Tanya Ahli

Kirimkan pertanyaan Anda seputar gizi ibu dan anak, yang akan dijawab oleh Tanya Ahli SGM.

Kesehatan Ibu, Kekuatan Bangsa

Oleh justagung 21 Feb 2012

Bangsa yang kuat adalah bangsa yang sehat baik secara jasmani maupun rohani. Mewujudkan bangsa yang kuat memerlukan partisipasi seluruh elemen dalam bangsa itu sendiri yang terdiri atas pihak pemerintah, swasta, maupun masyarakat.Program dari elemen-elemen tersebut harus sejalan serta berkelanjutan.

Pemerintah dituntut untuk menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung kesehatan masyarakatnya, swasta juga harus berpartisipasi aktif dalam mewujudkan kesehatan masyarakat baik melalui CSR(Corporate Social Responsiblity) serta program lainnya. Lalu yang paling vital adalah peran Keluarga sebagai ujung tombaknya.

Generasi muda yang akan menjadi kekuatan bangsa kelak besar kemungkinan berasal dari keluarga yang memperhatikan kesehatannya, terlebih kesehatan Ibu (Bunda). Hal ini tentu saja memiliki pengaruh yang sangat besar karena peran Ibu sangatlah besar dalam Keluarga.

Anak sebagai generasi penerus bangsa sangat dipengaruhi oleh peran ibu mulai dari kandungan hingga dewasa. Jika Ibu sehat maka anak yang dikandung juga besar kemungkinan akan sehat. Dalam hal ini baik negara maupun keluarga harus konsen terhadap kesehatan si Ibu serta janin yang dikandungnya karena perkembangan fisik serta mental(IQ) manusia dimulai pada masa kehamilan, Tumbuh kembang otak dimulai sejak usia janin dua minggu dan dalam halpertumbuhan, otak tergolong ke dalam jaringan statik sehingga tidak dimungkinkanpertambahan sel (hiperplasia) ketika diferensiasi dari sel germinatif terjadi (Boggin,1999).Tingkat kematian ibu hamil sebesar 228/100.000 kelahiran hidup(data kemenkes 2011) masih jauh dari harapan.Oleh Sebab itu Pemerintah harus menyediakan fasilitas kesehatan yang layak bagi ibu hamil, begitu juga dengan pihak swasta agar ikut memberikan kontribusinya.

Ketika anak lahir, peran ibu juga masih sangat besar baik sebagai ibu rumah tangga yang mengurus keluarga serta merawat anak. Disini peran keluarga harus dimaksimalkan untuk menjaga kesehatan si Ibu yaitu dengan partisipasi aktif anggota keluarga dalam pembagian tugas rumah tangga. Sederhananya Jika Ibu sehat maka beliau bisa merawat anak dengan maksimal. Disini peran pemerintah juga cukup besar seperti menyediakan fasilitas Posyandu yang berkualitas.

Peran Ibu tiada habisnya dalam kehidupan manusia, ketika anak beranjak dewasa pun Ibu harus menjadi pengawal serta pembentuk karakter yang baik. selain itu beliau juga dapat menjadi motivator terbesar bagi Anak.

Generasi muda yang berkualitas berasal dari keluarga yang peduli akan kesehatan terutama kesehatan Ibu. Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa kesehatan Ibu adalah awal dari kekuatan bangsa karena beliaulah yang akan membentuk generasi-generasi unggul penerus bangsa. Akhir kata dari saya, sayangilah Ibu kita

http://nutrisiuntukbangsa.org/blog-writing-competition/