan ibu dan janin yang dikandungnya. Hendaknya wanita hamil mulai mencari makanan dengan aroma segar seperti jahe, teh, salad, jus jeruk, atau buah-buahan seperti pisang.
  2. Wanita hamil biasanya sering mengalami rasa kantuk. Hendaknya wanita hamil tidak menunda-nunda untuk tidur ketika mulai mengantuk. Hal ini penting untuk menjaga stamina dan menyimpan energi untuk selalu siap menghadapi masalh kehamilan. Akan tetapi bukan berarti saat wanita hamil harus istirahat total tanpa melakukan aktifitas apapun. Aktifitas seperti olahraga ringan, sangat penting untuk menjaga kebugaran calon ibu dan untuk perkembangan janin yang dikandungnya.
  3. Asupan makanan bagi wanita hamil harus dijaga dengan ketat. Makanan yang banyak mengandung vitamin A hendaknya dikurangi. Sedangkan makanan yang banyak mengandung zat besi sangat dianjurkan untuk mencegah anemia

Setelah masa kehamilan selesai, dalam arti setelah melahirkan, masa berikutnya bagi seorang ibu adalah masa menyusui. Selama menyusui, seorang ibu mengalami banyak perubahan baik fisik maupun psikis. Seringnya terbangun di tengah malam karena harus menyusui buah hati, membuat ibu kurang tidur. Akibatnya ia mengalami kelelahan fisik dan psikis yang memengaruhi moodnya. Oleh sebab itu, perlu diperhatikan masalah asupaan gizi bagi ibu menyusui. Berikut sedikit tips untuk menjaga asupan gizi bagi ibu menyusui:

  1. Tiga porsi buah segar per hari.
  2. Dua porsi sayuran per hari.
  3. Produk susu, kacang-kacangan dan ayam untuk asupan protein ibu menyusui.
  4. Kacang, sayuran hijau, kismis dan kuning telur untuk tambahan zat besi.
  5. Memperbanyak konsumsi yoghurt, keju, dan makanan lain yang mengandung kalsium tinggi.
  6. Memperbanyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi.
  7. Hindari makanan yang mengandung kafein seperti kopi, teh, cokelat, sangat pedas dan berminyak atau sangat berlemak.

Selain harus menjaga asupan gizinya, seorang ibu menyusui harus rajin berolahraga. Karena dengan berolahraga akan meningkatkan kebugaran dan kewajiban menyusui dapat berjalan secara maksimal.

Nah, untuk sekarang ini, setelah masa kehamilan dan masa menyusui selesai, dan jadilah kita seperti sekarang ini. Dan sekarang giliran kita untuk menjaga kesehatan ibu kita. Pastikan aktifitas ibu kita tidak terlalu padat dan berat. Karena hal tersebut sangat berpengaruh dengan kesehatan beliau. Gantikan pekerjaan dari ibu kita yang sekiranya beliau sudah tidak mampu melakukannya. Kemudian juga jaga perasaan ibu kita. Jangan membuat beliau marah, membuat beliau banyak pikiran bahkan hingga stress karena ulah kita. Kondisi psikis juga bisa berpengaruh terhadap kesehatan ibu kita. Intinya, berikan yang terbaik untuk ibu kita, seperti yang telah beliau berikan kepada kita.

Ibu adalah bunda, bunda adalah ibu. Wanita yang sangat menginginkan aku selalu sehat. Namun terkadang melupakan kesehatannya sendiri. Dan aku, yang akan menjaga kesehatan ibuku tercinta.

Blog Writing Competition: Nutrisi untuk Bangsa